Cegah Pemalsuan Produk Dengan Mesin Laser

June 24, 2021   |   In Machinery

Salah satu permasalahan yang cukup banyak dijumpai di dunia bisnis adalah pemalsuan produk yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Menurut laporan tahun 2017 yang diterbitkan oleh International Trademark Association (INTA)dan the International Chamber of Commerce, nilai ekonomi global dari pemalsuan dapat mencapai $2,3 triliun pada tahun 2022, beserta tambahan $1,9 triliun terkait biaya dampak sosial dan ekonomi yang lebih luas. Tak hanya akan berdampak rugi pada produsen produk aslinya, praktik pemalsuan produk ini juga tentunya akan menyebabkan kerugian besar terhadap konsumen, brand, dan juga negara.

Ada beberapa cara untuk mencegah pemalsuan produk, salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi Laser. Laser Marking mampu mengukir secara permanen baik itu nama, merk, nomor seri, logo perusahaan, barcode, atau tanda pengidentifikasi lainnya, sehingga produk menjadi sulit dipalsukan.



Dalam beberapa tahun terakhir, sistem penandaan laser telah mengalami pertumbuhan yang kuat dalam proses manufaktur. SIC Marking menawarkan fungsi penandaan 3D opsional yang bertujuan untuk memvariasikan panjang fokus sinar laser untuk menandai pada tingkat yang berbeda. Dengan teknologi Laser Marking 3D, penandaan laser pada bagian collars, permukaan berlubang, miring atau bulat dan pada tingkat ketinggian yang berbeda dapat dilakukan. 

       

 

Mesin Laser Marking

 

Laser Marking VS Dot Peen Marking

Baik mesin laser marking maupun dot marking memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya adalah alat yang hebat untuk dimiliki untuk industri tertentu, tetapi Anda harus memilih mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda, berdasarkan faktor-faktor berikut:

Ketepatan
Laser marking jauh lebih akurat dan membuat tanda yang lebih mudah dibaca daripada mesin dot marking. Mesin laser ditandai dengan konfigurasi sel persegi sehingga lebih mudah dibaca dan dilihat mata. Mesin dot marking, seperti yang mungkin sudah Anda duga, tandai dengan jejak titik bulat.

Keterjangkauan
Mesin dot marking lebih terjangkau dan terdiri dari komponen yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan mesin laser marking. Mesin dot marking mungkin lebih mudah untuk diintegrasikan ke dalam bisnis Anda karena faktor-faktor ini. Meskipun label harga terkait dengan mesin penandaan laser, itu akan mempertahankan relevansi lebih lama secara signifikan dan dengan demikian, Anda akan mendapatkan nilai uang Anda untuk investasi Anda.

Kecepatan
Sistem penandaan laser dikenal karena kecepatan dan akurasinya serta dapat membuat desain 2D sederhana dalam waktu sekitar setengah detik. Penanda dot di sisi lain bisa memakan waktu hingga lima detik untuk menyelesaikan desain yang sama. Sekarang, sementara ini mungkin tidak tampak seperti waktu yang signifikan bagi kebanyakan orang, jika Anda memiliki banyak bagian untuk ditandai atau banyak item untuk dirancang, perbedaan ini dapat berdampak signifikan pada kemampuan output Anda.

Kelayakan
Mesin-mesin ini tidak sesuai untuk setiap industri, misalnya, mesin dot marking lebih cocok di sektor otomotif karena alasan yang baik, terlepas dari semua kekurangannya. Karena mesin penanda dot membuat desainnya dengan membuat cetakan, penandaan tidak memiliki tepi tajam atau titik lemah yang dapat membahayakan bagian integral.

Mesin Dot PeenMarking



Mesin penandaan laser menggunakan panas untuk memotong bahan yang dapat menyebabkan fluktuasi kekuatan bahan tertentu dan menciptakan titik tajam yang dapat menjadi titik fokus untuk stres. Ini adalah faktor penting ketika mempertimbangkan bagian yang dapat digunakan di dalam mekanisme yang berfungsi di bawah panas atau tekanan yang parah.

Kedua mesin ini memiliki kelebihannya masing-masing, tetapi keduanya tidak selalu sesuai untuk setiap situasi tertentu. Meskipun mesin penandaan laser tampaknya menjadi jalan masa depan, jelas bahwa mesin penandaan dot peen akan terus mendapat tempat di beberapa industri.