AItec System - Brand LED Lighting untuk Inspeksi Visual

September 25, 2023   |   In Metallography

altec

Penerangan visual yang tepat dan efisien sangatlah berperan penting dalam aplikasi industri, terutama selama proses inspeksi visual. Dalam proses inspeksi visual, pengamatan defect (retakan, lubang, korosi, lecet) pada part dan komponen sangat membutuhkan bantuan lampu (LED lighting). 

Berbagai lighting equipment atau lampu LED juga terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan industri saat ini. Salah satunya oleh brand Aitec System Japan.

Dalam artikel ini, kami telah merangkum informasi mengenai brand Aitec dan produk yang ditawarkan untuk membantu meningkatkan kualitas produksi dan efisiensi operasional Anda.

Sejarah Singkat Perusahaan

Aitec system

AI Tec System Co., Ltd. adalah perusahaan yang memproduksi alat penerangan (lighting systems) untuk visual inspection, yang sudah berdiri sejak tahun 1984. Aitec memulai produksi dan penjualan lampu fluoresen untuk mesin di tahun 1992. Kemudian pada tahun 2001, Aitec memulai produksi dan penjualan LED lighting. Dan di tahun berikutnya, Aitec memproduksi produk lampu LED lainnya dalam berbagai jenis.

Aitec System memulai bisnisnya sebagai perusahaan pengembangan teknis berbasis produsen produk. Dengan teknologi terbaru yang dihadapi saat ini seperti IoT, AI, dan Robotika, Aitec terus mengembangkan produk sesuai kebutuhan industri. 

Daerah Asal AItec System

Aitec merupakan produsen peralatan lampu LED untuk inspeksi yang berasal dari Negara Jepang. Selama lebih dari 30 tahun, Aitec telah memproduksi dan mendistribusikan produk LED lighting, light guide, light box, UV curing, dan aksesoris lainnya ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia & Singapura, dimana PT LFC Teknologi Indonesia adalah salah satu distributornya. 

Kelebihan AItec System Dibandingkan Brand Lainnya

Lampu LED lighting AItec system

Lampu LED Aitec berfungsi sebagai sumber penerangan dalam aplikasi inspeksi visual, dengan tambahan kamera maupun mikroskop digital untuk menampilkan visual pengamatan. 

Lampu LED Aitec dilengkapi dengan kipas pendingin eksklusif (fan cooling), sehingga lampu tidak akan panas meskipun digunakan dalam durasi yang lama. Selain itu, lampu LED Aitec juga memiliki kecerahan yang tinggi dan dapat diatur tingkat kecerahannya sesuai kebutuhan. 

Dengan teknologi LED yang terus berkembang, produk pencahayaan LED Aitec tidak hanya menyediakan cahaya lampu yang cerah, tetapi juga fleksibilitas dan kontrol yang tinggi, sehingga pemeriksaan menjadi lebih akurat dan efisien.  

Kategori Produk AItec System yang Dijual

Produk Aitec System terbagi menjadi 2 kategori, yaitu:

1. Produk LED Lighting

a. LED illuminator

LED illuminator

LED illuminator adalah alat pencahayaan yang menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode) sebagai sumber cahaya. Aitec System menawarkan berbagai jenis LED illuminator yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi industri.

b. LED Lighting Power Supply

LED Lighting Power Supply

Aitec System memproduksi Power Supply LED Lighting yang dirancang khusus untuk lampu LED. Produk ini menyediakan daya listrik yang stabil dan efisien untuk meningkatkan kinerja, umur panjang, dan efisiensi energi lampu LED. Tersedia dalam berbagai model (analog & digital) dan kapasitas.

c. Alat Pendukung LED Lighting

Option LED Lighting

Berikut ini adalah beberapa alat pendukung yang digunakan bersamaan dengan LED lighting. Dengan light guide, Anda dapat mengarahkan dan mendistribusikan cahaya dari lampu LED (LED illuminator) ke area yang diinginkan. 

 

2. Produk UV Curing

a. UV Irradiator

UV Irradiator

UV Irradiator menghasilkan radiasi ultraviolet (UV) untuk berbagai tujuan. Aitec System menawarkan beberapa jenis UV Irradiator, meliputi: UV-LED line irradiator, UV-LED plate irradiator, UV-LED black light, Spot irradiator, UV-LED lighting box, Handy irradiator, dan Deep UV-LED irradiator.

b. UV curing equipment

UV curing equipment

UV curing equipment digunakan untuk mengeringkan atau mengeraskan bahan dengan menggunakan radiasi ultraviolet (UV) secara cepat. Proses ini sering digunakan dalam industri manufaktur elektronik dan pencetakan. 

Aitec System menawarkan beberapa jenis UV curing equipment, meliputi: desktop batch-type UV curing equipment, shuttle-type UV curing equipment, shuttle-type UV curing equipment, basic spot UV irradiator, wafer UV irradiator, dan nitrogen replacement box.

Contoh Produk AItec System

1. Aitec Light Guide Series

Aitec Light Guide Series

Light guide dirancang dengan serat optik (optical fiber) untuk memberikan fokus cahaya ke area yang ingin diamati. Dan karena fleksibilitas nya, penerangan ini bisa dilakukan dari berbagai sudut, sehingga menghasilkan efek kontras. Serat optik juga tidak menghasilkan panas sehingga aman digunakan dalam waktu yang lama.

2. Aitec Lighting box Series

Aitec Lighting box Series

Aitec lighting box dirancang untuk digunakan dalam berbagai aplikasi bersamaan dengan light guide series. Lighting box ini memiliki desain yang ringan & ringkas, dan disertai dengan fan cooling sehingga tidak menghasilkan panas. 

Distributor AItec System di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi Aitec di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan lighting equipment di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.