Pilihlah Bandsaw Blade Yang Tepat Untuk Anda

April 01, 2021   |   In Sawing

Di pasaran pisau bandsaw (bandsaw blade) datang dalam berbagai ukuran lebar, desain gigi, material dan konfigurasi.

Untuk mendapatkan pisau bandsaw yang tepat untuk Anda, dapat dimulai dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

  • Seberapa panjang pisau bandsaw yang Anda butuhkan?
    Tergantung dari mesin bandsaw yang Anda gunakan, Anda dapat melihatnya di User's Manual mesin Anda.

 

  • Seberapa lebar pisau bandsaw yang Anda butuhkan?
    Kata lebar disini sebenarnya diturunkan lagi ke dua hal:
    Kapasitas maksimal yang dapat ditampung oleh bandsaw machine Anda
    Radius minimum yang ingin Anda potong
    Jika Anda melakukan re-sawing, cant atau cut-off sawing, gunakan pisau dengan lebar maksimum untuk mesin Anda. Hal ini menjaga potongan tetap bagus dan tidak merusak mata pisau.
    Sedangkan jika Anda menggergaji kontur, gunakan pisau yang cukup kecil untuk memotong radius yang diinginkan.

 

  • Berapa jumlah Teeth Per Inch (TPI) yang Anda butuhkan?
    Untuk menentukan TPI, cobalah untuk menemukan balance finish dan feed rate. Pisau dengan gigi lebih banyak memotong lebih lambat namu nhasilnya lebih halus, sebaliknya pisau dengan gigi lebih sedikit memotong dengan lebih cepat namun hasilnya lebih kasar. Untuk keperluan re-sawing dan memotong material yang tebal gunakan pisau bandsaw dengan 2-3TPI. Untuk pemotongan material kayu dengan hasil yang agak kasar, atau lgam dan plastic tipis gunakan pisau bandsaw 4TPI, namun untuk hasil yan ghalus gunakan pisau 14TPI untuk kayu dan 18-32 TPI untuk besi dan plastik.

 

  • Tipe Gigi pisau manakah yang paling tepat untuk Anda?
    Ada 3 model dasar pada pisau bandsaw: regular, skip dan hook

Regular tooth memiliki gigi dengan jarak yang proporsional dan sangat cocok untuk pemotongan ummum dan kontur, ideal untuk memotong material yang tipis dengan hasil akhir yang halus.

Skip tooth memiliki jarak gigi yang lebar pada suduk rake 0 derajat untuk mencegah penyumbatan saat memotong kayu lunak, non-ferrous metal dan plastik

Hook teeth memiliki kerongkongan yang lebih dalam dengan sudut rake positi 10 derajat hingga tingkat pemotonganya lebih cepat. Biasanya digunakan untuk potongan panjang pada kayu tebal, plastic dan logam

 

  • Material bandsaw blade apa yang akan Anda pilih?

Material Bandsaw blade yang Anda pilih tentu akan bergantung pada material yang Anda potong.Untuk membantu Anda dalam memilih bandsaw blade yang sesuai dengan kebutuhan Anda, kami rangkumkan 3 tipe material bandsaw yang dapat Anda pilih dari kami:

Carbon Steel Blade

Pilihan ekonomis untuk keperluan umum dan operasi penggergajian utilitas. Bandsaw Blade berbahan carbon steel biasanya menjadi pilihan terbaik untuk memotong kayu, plastik, aluminium, dan bahan serupa yang mudah dipotong.

Bi-Metal Blade

Bi-Metal Blade memiliki keseimbangan terbaik antara ketahanan panas, ketahanan aus, dan ketahanan bocel. Bi-Metal Blade mencakup aplikasi penggergajian terluas. Material yang cocok dipotong oleh Bi-Metal Blade: baja karbon, baja perkakas, baja struktural, baja tahan karat, pipa / tubing, baja mati, sudut, bahan datar dan aplikasi logam campuran.


Tungsten Carbide Blade

Tungsten Carbide Blade memberikan ketahanan panas dan aus yang unggul untuk menggergaji logam yang sangat keras atau logam dan non-logam yang sangat abrasif. Blade ini adalah solusi Anda untuk memotong material, pisau bi-metal dan baja karbon tidak akan memotong : baja yang diperkeras, baja pegas, baja kecepatan tinggi, paduan berbasis nikel, baja yang diperkeras, grafit komposit, paduan nikel tinggi, titanium, inconnel, dan logam eksotis lainnya.

 

Cara tepat untuk menjaga Bandsaw Blade Anda

Memiliki Bandsaw Blade yang tajam akan mempermudah pekerjaan Anda. Namun ketika Bandsaw Blade Anda tumpul, maka diperlukan usaha yang lebih untuk memotong material. Bandsaw blade tumpul juga dapat menyebabkan potongan yang tidak lurus dan tidak halus. Dengan begitu tentu muncul kerugian dalam segi biaya dan waktu dalam produksi Anda.

Untuk menghindari masalah tersebut, salah satu cara tepat adalah melakukan break-in pada bandsaw blade baru Anda. Bandsaw blade yang baru memiliki ujung gerigi yang sangat tajam. Memotong dengan tekanan tinggi tanpa melakukan pengasahan akan menyebabkan kerusakan mikroskopis pada ujung gerigi.
 

Break-in yang benar dapat membantu ujung gerigi bandsaw blade membentuk radius yang tepat. Hal ini akan membuat bandsaw blade lebih kuat dalam menahan tekanan saat pemotongan selanjutnya. Break-in yang tidak keliru akan memperpendek umur pakai blade dan memperbesar cost produksi.
 

 

Perhatikan perbedaan gerigi bandsaw blade berikut:

 



Jangan lupa juga untuk menyesuaikan Pelumasan dan Tension blade jika anda akan melakukan break-in.

 

Bandsaw Blade berkualitas tinggi dari USA

Setelah mengetahui apa saja kriteria bandsaw blade yang Anda butuhkan, seperti seberapa panjang, lebar, dan bentuk gigi bandsaw serta jenis material bandsaw, sekarang mungkin Anda bingung, harus membeli bandsaw blade dari manufaktur mana yang kualitasnya terjamin.

PT LFC Teknologi Indonesia dapat memberikan solusi kepada Anda. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan bandsaw blade dari DoAll. 

DoAll menciptakan bandsaw metal pertama dan sejak itu DoAll terus menjadi pemimpin dalam inovasi bandsaw. Dengan menggunakan bandsaw blade dari DoAll anda akan mendapatkan garansi performa, kualitas, pengiriman dan kepuasan Anda.

Berikut beberapa produk DoAll yang kami hadirkan: