Mesin Scan Pengukur Optik Untuk Ukur Dimensi Part Industri

November 10, 2023   |   In Measurement

sylvac scan

Apa itu Mesin Scan Pengukur Optik?

Mesin scan pengukur optik atau optical measuring scanner machine merupakan mesin canggih yang didesain khusus untuk mengukur dan memeriksa dimensi berbagai komponen atau part manufaktur, termasuk suku cadang mesin, alat-alat presisi, dan berbagai komponen industri lainnya.

Mesin pengukur optik melakukan pemindaian optik pada komponen atau part industri, menghasilkan gambar yang diperbesar, dan menampilkan dimensi yang terukur secara akurat. 

Cara Kerja Mesin Scan Pengukur Optik

Mesin scan pengukur optik bekerja dengan menggunakan teknologi optik, melalui metode proyeksi garis cahaya, pemindai profil, atau pemindai laser. Dalam proses ini, cahaya (baik berupa illuminator LED atau sinar laser) dipancarkan ke objek yang akan diukur. Kemudian, sensor optik akan mengukur interaksi cahaya tersebut dengan permukaan objek. 

Perangkat lunak khusus kemudian menghitung dimensi dan fitur objek yang diukur. Hasilnya adalah output pengukuran dengan akurasi tinggi, bahkan pada objek yang memiliki bentuk yang kompleks sekalipun. Sistem rotasi yang terintegrasi memungkinkan pengukuran kesalahan bentuk seperti runout dan silindrisitas.

Cara Memilih Mesin Scan Pengukur Optik Yang Tepat

Memilih mesin scan pengukur optik yang tepat adalah hal penting dalam lingkup manufaktur dan inspeksi kualitas. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan saat memilih mesin scan pengukur optik yang sesuai.

1. Kebutuhan aplikasi

Tentukan tujuan penggunaan mesin scan pengukur optik. Apakah untuk mengukur dimensi komponen, inspeksi kualitas, pemindai 3D, atau tugas lainnya. Dan cari tahu spesifikasi yang harus dipenuhi, seperti akurasi, resolusi, kecepatan, dan kualitas gambar yang dibutuhkan.

2. Jangkauan Pengukuran

Pastikan mesin scan dapat menjangkau ukuran, berat, dan bentuk komponen yang akan Anda ukur. Pertimbangkan juga apakah mesin dapat mengukur objek datar atau kompleks dengan fitur berbeda-beda.

Sylvac SCAN Optical Measuring

Sylvac SCAN

Kami menawarkan produk Sylvac-SCAN sebagai solusi yang tepat untuk kebutuhan pengukuran dan inspeksi komponen industri di perusahaan Anda. Dengan kinerja yang tinggi, kemudahan penggunaan, pengukuran non kontak, mesin Sylvac SCAN dapat memindai berbagai part secara 2D dengan cepat dan akurat.

Untuk mendukung pengoperasian, Sylvac SCAN sudah disertai dengan PC dan software Reflex SCAN. Software ini mudah untuk dioperasikan dan memungkinkan pengukuran part tanpa perlu pemrograman sebelumnya. 

Contoh Produk Sylvac SCAN 

1. Sylvac Vertical Optical Measuring Scan S25T

Sylvac Vertical Optical Measuring Scan S25T

Mesin pengukur optik vertikal digunakan untuk melakukan pengukuran statis dan dinamis pada komponen silinder berukuran kecil. Mesin ini mampu mengukur komponen dengan panjang maksimal hingga 200 mm dan diameter 26 mm, dengan resolusi hingga 0,0001 mm.

2. Sylvac Non-Contact Optical Measuring Scan F60

Sylvac Non-Contact Optical Measuring Scan F60

Mesin scan pengukur optik vertikal yang bekerja dengan prinsip drop shadow. Mesin ini dilengkapi dengan sistem kemiringan heliks eksklusif, yang memungkinkan pemindaian 2D dalam waktu kurang dari 3 detik. Dan memiliki kemampuan untuk mengukur komponen dengan panjang maksimal hingga 300 mm dan diameter 60 mm, dengan resolusi hingga 0,0001.

3. Sylvac Optical Vertical Measuring Scan F60L

Sylvac Optical Vertical Measuring Scan F60L

Mesin scan pengukur optik vertikal yang serupa dengan F60, tetapi dalam versi panjang. Mesin ini memiliki kemampuan untuk mengukur komponen dengan panjang maksimal hingga 500 mm dan diameter 64 mm, dengan resolusi hingga 0,0001.

Distributor Mesin Scan Pengukur Optik di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi produk mesin scan pengukur optik brand Sylvac di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mesin pengukur optik di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube,  Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.