Manual Marking - Alat Penanda Material yang Sering Digunakan Pada Industri

August 18, 2022   |   In Machinery

Proses penandaan (marking) produk dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti laser markingdot peen marking dan manual marking. Mesin marking yang digunakan juga berbeda. Pada artikel ini kita akan membahas manual marking dan peralatan yang digunakan dengan lengkap.

Contoh Manual Marking Yang Dijual di Indonesia

1. PRYOR Percussion Impact Presses

 

2. PRYOR 54 Piece Steel Type Number Marking Kits

3. PRYOR Safety Grips

Pryor Safety Grips dirancang untuk mengurasi resiko saat pengerjaan manual marking dengan menggunakan palu sehingga pekerja alat tidak melukai tangan pengguna.

4. PRYOR Steel Hand Stamps

Apa Itu Manual Marking

Manual marking adalah penandaan yang dilakukan secara manual oleh seorang mekanik. Proses marking dengan metode ini dapat dilakukan dengan memukul atau menekan permukaan material, sehingga membentuk marking sesuai hand stamp yang digunakan. 

Fungsi Manual Marking

Manual marking berfungsi untuk menandai material industri, identifikasi produk, dan keterlacakan. Hasil dari manual marking dapat berupa huruf abjad (A-Z), karakter tanda baca (/-.,), angka (0-9) dan simbol lainnya.

Jenis-Jenis Manual Marking

1. Ministress engraving

 

Ministress engraving adalah jenis manual marking dengan stamp berupa garis kontinu yang membentuk karakter huruf, angka, dan simbol lainnya.

2. Dotstress Engraving

 

Dotstress engraving adalah jenis manual marking dengan stamp berupa kumpulan titik-titik yang membentuk karakter huruf, angka, dan simbol lainnya. 

Cara Kerja Manual Marking

Manual marking dapat bekerja dengan 2 cara, yaitu:

Pertama, Anda dapat membuat marking dengan menggunakan palu dan hand stamp. Penandaan dilakukan dengan memukul hand stamp dengan palu ke permukaan material. Cara ini ideal untuk produksi skala kecil.

Kedua, Anda dapat menggunakan alat penekan perkusi pneumatik atau Press Holders . Penandaan dilakukan dengan menekan dan melepaskan ram pegas yang dapat dengan mudah disesuaikan untuk mengubah gaya penandaan. Cara ini ideal untuk produksi skala menengah.

Industri Yang Menggunakan Manual Marking

Manual marking dapat digunakan untuk beragam aplikasi. Beberapa contohnya untuk instalasi pesawat terbang, nuklir, minyak & gas, dan industri lainnya dengan tingkat produksi menengah ke bawah.

Distributor Manual Marking di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi PRYOR manual marking di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan manual marking di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.