Mesin CNC - Jenis dan Contoh CNC Machine Terbaik

July 06, 2022   |   In Machinery

CNC (Computer Numerical Control) adalah proses dimana perangkat lunak komputer diprogram menentukan pergerakan mesin dan peralatan pabrik, sehingga memainkan peran penting dalam industri manufaktur. 

Proses manufaktur tersebut digunakan untuk mengontrol berbagai macam mesin yang kompleks, yang akan dibahas dalam artikel ini.

Contoh - Contoh Mesin CNC

1. Pao Fong CNC Milling Machine PF8SCNC

2. Annn Yang CNC Lathe Bed Type DY-350-510C

3. Annn Yang CNC Lathe Machine DY-530-730C X

4. MEP Shark 660 CNC HS 4.0 Automatic Bandsaw

Apa Itu Mesin CNC?

Mesin CNC (CNC Machine) adalah semua mesin yang dikendalikan oleh komputer dan memberikan tingkat efisiensi, akurasi, dan konsistensi yang tidak mungkin bisa dicapai melalui proses manual. 

Dengan mesin CNC, produsen dapat memproduksi suku cadang (part) dalam waktu yang lebih singkat dan mengurangi pemborosan, tanpa adanya resiko kesalahan dari operator (human error).

Perbedaan Mesin CNC dan Mesin NC

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara Mesin CNC (Computer Numerical Control) dan Mesin NC (Numerical Control).

Mesin CNC

Mesin NC

Bekerja pada sumbu X-Y-Z.

Bekerja pada sumbu XY dan garis lurus.

Lebih fleksibel.

Kurang fleksibel.

Waktu operasi lebih cepat.

Waktu operasi lebih lama.

Sistem berbasis perangkat lunak.

Sistem berbasis perangkat keras.

Lebih mahal.

Lebih murah.

Memiliki akurasi yang tinggi.

Memiliki akurasi yang lebih rendah.

Bekerja pada kode G dan M.

Hanya bekerja pada angka, simbol dan huruf.

Dibutuhkan operator dengan pengetahuan tentang sistem komputer.

Dibutuhkan operator yang sangat terampil untuk bekerja pada mesin NC.

Bagaimana Mesin CNC Bekerja?

Mesin CNC sangat bergantung pada pemrograman. Seorang programmer harus memasukkan kode yang benar dan memastikan kode tersebut berfungsi dengan baik. 

Bahasa di balik mesin CNC ini dikenal sebagai G-Code. Kebanyakan mesin manufaktur memiliki kode untuk mendikte 1 atau 2 fungsi, namun G-Code secara signifikan lebih kompleks dari ini.

G-Code akan mengontrol berbagai perilaku di mesin CNC, termasuk kecepatan, laju umpan, dan koordinasi. Setelah G-Code ditulis dan dimasukkan ke dalam mesin, operator sudah tidak diperlukan lagi karena kode akan melakukan semua proses pengerjaannya sendiri.

Jenis - Jenis Mesin CNC

Mesin CNC dibagi ke beberapa jenis atau konfigurasi, yaitu: 

1. Mesin Bubut CNC

CNC Lathe Machine adalah mesin bubut (lathe machine) yang dirancang untuk memotong material logam secara otomatis melalui program komputer. Artinya, pergerakan material pada mesin bubut CNC ditentukan oleh instruksi berkode yang dimasukkan melalui komputer. 

Mesin bubut CNC dapat bekerja lebih cepat dan lebih efisien daripada mesin bubut manual. Mesin bubut CNC tersedia dalam konfigurasi bench type, horizontal, vertikal, bed type, dan lain-lain. Mesin bubut CNC juga dapat beroperasi dengan presisi sehingga dapat digunakan untuk membuat bagian yang rumit seperti pembuatan senjata api, elektronik, dan peralatan medis.

2. Mesin Frais CNC 

CNC Milling Machine adalah mesin milling yang dirancang untuk mengerjakan benda kerja menggunakan pemotong silinder yang berputar untuk bergerak di sepanjang sumbu dengan dipantau oleh kontrol komputer numerik. 

Sebagian besar CNC milling machine beroperasi pada tiga hingga lima sumbu sehingga hasil yang didapat lebih presisi dan detail yang dibutuhkan oleh industri kedirgantaraan, pabrik elektronik, dan medis.

