Kaliper Digital - Contoh Penggunaan Digital Caliper Terbaik

March 15, 2022   |   In Measurement

Kaliper digital merupakan kaliper (alat ukur) yang dirancang untuk mempermudah proses pengukuran diameter benda kerja. Di era modern saat ini, kaliper digital sudah banyak yang dilengkapi dengan teknologi Bluetooth. 

Penggunaan kaliper digital dan contoh produk dari digital caliper telah kami rangkum pada penjelasan berikut ini.

Contoh Digital Caliper Yang Dijual di Indonesia

1. Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO Form B

 

Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO Form B dioptimalkan untuk memberi Anda pembacaan jarak internal dan eksternal yang diukur dengan presisi tinggi sesuai dengan DIN 862. Dirancang dengan teknologi nirkabel Bluetooth, tombol yang dapat diprogram, serta mampu terlindung dari air untuk pekerjaan berat dengan pendingin dan pelumas. 

2. Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO Carbide IP67

 

Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO dirancang dengan rahang karbida (carbide jaws) untuk memberi Anda kekuatan pengukuran jarak dengan presisi tinggi sesuai dengan DIN 862. Konektivitas data Bluetooth-nya sangat kompatibel dengan berbagai merk pengukur, layar PC, dan smartphone.

3. Moore & Wright Digital Caliper with Interchangeable Anvils

 

Moore & Wright Digital Caliper dengan Interchangeable Anvils digunakan untuk mengukur jig, perlengkapan, cetakan dan berbagai benda kerja lainnya. Dengan peringkat IP54, pengukuran dapat dilakukan dengan andal dan akurat di bawah lingkungan yang lembab dan basah.

4. Moore & Wright Internal Digital Caliper Digitronic 432 Series

 

Moore & Wright Internal Digitronic Digital Caliper 432 Series dirancang dengan desain yang ringkas dan tuas yang nyaman dengan landasan sensitif. Internal digital caliper ini cocok untuk mengukur lubang, alur internal, dan dimensi bagian dalam yang sulit dijangkau lainnya.

Apa Itu Digital Caliper?

Kaliper digital (digital caliper) adalah salah satu alat presisi yang dapat digunakan untuk mengukur jarak atau diameter internal dan eksternal dengan sangat akurat. Kaliper digital memiliki layar LCD dan skala untuk mengukur dimensi suatu objek. 

Perbedaan Vernier Caliper dan Digital Caliper

Kaliper digital melakukan pengukuran linier mirip dengan kaliper vernier atau tipe analog. Satu-satunya perbedaan pada kedua jenis kaliper di atas adalah penambahan layar LCD yang menampilkan pengukuran secara otomatis sehingga tidak diperlukan interpretasi atau penghitungan skala oleh pengguna. Sedangkan pada kaliper vernier, hasil pengukuran didapat dengan membaca skala utama dan skala vernier.

Bagian-Bagian Digital Caliper

Kaliper digital terdiri atas bagian-bagian berikut ini:

1. Rahang internal

Rahang internal berfungsi untuk mengukur diameter internal suatu benda

2. Depth rod atau batang kedalaman

Batang kedalaman berfungsi untuk mengukur kedalaman objek atau lubang.

3. Skala Metrik

Skala yang ditandai dalam milimeter (mm). Namun ada pula dalam satuan inci.

4. LCD

LCD merupakan layar yang menampilkan hasil pengukuran.

5. Rahang eksternal

Rahang eksternal berfungsi untuk mengukur lebar atau diameter eksternal suatu benda.

Penggunaan Digital Caliper

Kaliper digital dapat digunakan untuk berbagai pengukuran diameter eksternal, diameter internal, hingga kedalaman objek. Penggunaan ini dapat diaplikasikan pada bidang:

  • Mekanik atau permesinan.
  • Edukasi.
  • Rumahan dan penggunaan umum.
  • Rekayasa.
  • Penelitian, laboratorium dan aplikasi medis.

Distributor Digital Caliper di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi kaliper digital di Indonesia. Kami akan membantu Anda untuk lebih memahami spesifikasi kaliper digital yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang kaliper digital untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.