Cara Memilih Gergaji Pita Yang Sesuai Dengan Material Anda

June 13, 2022   |   In Sawing

Mata gergaji pita (bandsaw blade) adalah bagian dari mesin bandsaw yang berfungsi untuk melakukan pemotongan pada berbagai jenis logam. 

Di pasaran, bandsaw blade hadir dalam ukuran, desain gigi, material yang beragam. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui cara memilih gergaji pita yang sesuai dengan material Anda. Cara memilih gergaji pita yang tepat telah kami rangkum berikut ini.

1. Jenis Material Yang Akan Dipotong

Hal utama dalam memilih gergaji pita adalah mengetahui jenis material apa yang akan Anda potong. Apakah Anda akan memotong material baja, silikon, aluminium, atau material lainnya?

Beda material yang dipotong, maka berbeda pula jenis bandsaw blade yang cocok untuk digunakan. 

2. Jenis Material Bandsaw Blade

Selanjutnya, pisau bandsaw apa yang tepat untuk memotong material tersebut? Pisau bandsaw terbuat dari material yang beragam. Selain itu, bandsaw blade tidak mampu diaplikasikan untuk semua material dan ukurannya pun perlu disesuaikan dengan mesin bandsaw yang digunakan. 

Berikut ini adalah jenis material bandsaw blade beserta pengaplikasiannya.

a. Carbon Steel Blade

Pisau bandsaw berbahan carbon steel biasanya menjadi pilihan terbaik untuk pemotongan dengan kecepatan rendah, produksi ringan hingga menengah, dan operasi skala kecil. Jenis ini cocok untuk memotong material logam non-ferrous, plastik, dan baja ringan.

Contoh Carbon Steel Bandsaw Blade:

b. Bi-Metal Blade

Pisau Bi-Metal memiliki keseimbangan terbaik dalam ketahanan panas, ketahanan aus, dan ketahanan chip terhadap sebagian besar baja dan logam lainnya. Jenis ini cocok untuk pemotongan produksi tinggi.

Dengan Bi-Metal blade, Anda dapat memotong material baja karbon, baja perkakas, baja struktural, baja tahan karat, pipes & tubes, die steel, dan material logam campuran lainnya.

Contoh Bi-Metal Bandsaw Blade:

c. Tungsten Carbide Blade

Pisau tungsten carbide memberikan ketahanan panas dan aus yang unggul untuk memotong logam yang sangat keras serta logam dan non-logam yang sangat abrasif.

Dengan bandsaw blade ini, Anda dapat memotong material seperti grafit, cast aluminum, titanium, superalloy, dan fiberglass.

Contoh Tungsten Carbide Bandsaw Blade:

d. Diamond Blade

Pisau diamond mampu memotong material yang sangat abrasif, rapuh, tebal dan padat tetapi tidak cocok untuk memotong baja (steel). Dengan diamond blade, Anda dapat memotong material seperti kaca, keramik, marmer, silikon, grafit, karbit, dan concrete (beton).  

Contoh Diamond Bandsaw Blade:

3. Pitch Gigi Bandsaw Blade

Pitch (tooth per inch) adalah ukuran jarak gigi. Jenis material yang dipotong dan ketebalannya menentukan jumlah TPI yang diperlukan untuk menghasilkan pemotongan yang baik pada kecepatan pemotongan yang tepat. 

Jika pitch benar, kinerja pemotongan Anda akan meningkat dan juga menghasilkan masa pakai blade yang lebih lama.

Untuk menentukan jumlah TPI, cobalah untuk menemukan balance finish dan feed rate. Pisau dengan gigi lebih banyak memotong lebih lambat namun hasilnya lebih halus. Sebaliknya pisau dengan gigi lebih sedikit memotong dengan lebih cepat namun hasilnya lebih kasar.

Misalnya, jika Anda memotong potongan solid berdiameter 4" dari material aluminium non-ferrous dengan menggunakan pisau Tungsten Carbide – T3P, maka Anda akan memilih pitch 3-4 TPI.

4. Lebar Bandsaw Blade Yang Tepat

Lebar pisau (blade width) adalah ukuran dari ujung gigi (tooth tips) hingga tepi belakang (back edge). Lebar pisau akan menentukan radius minimum logam yang akan dipotong. Sedangkan kapasitas lebar maksimumnya tergantung pada mesin bandsaw yang Anda gunakan.

5. Panjang Bandsaw Blade Yang Tepat

Panjangnya bandsaw blade yang digunakan ini tergantung dari mesin bandsaw Anda. Anda dapat melihat ukuran panjang blade yang dibutuhkan pada User's Manual mesin Anda.

Distributor Bandsaw Blade di Indonesia

Setelah mengetahui apa saja kriteria bandsaw blade yang Anda butuhkan, sekarang mungkin Anda bingung, harus membeli bandsaw blade dari manufaktur mana yang kualitasnya terjamin.

PT LFC Teknologi Indonesia dapat memberikan solusi untuk Anda. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan bandsaw blade DoALL. Dengan menggunakan bandsaw blade dari DoAll anda akan mendapatkan garansi performa, kualitas, pengiriman dan kepuasan.

Untuk berdiskusi seputar kebutuhan bandsaw blade di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.