CNC Milling Machine tersedia dalam konfigurasi vertikal dan horizontal. Jenis CNC milling machine vertikal biasanya memiliki cutting tools (alat potong) yang panjang dan tipis, sedangkan jenis CNC milling machine horizontal memiliki cutting tools yang lebih pendek dan tebal.

3. Mesin Router CNC

Mesin router CNC adalah mesin router yang menghadirkan otomatisasi CNC untuk mendukung operasi router normal. Router CNC Machine biasa digunakan untuk dapat membantu dalam pemotongan baja, kayu, aluminium, komposit, plastik, dan lain-lain.

Mirip seperti mesin milling CNC, mesin router CNC dapat menghasilkan bentuk yang presisi dan kompleks dengan berbagai bit router yang bergerak sepanjang tiga sumbu—X (depan ke belakang), Y (kiri ke kanan), dan sumbu Z (atas dan bawah).

Mesin router CNC menawarkan keserbagunaan dan pengulangan, artinya Anda dapat menggunakan mesin router CNC untuk berbagai aplikasi industri, seperti untuk pembuatan furniture, pembuatan prototipe, pembuatan komponen, dan tugas umum lainnya.

4. Mesin Pemotong Plasma CNC

Mesin plasma cutting CNC adalah mesin plasma cutting yang melakukan pemotongan logam menggunakan uap plasma panas yang dikendalikan dari komputer. Mesin plasma cutting CNC memiliki fitur torch bertenaga tinggi yang mampu memotong bahan kasar seperti logam. Mesin plasma cutting CNC juga tersedia dalam ukuran, harga, dan fungsionalitas yang bervariasi. 

Mesin plasma cutting CNC beroperasi dengan memaksa gas atau udara terkompresi dengan kecepatan tinggi melalui nosel (nozzle), membentuk gas atau plasma yang terionisasi dan menyebabkan logam terpotong. Mesin CNC plasma cutting sangat akurat dan memotong dengan cepat, mengiris logam dengan kecepatan hingga 500 inci per menit.

5. Mesin Laser Cutting CNC 

Laser cutting CNC Machine umumnya dirancang untuk memotong bahan yang keras menggunakan teknologi laser. Laser cutting CNC dioperasikan secara non-kontak berbasis termal. 

Laser cutting CNC menggunakan gas terkompresi (juga mengalir melalui nozzle yang mengeluarkan sinar laser) untuk mendinginkan lensa pemfokusan (focusing lens) dan mengeluarkan logam yang menguap keluar dari benda kerja.

Laser cutting CNC biasanya dikategorikan berdasarkan keadaan media laser aktif (padat, cair, atau gas) dan komponen media laser aktif (misalnya, CO2, Nitrogen, dll.). Contoh laser cutting CNC yang paling umum digunakan yaitu seperti CNC CO2 laser cutter, CNC crystal laser cutter, CNC fiber laser cutter.

Metode Dasar Pemrograman Mesin CNC

Terdapat 3 metode dasar dalam pemrograman mesin CNC, yaitu: manual, conversational, dan CAM (Computer Aided Manufacturing).

Pada pemrograman manual, operator memasukkan kode secara manual. Metode ini dapat memakan waktu yang lama dan membutuhkan pengetahuan mendalam tentang bahasa pemrograman.

Metode conversational melibatkan fungsi grafis, berbasis menu, cepat dan mudah untuk menghasilkan program langsung di mesin. Pemrograman ini paling baik dilakukan ketika program harus dibuat saat mesin sedang dalam pengaturan.

Pemrograman sistem CAM mirip dengan metode conversational, tetapi lebih maju. Sistem CAM paling baik digunakan ketika ada berbagai mesin untuk diprogram dan pekerjaan cukup kompleks (sehingga sulit untuk memprogram secara manual). 

Kapan Mesin CNC Digunakan?

Mesin CNC telah dirancang untuk digunakan dalam proses produksi berbagai macam bahan, termasuk logam, kaca, plastik, kayu, foam, dan komposit. 

Pemesinan CNC dapat menjadi metode produksi yang sesuai untuk sejumlah industri, termasuk otomotif, konstruksi, dirgantara, dan pertanian, dan mampu menghasilkan berbagai produk, seperti rangka mobil, mesin pesawat, peralatan bedah, roda gigi, dan perkakas. 

Distributor Mesin CNC di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mesin CNC di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mesin Anda di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.