Laser Marking - Fungsi, Jenis dan Contoh Mesin Laser Marking di Indonesia

November 04, 2021   |   In Machinery

Di zaman modern saat ini, mesin laser marking sangat umum digunakan dalam penandaan produk di dunia industri. Mesin laser marking merupakan salah satu jenis mesin marking yang menggunakan teknologi laser.

Laser marking menjadi teknologi yang banyak digunakan di banyak sektor industri, selain pengerjaannya yang praktis dan presisi, prosesnya juga tidak menggunakan bahan habis pakai. 

Simak penjelasan lengkap seputar mesin laser marking berikut ini.

Contoh Produk Laser Marking

1. Sisma Marking Laser LOGO Series

Sisma marking laser LOGO adalah mesin laser marking kelas IV presisi, harga ekonomis, dan user friendly. Dilengkapi dengan penutup / sliding lid, sehingga meningkatkan penanganan keamanan dan praktis untuk operasi sehari-hari.

2. Sisma Laser Marker BIG SMARK BSP 200F - 700F

 

BSP memungkinkan Anda untuk mengerjakan pengukiran, penandaan, hingga pemotongan mikro untuk volume maksimum 300 x 300 x 300 mm dan memuat bahan hingga berat 20 kg. Mesin ini dilengkapi dengan penutup pintu yang terbuka di ketiga sisi untuk memudahkan akses, serangkaian aksesoris seperti spindel yang berputar dan pengukuran yang dinamis.

3. Sisma Laser Engraving SART

 

Sisma laser engraving SART dirancang dengan sistem meja putar dengan diameter 700 mm dengan struktur yang kokoh. SART tersedia dalam berbagai sumber laser (3 W-50 W) dan dapat diintegrasikan berdasarkan permintaan untuk menandai permukaan 3D.

4. Sisma Laser Engraving Working Station LWS

 

Sistem LWS adalah mesin laser engraving yang dapat dilengkapi dengan banyak fitur standar seperti sumbu penandaan yang dapat berputar dan marking head untuk penyesuaian sudut penandaan dan sistem coaxial vision (CVS) yang ideal untuk proses otomatis dan presisi tinggi. Sumber laser dapat dipindahkan pada sumbu Z dalam versi LWS-M dan pada sumbu 3 X-Y-Z dalam versi LWS-A.

Apa Itu Mesin Laser Marking?

Mesin laser marking atau mesin penandaan laser adalah mesin yang dapat memberikan tanda pada permukaan suatu bahan dengan menggunakan sinar cahaya (laser). 

Mesin laser marking bekerja tanpa ada kontak, sehingga tidak menimbulkan kerusakan abrasi pada bahan atau menimbulkan efek yang tidak diinginkan di sekitar area marking.

Fungsi Laser Marking

Mesin laser marking berfungsi untuk menandai permukaan berbagai jenis bahan dan permukaan, contohnya stainless steel, besi, aluminium, kayu dan plastik.

Bentuk paling umum dari tanda yang dihasilkan oleh mesin laser marking adalah kode data matrix, kode QR, dan nomor seri alfanumerik. Tanda-tanda tersebut dihasilkan dengan kontras yang tinggi dan permanen.

Jenis-Jenis Laser Marking

Operasi laser marking terbagi menjadi beberapa jenis, seperti:

1. Laser Annealing

Laser annealing (laser anil) bekerja dengan penerapan panas laser ke permukaan bahan. Efek panas tersebut menyebabkan perubahan warna karena teroksidasi. Tanda yang dihasilkan laser annealing berwarna hitam pekat dengan permukaan halus. Namun, warna juga dapat bervariasi tergantung suhu laser.

(Gambar Laser Annealing)

Kedalaman laser annealing berkisar antara 20-30 mikron. Logam yang umumnya diproses dengan laser marking ini adalah titanium, baja, stainless steel, dan besi. 

2. Laser Discoloration

Laser discoloration (laser perubahan warna) bekerja dengan mengubah warna / pigmen bahan dengan pemanasan laser dan menghasilkan permukaan yang sedikit terangkat atau dikenal dengan istilah foaming atau frothing.

