Cara Memilih Mesin Bubut Berdasarkan Kebutuhan Anda

November 11, 2022   |   In Metallography

cara memilih mesin bubut 

Mesin bubut (Lathe Machine) merupakan salah satu peralatan mesin terpenting dalam industri pengerjaan logam. Mesin bubut digunakan untuk membentuk benda kerja berbahan logam dengan menahan dan memutar benda kerja, sementara mata pahatnya bergerak maju dan menghasilkan proses pemotongan. 

Saat ini, mesin bubut tersedia dalam berbagai bentuk, seperti mesin bubut manual dan mesin bubut CNC. Untuk memilih mesin bubut yang sesuai dengan kebutuhan Anda, penting untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut.

Bagian-Bagian Mesin Bubut

Bagian mesin bubut

Mesin bubut memiliki  beberapa komponen atau bagian dasar yang berperan penting saat pengerjaan Anda. Komponen dasar mesin bubut umumnya terdiri dari:

  • Head stock

  • Spindel

  • Chuck

  • Carriage & Cross-slide

  • Lathe bed

  • Tool turret

  • Tail stock

Spesifikasi komponen ini ditentukan oleh tujuan pengerjaan mesin bubut yang akan dilakukan dan dimensi material yang akan Anda kerjakan.

Hal Yang Dipertimbangkan Saat Memilih Mesin Bubut

  1. Jenis Pengerjaan Yang Akan Dilakukan

Sebuah mesin bubut dapat melakukan banyak proses pengerjaan, seperti facing, reaming, turning, chamfering, grooving, threading, drilling, knurling dan lain-lain. Oleh karena itu, hal pertama yang penting untuk Anda tentukan adalah jenis pengerjaan & bahan (material) apa yang akan Anda kerjakan menggunakan mesin bubut. 

Operasi bubut

 

  1. Jarak Antara Pusat (Distance Between Center)

Distance Between Center (DBC) merupakan jarak yang diukur antara chuck dan tailstock. Jarak antara pusat ini menentukan panjang maksimum dari benda kerja yang dapat Anda putar. Oleh karena itu, penting untuk memiliki mesin bubut sesuai panjang material yang akan dikerjakan agar proses pembubutan berjalan optimal. 

  1. Swing Over Bed

Swing over bed adalah jarak antara pusat headstock dan bed mesin bubut. Swing over bed menentukan diameter maksimum dari material atau benda kerja yang dapat diproses pada mesin bubut. Ukuran swing yang lebih besar akan memberikan stabilitas yang lebih besar pula dan hasil yang lebih baik, sehingga perlu dipertimbangkan sebelum membeli mesin bubut.

  1. Berat (Weight)

Umumnya, semakin berat dan besar mesin, maka semakin baik. Jika Anda ingin membuat benda kerja dengan hasil terbaik, Anda dapat memikirkan kualitas dengan cermat dan membeli mesin bubut terbaik yang Anda mampu.

  1. Axis (Untuk Tipe Mesin Bubut CNC)

Mesin bubut memiliki setidaknya 2 sumbu gerakan: sumbu X (maju/mundur sepanjang cross-slide), dan Y (tegak lurus sumbu X). Namun, ada juga mesin bubut CNC yang memiliki sumbu X, Y, dan Z (gerakan 3 dimensi) hingga sumbu putar. Umumnya, semakin banyak sumbu gerakan yang dimiliki mesin bubut, semakin rumit dan mahal.

  1. Motor Power

Hal terakhir yang perlu Anda pertimbangkan saat membeli mesin bubut adalah motor, yang akan menentukan seberapa berat suatu material dapat diputar tanpa membebani komponen mesin bubut.

Untuk memotong material yang lebih besar, mesin bubut membutuhkan lebih dari sekedar RPM tinggi; namun juga membutuhkan kekuatan untuk menjaga benda kerja yang berat dapat berputar dan memotong dengan lancar. 

Contoh Produk Mesin Bubut

  1. Chester Lathe Machine Bristol Pro

Chester Lathe Machine Bristol Pro

 

  1. Chester Chieftain + Lathe Machine

Chester Chieftain + Lathe Machine

  1. Annn Yang CNC Lathe Bed Type DY-350~510C

Annn Yang CNC Lathe Bed Type DY-350~510C

  1. Annn Yang Conventional Lathe DY-410G ~ 510G

Annn Yang Conventional Lathe DY-410G ~ 510G

Distributor Mesin Bubut di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mesin bubut di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mesin bubut di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.