Kaliper - Jenis dan Contoh Caliper Terbaik

February 25, 2022   |   In Measurement

Kaliper adalah sebuah alat ukur presisi. Perangkat ini digunakan untuk mengukur dimensi suatu objek, sehingga Anda dapat memastikan semuanya pas dan dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa cacat.

Kaliper terbagi menjadi beberapa jenis dan contoh yang dibedakan berdasarkan metode pembacaannya. Simak penjelasan mengenai caliper berikut ini.

Contoh Kaliper Yang Dijual di Indonesia

1. Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO External Groove IP67

Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO EG dirancang dengan rahang khusus untuk mengukur alur external. Probe kedalaman ramping dan dapat masuk ke alur yang dalam yang berbeda dari merek sejenis yang menggunakan probe elastis bulat.

2. Moore & Wright Plastic Dial Caliper CDP Series

Dial Caliper CDP Series adalah kaliper digital terbaik untuk perakit mekatronik, part aeronautika, speaker magnetik, kapasitor, sensor, aerospace, semikonduktor, dan banyak lagi. Dengan seri ini, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan perpindahan panas, medan magnet, dan distorsi umum seperti yang mungkin Anda alami dengan caliper berbahan logam biasa.

3. Sylvac Digital Micron Caliper S_Cal EVO

Sylvac Digital Micron Caliper S_Cal EVO dirancang untuk memberikan pembacaan langsung jarak yang diukur dengan presisi tinggi. Kaliper ini dilengkapi dengan layar mikron ekstra besar baru dan tombol yang dapat diprogram untuk penggunaan yang dapat disesuaikan, serta teknologi transfer bluetooth.

4. Moore & Wright Workshop Vernier Caliper 100 Series

Moore & Wright Workshop Vernier Caliper 100 series adalah alat ukur linier dasar yang umumnya digunakan sebagai instrumen presisi yang dapat digunakan untuk mengukur jarak internal dan eksternal secara akurat sesuai anggaran ekonomi Anda.

5. Sylvac Ultra Light Caliper UL4 special jaws C

Ultra Light Caliper UL4 special jaws C terbuat dari bahan yang ringan & dilengkapi dengan teknologi transfer bluetooth yang dapat mengirim data pengukuran dengan cepat ke perangkat PC, printer atau smartphone. Jenis ini digunakan pada fabrikasi pipa gas, jig inspeksi dan alat berat lainnya.

Apa Itu Kaliper?

Kaliper (caliper) adalah alat ukur presisi yang memiliki fleksibilitas untuk mengukur berbagai dimensi suatu benda dengan akurasi yang baik. Akurasi (resolusi) kaliper berkisar dari 0,1 hingga 0,02 mm. Rentang pengukurannya mulai dari 0 hingga 15 mm atau 6 inci. 

Kaliper dikenal juga sebagai salah satu alat ukur linier. Kaliper biasanya terbuat dari baja. Namun, terkadang juga terbuat dari bahan karbon (plastik). 

Fungsi Kaliper

Kaliper (caliper) berfungsi untuk mengukur berbagai dimensi seperti ketebalan, diameter luar, diameter dalam, panjang, lebar, dan kedalaman suatu benda dengan mudah dan akurat. 

Anda juga dapat menggunakan kaliper untuk mengukur kedalaman. Kaliper dilengkapi dengan tongkat tipis (depth rod) di bagian belakang yang berfungsi untuk mengukur kedalaman suatu objek atau lubang. 

Bagian-Bagian Kaliper

Bagian -bagian utama dari caliper adalah sebagai berikut:

  1. Rahang internal adalah bagian caliper untuk mengukur dimensi internal seperti diameter internal.
  2. Rahang eksternal adalah permukaan caliper untuk mengamankan objek untuk mengukur dimensi luarnya seperti panjang, tebal, diameter luar, dan lebar.
  3. Sekrup pengunci adalah bagian kaliper yang apabila diperlukan dapat diputar untuk mengencangkan objek yang diukur atau menahan benda agar tidak bergerak.
  4. Skala vernier atas adalah bagian dari skala vernier dalam satuan inci.
  5. Skala vernier bawah adalah bagian dari skala vernier dalam satuan metrik.
  6. Skala utama adalah skala yang ditandai dalam inci dan metrik.
  7. Depth rod atau tangkai pengukur kedalaman adalah bagian kaliper untuk mengukur kedalaman suatu objek atau lubang.

