Mengapa Panel Mesin dan Panel Listrik Membutuhkan Cooling Unit (AC Panel)?

June 07, 2022   |   In Machinery

 

Hampir semua industri memiliki panel kontrol listrik atau panel mesin yang dioperasikan setiap harinya. 

Alhasil panel mesin kerap menghasilkan suhu yang tinggi, bahkan hingga overheat, akibat digunakan secara non-stop. Akibatnya, komponen listrik pada panel kontrol listrik menjadi cepat rusak.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibutuhkan alat pendingin panel atau juga dikenal sebagai AC Panel.

Apa Itu AC Panel?

AC Panel (cooling panel) adalah alat pendingin panel elektrik yang berfungsi untuk menjaga panel mesin Anda dari retensi panas, debu, dan asap pabrik. AC panel tersedia dalam dimensi dan besar daya yang beragam, yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. 

Berikut ini adalah contoh penggunaan AC Panel atau Cooling panel:

AC Panel dapat dipasang pada kotak panel kontrol listrik pada mesin CNC dan pada panel listrik gedung, hotel, perkantoran, server provider, mesin produksi dan industri lainnya.

Prinsip Kerja AC Panel

AC Panel adalah alat pendingin panel yang bekerja dengan cara memindahkan panas dari dalam ke luar panel dan mendistribusikan aliran udara dingin yang stabil ke dalam panel. 

Mengapa Panel Mesin dan Panel Listrik Membutuhkan AC Panel?

Dalam lingkungan pabrik, ada beberapa permasalahan yang umum terjadi yaitu heat problem dan adanya kontaminan seperti debu, bahan kimia, dan asap pabrik. Mesin tanpa pendingin cenderung memiliki lifetime yang lebih rendah. Oleh karena itu dibutuhkan Cooling panel (AC Panel).

Selain Cooling panel, ada beberapa alat yang biasa digunakan untuk mendinginkan panel mesin, yaitu Fan, Heat Exchanger, dan Air Conditioner. Tetapi apakah dapat bekerja optimal?

Penggunaan Fan maupun Heat Exchanger untuk mendinginkan mesin, cenderung hanya memberikan ketahanan lifetime mesin sedikit lebih lama dibandingkan mesin tanpa pendingin. 

Sementara itu, lingkungan workshop yang mengandalkan AC saja untuk mesinnya juga tidaklah optimal. Hal ini dikarenakan udara yang didistribusikan oleh AC tidak merata hingga ke dalam mesin.

Sedangkan dengan Cooling panel, hasil yang didapatkan lebih maksimal karena alat dipasang langsung pada panel mesin. Dengan begitu, udara dingin dapat didistribusikan dengan stabil ke dalam panel mesin dan dapat meningkatkan performa mesin Anda. 

Distributor AC Panel di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi Cooling Panel DINDAN di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan Cooling Panel di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.