Laser Welding - Jenis Contoh Mesin Laser Welding

December 13, 2021   |   In Machinery

1. Sisma LM Manual Welding Laser

 

Sisma LM manual welding laser adalah mesin pengelasan Nd:YAG presisi tinggi yang dirancang untuk sektor pertukangan skala besar maupun kecil. Sisma LM mudah digunakan bahkan oleh operator dengan pengalaman terbatas. Mesin ini juga memiliki desain ramping yang mudah untuk dirawat.

2. Sisma SWB Laser Welding

Sisma SWB laser welding adalah mesin pengelasan untuk material carbon steel, HSLA steel, stainless steel, aluminum, dan titanium. Kecepatan pengelasan sebanding dengan jumlah daya yang disuplai, namun juga tergantung pada jenis dan ketebalan benda kerja. Mesin ini sangat dominan untuk industri otomotif, aeronautika, dan pembuatan alat.

3. Sisma SWA Manual Welding Laser

Sisma SWA manual welding laser bekerja dengan memanfaatkan sinar laser Fiber Ytterbium (Yag) yang memancarkan cahaya dengan panjang gelombang 1064 µm (diameter 10 kali lebih kecil dibandingkan laser marking CO2), serta menghasilkan akurasi tertinggi tanpa perlu perawatan rutin.

4. Sisma LM-D Open Manual Welding Laser

Sisma LM-D open manual welding laser dirancang untuk mengelas benda kerja lebih cepat secara presisi. Sistem pengelasan Nd:YAG presisi tinggi memberi kemudahan penggunaan dengan desain yang lembut dan menarik. 

 

Saat ini proses pengelasan (welding) terus berkembang untuk mendapatkan kualitas welding yang terbaik, salah satunya adalah penggunaan teknologi laser.

Teknik pengelasan dengan laser atau disebut juga laser welding memiliki banyak keunggulan karena dapat dilakukan pada kecepatan yang tinggi dan hasil yang presisi.

Pada artikel ini kami akan mencoba menjelaskan laser welding dengan lengkap, dan contoh produk laser welding terbaik untuk perusahaan Anda.

Apa itu Laser Welding?

Laser welding (las laser) adalah proses pengelasan non-kontak yang digunakan untuk menyatukan logam atau termoplastik menggunakan sinar laser dengan direktivitas dan konvergensi yang tinggi.

Proses ini menghasilkan elektron dengan kecepatan yang tinggi yang difokuskan oleh kumparan elektromagnetik (electromagnetic coil). 

Contoh Hasil Laser Welding

Keakuratan las yang dihasilkan bisa mencapai 0,01 mm. Laser beam welding juga memiliki penetrasi yang baik dan menghasilkan heat-affected zone yang sempit. Dibandingkan dengan pengelasan secara konvensional, pengelasan dengan laser welding jauh lebih efisien.

Bagaimana Cara Kerja Mesin Laser Welding?

Laser welding bekerja dengan 2 metode, yaitu dengan konduksi panas dan penetrasi dalam. 

Cara Kerja Laser Welding

1. Heat Conduction Laser Welding

Dengan metode ini, energi laser dialihkan ke benda kerja hanya melalui konduksi panas. Konduktivitas panas benda kerja membatasi kedalaman las maksimum, sehingga lebar las selalu lebih besar dari kedalamannya.

2. Deep Penetration Laser Welding

Metode ini menggunakan laser untuk pengelasan kecepatan tinggi. Penetrasi yang sempit dan dalam memungkinkan hasil pengelasan struktur internal menjadi seragam. Karena zona yang terkena panas kecil, distorsi bahan dasar akibat pengelasan dapat diminimalkan.

Jenis- Jenis Laser Welding

Sebelum membeli, sebaiknya ketahui terlebih dahulu perbedaan dari jenis-jenis laser welding agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. Laser welding terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Laser Gas CO2

Laser CO2 adalah laser yang dioperasikan dengan gas pelindung untuk mencegah oksidasi pada panjang gelombang 1060 μm. Gas tersebut meliputi pencampuran gas CO2 dengan gas lain seperti helium dan nitrogen. Laser ini memiliki tingkat kualitas sinar laser yang bagus dan harga yang terjangkau, sehingga banyak digunakan di pasar industri.

2. Laser Nd: YAG

Laser Nd: YAG beroperasi pada panjang gelombang 1000 μm dan menghasilkan output cahaya di wilayah inframerah dari spektrum radiasi elektromagnetik yang tidak terlihat oleh mata manusia dan diserap dengan baik oleh bahan konduktif. Jenis laser ini cocok untuk menghasilkan las dengan volume yang besar dan target las yang dalam.

3. Fiber Laser

Fiber laser atau laser serat beroperasi pada panjang gelombang 1060 μm. Laser fiber memiliki biaya yang lebih terjangkau dan sangat detail serta halus dibandingkan laser jenis Nd: YAG dan CO2. Laser ini sangat cocok digunakan untuk industri yang membutuhkan mesin laser dengan kualitas premium dan cost operational yang sangat murah. 

Distributor Mesin Laser di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mesin laser welding di Indonesia. 

Hubungi tim kami untuk berdiskusi seputar kebutuhan mesin laser di perusahaan Anda.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.