Jenis Jenis Kaliper

1. Vernier Caliper

Vernier caliper atau kaliper vernier adalah jenis kaliper untuk membuat pengukuran linier yang sangat akurat menggunakan dua skala bertingkat: skala utama yang mirip dengan penggaris dan skala vernier yang meluncur sejajar dengan skala utama. 

Cara Membaca vernier caliper:

Cara membaca kaliper vernier adalah temukan posisi 0 pada skala vernier dan perhatikan dimana letaknya pada skala utama. Pada gambar di atas (ditunjukkan dengan No.1), angka 0 berada di antara 2 mm dan 3 mm sehingga hasil akhirnya akan berada pada kisaran 2-3 mm.

Kemudian temukan garis sejajar antara skala vernier dan skala utama (ditunjukkan dengan No.2). Jumlah garis vernier yang paling tepat sejajar dengan garis pada skala utama adalah 0,68 mm. Hasil pengukuran adalah jumlah dari pembacaan skala utama ditambah pembacaan skala vernier, dalam hal ini adalah 2,68 mm.

2. Dial Caliper

Kaliper dial bekerja seperti kaliper vernier karena memiliki dua set rahang, penggeser, dan skala untuk mengukur. Perbedaannya adalah pengukuran tidak dibaca pada skala vernier namun pada dial indicator. 

Cara Membaca dial caliper:

Untuk membaca dial caliper, pertama baca skala di sebelah kiri dial indicator sesuai garis lurus yang dilewati. Kemudian, baca skala pada dial indicator yang ditunjukkan oleh jarum dan jumlahkan kedua skala sehingga pada gambar di atas didapatkan hasil pengukuran sebesar 13,14 mm.

3. Digital Caliper

Digital caliper atau kaliper digital adalah yang paling mudah dibaca dari jenis kaliper lainnya, karena menggantikan dial analog dengan tampilan digital. Alat ukur elektronik ini bekerja dengan menggunakan kode linier yang ditampilkan di layar agar mudah dibaca.

Cara Membaca kaliper digital:

Cara membaca kaliper digital sangat mudah dan tidak memerlukan perhitungan matematika karena akan otomatis ditampilkan pada layar. Banyak kaliper digital memungkinkan Anda memilih apakah pengukuran ditampilkan sebagai milimeter, sentimeter, atau inci.

Kelebihan dan Kekurangan Kaliper

A. Kelebihan dari Kaliper

1. Akurasi dan presisi

Kelebihan pertama dari kaliper adalah memberikan pembacaan yang akurat dan tepat.

2. Keserbagunaan

Kaliper adalah instrumen serbaguna atau dapat digunakan untuk berbagai tujuan, contohnya untuk pembacaan internal, pembacaan eksternal, dan kedalaman.

3. Daya tahan

Karena kaliper dibuat dengan bahan yang kuat seperti baja tahan karat, maka kaliper dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

4. Tidak perlu skala ekstra

Jenis kaliper pembacaan langsung memiliki skala tetap dan skala bergerak. Mereka tidak memerlukan skala terpisah ekstra untuk melakukan pengukuran.

5. Harga

Kaliper dapat dengan mudah kita temukan di pasaran dengan harga terjangkau.

B. Kekurangan dari Kaliper

1. Peluang kesalahan / human error

Ada kemungkinan terjadi kesalahan pembacaan skala vernier akibat sudut pembacaan skala yang kurang tepat pada pengguna yang kurang berpengalaman.

2. Perlu Skala Tambahan

Hasil kaliper analog tidak bisa langsung terbaca karena perlu dihitung dengan menjumlahkan skala pengukuran.

3. Perlu Penglihatan yang Baik

Model analog yang mencakup vernier dan dial caliper membutuhkan penglihatan yang baik. Orang yang tidak memiliki penglihatan yang baik akan kesulitan membaca pengukuran.

Distributor Kaliper di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi kaliper di Indonesia. Kami akan membantu Anda untuk lebih memahami spesifikasi kaliper yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang kaliper untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.