Dot Peen Marking - Fungsi, Jenis dan Contoh Dot Peen Marking di Indonesia

October 29, 2021   |   In Machinery

Dot Peen Marking merupakan salah satu jenis mesin marking yang sering digunakan dalam kegiatan industri. Fungsinya tidak jauh berbeda degan jenis mesin marking lainnya, yaitu memberikan tanda pada produk. Anda dapat membaca lebih lengkap tentang mesin marking pada artikel sebelumnya.

Pada artikel ini kita akan membahas dengan lengkap dot peen marking.

Apa itu Dot Peen Marking?

Dot peen marking atau sering juga disebut dot pin marking merupakan suatu proses menancapkan stylus yang dikendalikan secara elektromekanik pada permukaan suatu bagian benda kerja. 

Sedangkan mesin dot peen marking (dot peen marking machines) merupakan mesin stamping yang bekerja secara elektromekanik dengan gerakan stylus yang bolak-balik dan menciptakan lekukan pada produk Anda. 

Dengan mesin ini, Anda akan mendapatkan hasil berupa serangkaian titik-titik yang tertekan ke bawah permukaan, dengan ukuran, jarak, serta bentuk titik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.  

Fungsi Dot Peen Marking

(Hasil Dot Peen Marking)

Fungsi dot peen marking adalah untuk menandai suatu bagian dengan pola titik-titik, dengan hasil akhir berupa angka, teks, logo, dan kode matriks data 2D. Proses marking tersebut dapat diselesaikan hanya dalam hitungan detik, tergantung pada ukuran part Anda.

Jenis - Jenis Mesin Dot Peen Marking

Jika diklasifikasikan berdasarkan penggunaannya, mesin dot peen marking dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Mesin Dot Peen Column Mounted atau Benchtop

 

(SIC Marking Dot Peen Marking Machine E10 C153)

Mesin dot peen column mounted atau sering juga disebut mesin dot peen benchtop merupakan mesin yang beroperasi dengan daya yang tinggi dan kecepatan yang ekstrim, hal ini lah yang membuatnya sangat akurat. 

Mesin ini menggunakan teknologi elektromagnetik dan mampu bekerja pada benda kerja dengan bentuk, ukuran, dan permukaan yang beragam, seperti pada permukaan yang datar, cekung, ataupun cembung.

2. Mesin Dot Peen Portable

 

(SIC Marking Portable Marking Gun E10 P123)

Mesin dot peen portable atau biasa juga disebut handheld dot peen machine adalah mesin dot peen yang mudah digunakan secara portabel dan ringan. Dengan mesin ini Anda dapat menandai produk berukuran besar dengan mudah, hanya dengan menggenggam mesin lalu menekan tombolnya.

Plat yang ada di depan mesin berbentuk kotak berbahan aluminium yang kokoh dan dirancang khusus berbentuk melengkung untuk mengoptimalkan proses marking pada permukaan datar atau silinder, baik pada bahan logam maupun plastik. 

3. Mesin Dot Peen Terintegrasi

(SIC Marking Dot Peen Marking Head e10 R i53)

Mesin dot peen terintegrasi (integrated dot peen marking machine) adalah mesin dot peen marking yang mampu beroperasi secara otomatis dengan bantuan perangkat lunak bawaan ataupun menggunakan perangkat lunak yang kompatibel sengan sistem operasi Windows/Mac.

Dengan Mesin ini pekerjaan Anda akan lebih mudah, karena sistemnya dapat tahu operasi apa dan kapan waktu yang tepat untuk memulai operasi marking, tanpa perlu dikendalikan secara manual. Mesin ini juga memiliki desain yang sederhana, ramping serta mudah dipasangkan pada mesin lainnya. 

Bagaimana Cara Kerja Mesin Dot Peen Marking?

Dot peen marking merupakan salah satu metode penandaan yang ideal untuk membuat kode 2D pada material logam. Kode 2D yang dimaksud dapat berupa data matrix / QR Code / Micro QR Code yang menyimpan sejumlah data. Dengan menggunakan mesin dot peen marking, Anda dapat membuat/mencetak berbagai bentuk kode 2D dengan ukuran, karakter, dan kedalaman yang berbeda pada bahan metal sekalipun.

