Mengapa Vernier Caliper Banyak Digunakan?

September 01, 2022   |   In Measurement

Vernier caliper

Banyak jenis alat ukur yang digunakan pada industri, salah satunya adalah kaliper. Caliper juga dibedakan menjadi 2 jenis, yakni digital caliper dan vernier caliper. Pada artikel kali ini kita akan membahas vernier caliper dengan lengkap.

Apa itu Vernier Caliper?

Vernier caliper (jangka sorong) adalah alat ukur kaliper yang hasil pengukurannya diinterpretasi dari skala oleh penggunanya. Kaliper ini memiliki 2 skala, skala utama yang tetap dan skala vernier yang bergerak. Kedua skala tersebut saling berkaitan dan mendukung keakuratan data yang didapat.

Vernier caliper

Fungsi Vernier Caliper

Kaliper berfungsi untuk mengukur dimensi benda kerja seperti ketebalan, diameter eksternal, diameter internal, panjang, dan lebar dari suatu part.

Beberapa kaliper vernier juga dilengkapi dengan tongkat tipis (depth rod) di bagian ujungnya yang berfungsi untuk mengukur kedalaman lubang atau celah pada part.

Range Resolusi dan Toleransi Vernier Caliper

Kapasitas maksimum jangka sorong ditentukan oleh perbedaan antara pembacaan pengukuran terbesar dan terkecil. Jangka sorong biasanya memiliki jangkauan 300 mm. Namun, jangka sorong dengan rentang yang lebih kecil juga tersedia di pasaran.

Kaliper vernier imperial biasanya memiliki resolusi 0,001 inci, sedangkan untuk jenis kaliper vernier metrik bisa bervariasi (0,02 mm hingga 0,05 mm).

Jangka sorong biasanya digunakan untuk menghitung pembacaan pengukuran toleransi rendah. Pembacaan pengukuran toleransi rendah memberikan hasil yang andal dan akurat, karena kemungkinan kesalahannya lebih kecil. Secara umum, toleransi kaliper vernier adalah sekitar ±0,03mm (±0,0015 in). 

Mengapa Anda Membutuhkan Vernier Caliper?

Dengan vernier caliper, Anda dapat mengukur dimensi internal dan eksternal dan bahkan ketinggian suatu objek dengan lebih akurat daripada skala normal. Ukuran yang dapat diukur dengan jenis kaliper ini dapat mencapai 0,01 cm. Oleh karena itu, kaliper vernier lebih disukai ketika Anda harus melakukan pengukuran hingga 0,01 cm.

Perbedaan Dial Caliper dan Vernier Caliper

Dial Caliper dan Vernier Caliper

Dial caliper dan vernier caliper memberikan pengukuran dengan akurasi yang sama namun tampilan hasil pengukurannya berbeda.

Hasil pengukuran dial caliper didapat dengan membaca skala pada dial indicator yang ditunjukkan oleh jarum. Sedangkan hasil pengukuran kaliper vernier didapat dengan membaca skala utama dan skala vernier.

Bagi sebagian orang, hasil pengukuran dengan dial caliper lebih mudah untuk dibaca. Namun, banyak pula yang memilih kaliper vernier karena jauh lebih fleksibel di kondisi kerja manapun.

Cara Membaca Vernier Caliper

Cara membaca kaliper vernier adalah dengan menjumlahkan pembacaan skala utama dengan pembacaan skala vernier. Selengkapnya dapat Anda baca di artikel cara membaca kaliper.

Contoh Produk Vernier Caliper yang Dijual di Indonesia

1. Moore & Wright Workshop Vernier Caliper 100 Series

Moore & Wright Workshop Vernier Caliper 100 Series

2. Moore & Wright Large Workshop Vernier Caliper 150 Series

Moore & Wright Large Workshop Vernier Caliper 150 Series

Distributor Vernier Caliper di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi kaliper vernier di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan alat ukur di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.