Mesin Marking - Fungsi, Jenis dan Contoh Mesin Marking di Indonesia

October 18, 2021   |   In Machinery

Marking adalah suatu proses penandai permukaan benda kerja baik dalam bentuk 2D maupun 3D. Untuk membuat sebuah tanda / marking pada sebuah produk, dibutuhkan mesin marking yang sesuai dengan output yang diinginkan.

Simak penjelasan mengenai mesin marking berikut ini.

Apa Itu Mesin Marking?

Mesin marking (marking machine) adalah alat industri yang digunakan dalam pembuatan teks, grafik, label, logo dan kode pada produk.

Setiap jenis mesin marking memiliki mekanisme yang berbeda dalam pembuatan tanda. Beberapa mekanisme tersebut adalah stamp, pengukiran, tinta dan penggoresan. 

Tanda seperti logo, nama, nomor seri, kode batang yang dihasilkan oleh mesin marking bersifat permanen. Biasanya, tanda-tanda ini dibuat untuk tujuan pelacakan ataupun branding.

Fungsi Mesin Marking

Mesin marking berfungsi untuk membuat pola gambar atau tanda pada bagian suatu produk. 

Hasil marking bisa berupa titik-titik atau garis-garis, disesuaikan dengan bentuk produk yang akan dibuat berdasarkan sketsa yang ada.

Biasanya digunakan untuk mencetak part number, barcode dan tanda lainnya pada sebuah produk.

Jenis - Jenis Mesin Marking

Pada dasarnya terdapat enam jenis mesin marking, yaitu sebagai berikut:

1. Mesin Dot Peen Marking

Mesin dot peen marking (dot pin marking machine) adalah mesin marking yang bekerja dengan sistem elektromekanik melalui gerakan bolak-balik stylus terhadap permukaan benda kerja. 

Mesin ini menghasilkan output berupa kumpulan titik-titik yang membentuk angka, teks, maupun logo. Operasi dot peen marking dapat dilakukan pada bahan logam maupun plastik dengan durasi yang cepat.

2. Mesin Laser Marking 

Mesin laser marking (laser marking machine) adalah mesin marking yang menggunakan sinar laser berenergi tinggi. Sinar laser ini difokuskan agar mengenai permukaan benda kerja, baik dari bahan logam seperti aluminium dan baja, maupun bahan plastik (contohnya ABS, PBT, dan lainnya).

Mesin ini bekerja secara otomatis dan dapat dikendalikan oleh perangkat lunak untuk menandai pola secara tepat dan cepat sehingga tidak ada kontak langsung antara mesin dan mekanis selama proses laser. 

3. Mesin Scribe Marking

Mesin scribe marking (scribe marking machine) adalah mesin marking yang menggunakan stylus dengan ujung yang berbahan keras seperti carbide. Saat operasi marking, stylus tersebut akan menembus permukaan benda kerja dan diseret sepanjang permukaan sehingga membentuk garis dan lekukan.

Mesin ini menggunakan sistem koordinat untuk mengarahkan stylus sesuai pola atau tanda yang Anda inginkan. Tanda yang dihasilkan dengan mesin scribe marking bersifat permanen dan jelas, baik pada permukaan yang cekung, miring, maupun yang tidak beraturan.

4. Mesin Roll Marking

Mesin roll marking (roll marking machine) adalah mesin marking yang menggunakan cetakan gulungan (roll die) untuk membuat tanda. Roll die dapat dibuat dengan satu atau lebih garis dengan tipe yang dapat diganti atau salinannya dapat diukir langsung ke dalam roll stamp.

5. Mesin Electrolytic Marking

Mesin electrolytic marking adalah mesin marking yang bekerja secara elektrolisis. Proses marking ini umumnya murah, mudah, dan tahan lama. Hampir semua bahan dengan permukaan konduktif dapat ditandai secara elektrolisis. Hasil akhirnya adalah cetakan permukaan berwarna gelap pada kedalaman ±0,020 mm yang terlihat dengan sangat jelas.

6. Mesin Manual Marking

Mesin manual marking adalah mesin marking dengan sistem pneumatik yang bekerja secara manual atau dikerjakan oleh mekanis. Mesin ini dapat digunakan untuk menandai material plastik, logam, kertas ataupun lapisan aluminium. Cetakan marking dengan mesin ini dapat dilakukan dengan memukul atau menekan permukaan.

Mesin Marking yang Dijual di Indonesia

1. SIC MARKING E-Touch XL Marking System

E-Touch XL adalah mesin dot peen marking jenis portable. Dengan mesin ini, operasi marking yang dapat dilakukan adalah penandaan teks, logo, kode matriks 2D dan kode QR yang dibentuk oleh serangkaian titik yang dihasilkan oleh stylus tungsten carbide.

Video review dot peen marking SIC dapat Anda lihat dibawah ini:

 

2. Sisma Marking Laser LOGO Series

Sisma marking laser LOGO adalah mesin laser marking kelas IV presisi, harga ekonomis, dan user friendly. Dilengkapi dengan penutup / sliding lid, sehingga meningkatkan penanganan keamanan dan praktis untuk operasi sehari-hari.

Video Review mesin laser Logo dapat Anda lihat di bawah ini:

 

3. Vector Air Pen Marking VM2020

Vector Air Pen Marking VM2020 telah dirancang sebagai mesin dot peen marking untuk produksi massal. Didukung oleh pasokan udara pneumatik, VM2020 dapat menandai kode 2D yang berisi data besar pada ruang kecil benda kerja secara permanen.

4. Pryor Percussion Impact Presses

Pryor impact presses adalah mesin marking yang dioperasikan secara manual dengan cara ditekan (press) ke benda kerja. Mesin ini bekerja secara pneumatik yang cocok untuk produksi output skala menengah.  

5. SIC Marking e10 c153 Dot Peen Marking Machine

Mesin marking C153 adalah mesin laser dot peen marking jenis benchtop yang memiliki tingkat akurasi dan kecepatan yang ekstrim. Dengan teknologi penandaan elektromagnetik yang unik, c153 dapat beradaptasi dengan berbagai bentuk dan kondisi permukaan, baik datar, cekung, cembung, ataupun melingkar.

6. Sisma Laser Engraving BSS 3D

BSS 3D dirancang sebagai mesin serbaguna untuk operasi laser marking dengan hasil yang lebih cepat secara ekonomis. Sistem laser Sisma adalah spesialis pengukiran (engraving) dalam 2D dan 3D pada cetakan, punch, dan elektroda melalui pergerakkan dengan 3 sumbu dan jangkauan 350 mm.

Distributor Mesin Marking di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mesin marking Sisma, SIC Marking, Pryor, dan Vector di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar mesin marking untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.