Laser Cleaning - Membersihkan Karat Menggunakan Teknologi Laser

December 14, 2021   |   In Machinery

1. MRJ Laser Cleaning Machine FLC120B

 

MRJ FLC120B laser cleaning machine adalah mesin pembersih permukaan berteknologi tinggi dan terbaru, mudah untuk dioperasikan, dan bekerja secara otomatis untuk menghilangkan resin, kontaminasi minyak, noda, kotoran, karat, coating, plating dan pengecatan permukaan logam. 

2. MRJ Portable Fiber Laser Cleaning Machine FL - C60D

 

 

MRJ Portable fiber laser cleaning machine FLC60D adalah mesin yang dapat membersihkan kontaminan pada permukaan benda, terutama digunakan dalam pengolahan cetakan, manufaktur mobil, industri pembuatan kapal, pengolahan makanan, pengolahan limbah, ban karet dan industri petrokimia.

 

Mesin laser cleaning adalah salah satu penggunaan teknologi laser untuk membersihkan kontaminan seperti karat, cat, oksida, dan kontaminan lainnya dari permukaan logam dengan cara yang ramah lingkungan. Karena efisiensinya, penggunaan teknologi laser ini digunakan dalam banyak aplikasi.

Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara kerja, keunggulan dan contoh mesin laser cleaning yang berkualitas.

Apa itu Laser Cleaning?

Laser cleaning atau pembersihan laser adalah teknik untuk menghilangkan atau membersihkan kontaminan pada permukaan suatu benda kerja secara terkontrol. Metode laser cleaning adalah metode non-kontak dan non-destruktif, serta tidak memerlukan media abrasif atau bahan kimia. 

Laser cleaning mampu secara tepat mengontrol deposisi energi dalam proses pembersihan atau penghilangan kontaminan. Salah satu contoh laser cleaning adalah laser rust removal yang membersihkan bagian logam berkarat.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sistem laser cleaning bekerja dengan mengarahkan sinar laser yang kuat ke permukaan. Energi sinar ini menghancurkan kontaminan yang ada dan secara efektif menghilangkannya dari substrat. 

Teknologi laser cleaning bekerja dengan mengirimkan gelombang sinar laser sepanjang nanodetik ke permukaan. Ketika berinteraksi dengan kontaminan yang menyerap sinar laser, kontaminan tersebut akan berubah menjadi gas atau menyebabkan partikel bebas dari permukaan.

Ketika laser mengenai permukaan, ada 2 efek yang terjadi, yaitu:

  • Efek kerutan: Bahan dasar benda kerja tetap dingin namun lapisan kontaminan memanas. Perbedaan panas-ekspansi tersebut menyebabkan kontaminan mengeriting atau berkerut.
  • Efek penguapan: Kontaminan memanas dan membuat plasma di sekitar area kerja. Hal ini akan menyebabkan penguapan.

Penggunaan Laser Cleaning

Teknologi laser cleaning dapat diaplikasikan di berbagai bidang, seperti untuk membersihkan kotoran minyak, lapisan cat (coating), permukaan logam berkarat (rust), debu dari permukaan patung atau batu, lapisan oksida, las (weld seam), korotan pada karet ban, dan lain sebagainya.

Keuntungan Menggunakannya?

Banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh ketika menggunakan mesin laser cleaning. Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Pengupasan lapisan yang selektif dan presisi. Laser fokus pada titik atau strip yang sangat kecil tanpa efek pada material di sekitarnya.
  2. Tidak merusak substrat. Penghapusan lapisan hanya mempengaruhi beberapa mikron dan bahan yang menyerap radiasi sesuai dengan warna mereka, membuat tindakan laser lebih spesifik.
  3. Tidak memerlukan penggunaan bahan kimia atau bahan abrasif, tidak ada asap yang mencemari area tersebut, dan tidak ada bahan kimia berbahaya yang dibuang.
  4. Prosedur lebih cepat dan biaya operasi lebih rendah dari metode pembersihan lainnya.

Distributor Mesin Laser Cleaning di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor mesin laser cleaning di Indonesia. Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan mesin laser cleaning di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.