Mesin CNC - Jenis dan Contoh CNC Machine Terbaik

July 06, 2022   |   In Machinery

CNC (Computer Numerical Control) adalah proses dimana perangkat lunak komputer diprogram menentukan pergerakan mesin dan peralatan pabrik, sehingga memainkan peran penting dalam industri manufaktur. 

Proses manufaktur tersebut digunakan untuk mengontrol berbagai macam mesin yang kompleks, yang akan dibahas dalam artikel ini.

Contoh - Contoh Mesin CNC

1. Pao Fong CNC Milling Machine PF8SCNC

2. Annn Yang CNC Lathe Bed Type DY-350-510C

3. Annn Yang CNC Lathe Machine DY-530-730C X

4. MEP Shark 660 CNC HS 4.0 Automatic Bandsaw

Apa Itu Mesin CNC?

Mesin CNC (CNC Machine) adalah semua mesin yang dikendalikan oleh komputer dan memberikan tingkat efisiensi, akurasi, dan konsistensi yang tidak mungkin bisa dicapai melalui proses manual. 

Dengan mesin CNC, produsen dapat memproduksi suku cadang (part) dalam waktu yang lebih singkat dan mengurangi pemborosan, tanpa adanya resiko kesalahan dari operator (human error).

Perbedaan Mesin CNC dan Mesin NC

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara Mesin CNC (Computer Numerical Control) dan Mesin NC (Numerical Control).

Mesin CNC

Mesin NC

Bekerja pada sumbu X-Y-Z.

Bekerja pada sumbu XY dan garis lurus.

Lebih fleksibel.

Kurang fleksibel.

Waktu operasi lebih cepat.

Waktu operasi lebih lama.

Sistem berbasis perangkat lunak.

Sistem berbasis perangkat keras.

Lebih mahal.

Lebih murah.

Memiliki akurasi yang tinggi.

Memiliki akurasi yang lebih rendah.

Bekerja pada kode G dan M.

Hanya bekerja pada angka, simbol dan huruf.

Dibutuhkan operator dengan pengetahuan tentang sistem komputer.

Dibutuhkan operator yang sangat terampil untuk bekerja pada mesin NC.

Bagaimana Mesin CNC Bekerja?

Mesin CNC sangat bergantung pada pemrograman. Seorang programmer harus memasukkan kode yang benar dan memastikan kode tersebut berfungsi dengan baik. 

Bahasa di balik mesin CNC ini dikenal sebagai G-Code. Kebanyakan mesin manufaktur memiliki kode untuk mendikte 1 atau 2 fungsi, namun G-Code secara signifikan lebih kompleks dari ini.

G-Code akan mengontrol berbagai perilaku di mesin CNC, termasuk kecepatan, laju umpan, dan koordinasi. Setelah G-Code ditulis dan dimasukkan ke dalam mesin, operator sudah tidak diperlukan lagi karena kode akan melakukan semua proses pengerjaannya sendiri.

Jenis - Jenis Mesin CNC

Mesin CNC dibagi ke beberapa jenis atau konfigurasi, yaitu: 

1. Mesin Bubut CNC

CNC Lathe Machine dirancang untuk memotong material logam secara otomatis melalui program komputer. Mesin bubut CNC tersedia dalam konfigurasi bench type, horizontal, vertical, bed type, dan lain-lain.

2. Mesin Frais CNC 

CNC Milling Machine dirancang untuk mengerjakan benda kerja dengan arah yang sama dengan arah alat pemotongnya dan dapat berjalan pada banyak sumbu. 

3. Mesin Router CNC

Router CNC Machine adalah mesin yang biasa digunakan untuk dapat membantu dalam pemotongan baja, kayu, aluminium, komposit, plastik, dan lain-lain.

4. Mesin Pemotong Plasma CNC

Plasma Cutting CNC Machine melakukan pemotongan dengan bahan konduktif listrik dengan menggunakan uap plasma panas yang dipercepat. Mesin CNC pemotong plasma memiliki fitur torch bertenaga tinggi yang mampu memotong bahan kasar seperti logam.

5. Mesin Laser Cutting CNC 

Laser cutting CNC Machine umumnya dirancang untuk memotong bahan yang keras menggunakan teknologi laser. Mesin CNC laser cutting umumnya menggunakan salah satu dari laser berikut: CO2, Yttrium aluminium garnet atau neodymium.

Metode Dasar Pemrograman Mesin CNC

Terdapat 3 metode dasar dalam pemrograman mesin CNC, yaitu: manual, conversational, dan CAM (Computer Aided Manufacturing).

Pada pemrograman manual, operator memasukkan kode secara manual. Metode ini dapat memakan waktu yang lama dan membutuhkan pengetahuan mendalam tentang bahasa pemrograman.

Metode conversational melibatkan fungsi grafis, berbasis menu, cepat dan mudah untuk menghasilkan program langsung di mesin. Pemrograman ini paling baik dilakukan ketika program harus dibuat saat mesin sedang dalam pengaturan.

Pemrograman sistem CAM mirip dengan metode conversational, tetapi lebih maju. Sistem CAM paling baik digunakan ketika ada berbagai mesin untuk diprogram dan pekerjaan cukup kompleks (sehingga sulit untuk memprogram secara manual). 

Kapan Mesin CNC Digunakan?

Mesin CNC telah dirancang untuk digunakan dalam proses produksi berbagai macam bahan, termasuk logam, kaca, plastik, kayu, foam, dan komposit. 

Pemesinan CNC dapat menjadi metode produksi yang sesuai untuk sejumlah industri, termasuk otomotif, konstruksi, dirgantara, dan pertanian, dan mampu menghasilkan berbagai produk, seperti rangka mobil, mesin pesawat, peralatan bedah, roda gigi, dan perkakas. 

Distributor Mesin CNC di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mesin CNC di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mesin Anda di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.