Penggunaan Mesin Laser Pada Industri

December 10, 2021   |   In Machinery

 

Mesin laser berperan penting dalam dunia industri diberbagai aplikasi manufaktur, karena teknologi laser ini mampu menghasilkan kekuatan pemotongan atau pengelasan yang intens dengan presisi tinggi. 

Ditambah banyaknya kebutuhan industri saat ini, teknologi laser telah mengalami perubahan dan terus berkembang hingga dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan industri.

Dalam hal apa saja teknologi laser digunakan di industri? Simak penjelasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Teknologi Laser

LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh atom-atom karena adanya perubahan energi pada beberapa material. Laser diperkuat dan dikirim dari suatu alat sebagai aliran yang mirip dengan cahaya.

Warna laser tergantung pada panjang gelombang, umumnya dalam satuan nanometer (nm).

Teknologi laser memberikan banyak keunggulan, beberapa di antaranya adalah durasi pengerjaan cepat, kecilnya potensi kerusakan produk, sedikit atau bahkan tidak adanya bahan habis pakai yang dibutuhkan, dan tidak ada masalah pembuangan sisa produk. 

Kemampuan laser dalam mengubah bahan membuatnya ideal untuk industri otomotif, elektronik, pakaian, pengerjaan logam dan lain sebagainya. Penggunaan teknologi laser diaplikasikan ke dalam berbagai bentuk operasi, seperti laser marking and engraving, laser cleaning, laser welding, dan laser cutting. 

1. Mesin Laser Marking

Mesin laser marking atau mesin penandaan laser adalah mesin dengan teknologi laser yang digunakan untuk menandai berbagai permukaan benda kerja. Keuntungan menggunakan mesin laser marking adalah proses penandaan dapat dilakukan dengan presisi tinggi, cepat, dan kontras pada berbagai kontur dan tingkat kekerasan. 

Contoh Hasil dari Laser Marking

Mesin laser juga dapat digunakan untuk berbagai bahan polimer organik, bahkan dengan desain yang kompleks. Hasil laser marking dapat tahan lama dan dapat diaplikasikan pada pakaian, kulit dan logam. 

Contoh Mesin Laser Marking di Indonesia

MRJ CO2 Laser Marking Machine 30C  Sisma Easy Marking Laser

2. Mesin Laser Cleaning

Mesin laser cleaning atau mesin pembersihan laser adalah mesin yang menggunaakan teknologi laser untuk menghilangkan atau membersihkan kontaminan pada permukaan suatu benda kerja secara terkontrol.

Salah satu keuntungan utama menggunakan mesin laser cleaning adalah kemampuannya secara tepat mengontrol deposisi energi dalam proses pembersihan atau penghilangan kontaminan.

Contoh Hasil dari Laser Cleaning

Mesin laser cleaning ini dapat diaplikasikan di berbagai bidang, seperti untuk membersihkan jaringan pipa lama, membersihkan pipa di pembangkit listrik tenaga nuklir, bahkan pada proyek besar seperti menghilangkan cat pada jembatan berkarat.

Contoh Mesin Laser Cleaning di Indonesia

MRJ Portable Laser Cleaning Machine MRJ Portable Fiber Laser Cleaning Machine FL - C60D

 

3. Mesin Laser Welding

Mesin laser welding atau mesin las laser adalah proses pengelasan yang menggunakan energi cahaya atau laser. Energi dari cahaya memanaskan daerah welding dengan cepat bersamaan dengan logam pengisinya. Hasil pengelasan dikontrol melalui ukuran cahayanya, tegangan yang digunakan, lebar dorongan dan jarak waktu ketika energi cahaya diterapkan. Hasilnya akan lebih presisi dan kualitas lasnya juga lebih baik.

Contoh Hasil Laser Welding

Keterampilan operator sangat dibutuhkan dalam mengerjakan las laser. Namun, beberapa mesin laser welding saat ini sudah memiliki sistem semi-manual sehingga dapat dioperasikan oleh operator tanpa perlu keahlian khusus.

Contoh Mesin Laser Welding di Indonesia

Sisma LM-D Manual Welding Laser Sisma SWA Manual Welding Laser

4. Mesin Laser Cutting

Mesin laser cutting atau mesin pemotongan laser adalah proses pemotongan bahan baku dengan ketebalan yang berbeda menggunakan sinar laser yang difokuskan pada suatu titik. Ketika sinar laser menyentuh benda kerja, maka material akan memanas hingga meleleh atau menguap. Sinar laser akan menembus material sehingga proses pemotongan terjadi.

Contoh Hasil Laser Cutting

Semua bahan yang umum dalam pemrosesan industri dapat diproses menggunakan laser cutting. Bahan-bahan seperti baja, aluminium, stainless steel, hingga bahan non-logam seperti plastik, kaca, kayu atau keramik dapat dipotong dengan aman dengan laser cutting.

Contoh Mesin Laser Cutting di Indonesia

Sisma Fiber Ytterbium Cutting Laser MCL Series Sisma Fiber Ytterbium Cutting Laser BCL Series

Distributor Produk Mesin Laser di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mesin laser di Indonesia.

Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mesin laser di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.