(Gambar Laser Discoloration)

Perubahan warna terang / gelap tergantung pada komposisi bahan. Misalnya pada plastik gelap hasil laser marking akan berwarna putih, sedangkan pada plastik berwarna terang hasil marking berubah menjadi abu-abu atau hitam. Perubahan warna dan buih ini hanya terjadi pada plastik.

 3. Laser Engraving

Laser engraving (laser pengukiran) bekerja dengan menguapkan sebagian material untuk memperlihatkan rongga yang terlihat di kedalaman 0,0001-0,005 inci di bawah permukaan material. Proses ini membutuhkan panas yang cukup untuk menguapkan material dalam milidetik. 

(Gambar Laser Engraving)

Salah satu manfaatnya adalah dapat menghasilkan marking berkualitas tinggi dan akurat dalam waktu yang sangat singkat. Proses ini cocok untuk hampir semua jenis logam, plastik, kayu, kulit, kaca, atau keramik. 

4. Laser Etching

Laser etching bekerja dengan melelehkan material yang menyebabkannya mengembang dan membentuk rongga yang terangkat di atas permukaannya hingga ketinggian 80 mikron. Rongga inilah yang membentuk tanda.

(Gambar Laser Etching)

Laser etching membutuhkan energi yang lebih sedikit daripada laser engraving dan pilihan yang lebih ekonomis. Laser ini digunakan untuk menandai berbagai bahan seperti aluminium dan baja.

Cara Kerja Mesin Laser Marking

Mesin laser marking bekerja dengan menggunakan sinar laser yang fokus untuk menandai permukaan suatu material. Mesin laser marking dikendalikan dengan perangkat lunak pada komputer sehingga sinar laser secara tepat mengikuti pola yang telah didesain dengan durasi yang cepat dan hasil yang presisi. 

Sinar laser akan diarahkan ke satu arah. Ketika sinar tersebut berinteraksi dengan permukaan bahan, energi laser akan mengubah sifat dan penampilan bahan melalui reaksi kimia dan fisik meliputi pemanasan, pelelehan, penguapan, maupun cold stripping. Hal inilah yang menciptakan tanda dengan tingkat kontras yang tinggi.

Industri Yang Menggunakan Laser Marking

Laser marking digunakan oleh banyak sektor industri, beberapa diantaranya adalah:

1. Industri Medis

Industri medis menggunakan mesin laser annealing dan engraving untuk alat medis, internal tracking, dan branding.

2. Industri Otomotif

Industri otomotif menggunakan mesin laser marking untuk membuat nomor identifikasi kendaraan (NIV), dekorasi keyboard, dan panel instrumentasi.

3. Industri Logam

Industri logam menggunakan laser marking untuk menandai produk dan mempermudah identifikasi. 

4. Industri Periklanan

Industri periklanan menggunakan laser marking jenis engraving untuk membuat motif dekoratif karena menawarkan fleksibilitas tinggi untuk menandai motif-motif kecil.

Video Laser Marking Menggunakan Sisma Marking Laser LOGO Series

 

Cara Mencegah Pemalsuan Produk Dengan Mesin Laser Marking

Salah satu permasalahan yang cukup banyak dijumpai di dunia bisnis adalah pemalsuan produk yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Menurut laporan tahun 2017 yang diterbitkan oleh International Trademark Association (INTA)dan the International Chamber of Commerce, nilai ekonomi global dari pemalsuan dapat mencapai $2,3 triliun pada tahun 2022, beserta tambahan $1,9 triliun terkait biaya dampak sosial dan ekonomi yang lebih luas.

Tak hanya akan berdampak rugi pada produsen produk aslinya, praktik pemalsuan produk ini juga tentunya akan menyebabkan kerugian besar terhadap konsumen, brand, dan juga negara.

 Ada beberapa cara untuk mencegah pemalsuan produk, salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi Laser. Baca artikel mencegah pemalsuan produk dengan laser marking.

Distributor Mesin Laser Marking di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mesin laser marking Sisma di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar mesin marking untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.