(Hasil Marking Pada Bahan Metal)

Cara Kerja Dot Peen Marking

Mesin dot peen marking bekerja dengan menggunakan sebuah stylus atau pin yang digerakkan secara pneumatik untuk mencap (peen) permukaan benda kerja sehingga membentuk serangkaian titik-titik. 

(stylus dot peen marking)

Stylus bergerak dalam arah X dan Y untuk menghasilkan serangkaian titik dengan sangat tepat pada resolusi 0,025 mm. Anda dapat mengontrol kualitas dan kedalaman marking dengan membuat penyesuaian pada pengaturan marking, tekanan udara, jarak titik, dan jarak bebas antara stylus dan permukaan benda kerja.

Mesin dot peen marking dapat menandai karakter dengan kedalaman 0,15 hingga 49,95 mm. Kedalaman dot peen marking bergantung pada faktor berikut:

  • Kekuatan marking.
  • Marking gap (jarak antara ujung stylus dan benda kerja).
  • Tingkat kekerasan benda kerja.
  • Sudut dari ujung stylus.

Pengaruh kekuatan marking terhadap marking gap ditunjukkan pada grafik berikut.

Penggunaan Dot Peen Marking dalam Industri

Mesin dot peen marking digunakan di berbagai industri, termasuk industri dirgantara, otomotif, manufaktur, transportasi, dan medis. 

Dalam industri dirgantara dan otomotif, mesin ini digunakan untuk casting dan metal tag. Di industri manufaktur, mesin ini sering diintegrasikan pada perakitan otomatis dan semi-otomatis dan kadang-kadang dipasang sebagai bagian dari stasiun uji.

Dalam industri medis, dot peen marking digunakan untuk menambahkan identifikasi pada cetakan plastik dan alat-alat bedah. 

Produk Dot Peen Marking Yang Dijual di Indonesia

1. Vector VM1210 Air Pen Marking Machine

 

Vector VM1210 Air Pen Marking Machine memberikan penandaan semi permanen pada berbagai jenis logam, termasuk baja, baja tahan karat dan aluminium, serta plastik dan bahan non-logam lainnya. 

2. Vector VM2020 Air Pen Marking Machine

 

Vector VM2020 dirancang dengan ukuran bodi yang praktis (145×115×103mm) dan dapat menandai karakter, simbol, dan kode 2D dalam rentang penandaan terluas (60×30mm) daripada produk Vector lainnya.

Semua konektor, tombol, dan indikator diatur pada panel depan unit kontrol, sehingga pemasangan dan perawatannya sangat mudah. Unit kontrol dapat ditempatkan secara vertikal maupun horizontal.

3. Vector VM2030 Ultrasonic Pen Marking Machine

 

VM2030 menggunakan daya ultrasonik untuk menggetarkan stylus tanpa perangkat udara. Anda dapat langsung menggunakan mesin setelah terhubung ke sumber listrik.  

Pen ultrasonik menggetarkan stylus dengan ultrasonik 50.000Hz (50.000 kali per detik). Karena frekuensi ini berada di luar jangkauan suara, Anda akan merasakan keheningan dibandingkan produk Vector Air Pen Marking dan Vector Elektromagnetik.

4. Vector VM1250 Multi-stylus Pen Marking Machine

 

VM1250 dilengkapi dengan multi-stylus pen (memiliki 4 stylus) dan dapat menandai titik dua kali lebih cepat daripada model single pen. VM1250 multi-stylus dapat menandai 4 karakter berturut-turut sekaligus.

Video Review Produk Dot Peen Marking 

Berikut ini kami akan membahas sebuah produk dot peen marking SIC Marking E-Mark, silahkan simak videonya dibawah ini:

 

Distributor Dot Peen Marking di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi dot peen marking brand SIC Marking dan Vector di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar dot peen marking untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.