Alat Untuk Memeriksa Pinhole Atau Holiday Detector Dalam Inspeksi Coating

January 10, 2024   |   In NDT

pinhole detector

Apa itu Pinhole atau Holiday?

Pinhole atau Holiday pada Coating

Dalam konteks pelapisan (coating), “pinhole” atau “holiday” adalah keadaan dimana terdapat lubang-lubang kecil atau celah kekosongan pada lapisan cat atau coating yang dapat mempengaruhi kualitas dan fungsionalitas pelapisan tersebut. Ukuran pinhole bisa sangat kecil, yang mungkin tidak terlalu terlihat secara visual. 

Pinhole atau holiday dapat disebabkan karena banyak faktor, seperti kesalahan aplikasi, ketidaksempurnaan permukaan yang dilapisi, goresan, kontaminasi, atau proses coating yang tidak merata. 

Mengapa Pinhole (Holiday) Pada Coating Perlu Dideteksi?

Proses deteksi pinhole / holiday sangat penting dilakukan dalam inspeksi coating. Jika ada bagian dengan coating yang tipis, bercelah, atau hilang (yang disebut pinhole atau holiday), hal ini bisa membuat pelapisan tidak efektif.

Jika pinhole tidak diatasi, maka dapat mengurangi umur coating secara drastis, menyebabkan korosi dan memungkinkan masuknya bahan yang dapat merusak substrat.

Bahkan di area di mana ketebalan cat sudah cukup, pinhole atau holiday bisa saja terjadi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menginspeksi coating yang sudah kering dengan menggunakan alat deteksi porositas listrik untuk menemukan pinhole dan mencegah kegagalan pelapisan (coating failure).

Fungsi Pinhole / Holiday Detector

Pinhole atau Holiday Detector

Pinhole detector / holiday detector adalah alat non-destruktif yang digunakan untuk mendeteksi ketidaksempurnaan lapisan coating, termasuk holiday, pinhole, dan retakan. Alat ini dikenal juga dengan sebutan porosity detector, holiday tester, continuity tester, dan leak detector.

Mendeteksi pinhole atau holiday dapat dilakukan pada pelapisan yang tidak bersifat konduktif yang diterapkan pada substrat logam maupun beton. Meskipun beton jauh kurang konduktif dibandingkan logam, namun tetap memiliki tingkat konduktivitas yang sedikit karena kandungan kelembapan, dan dapat membawa arus yang cukup untuk memungkinkan holiday detector berfungsi. 

Jenis Pinhole / Holiday Detector

DeFelsko menawarkan 2 jenis detektor porositas dengan tegangan rendah dan tinggi. Instrumen ini dirancang sesuai dengan standar ASTM, NACE, ISO, dan standar lainnya untuk mendeteksi holiday. 

1. Detektor Pinhole Tegangan Rendah

Pinhole detector tegangan rendah (PosiTest LPD) umumnya digunakan pada lapisan coating dengan ketebalan kurang dari 500 µm (20 mils). 

2. Detektor Holiday Tegangan Tinggi

Detektor holiday dengan tegangan tinggi (PosiTest HHD & PosiTest HHD C) umumnya digunakan pada lapisan coating dengan ketebalan total 200 µm (8 mils) atau lebih.

Rentang pinhole detector defelsko

*Catatan: Rentang rendah dari PosiTest HHD bervariasi sesuai dengan standar.

Contoh Produk DeFelsko Pinhole / Holiday Detector

1. DeFelsko PosiTest LPD

DeFelsko PosiTest LPD

DeFelsko PosiTest LPD Low Voltage Pinhole Detector dirancang untuk mendeteksi kecacatan pada lapisan coating dengan ketebalan hingga 20 mils (500 µm). Alat ini dilengkapi dengan 4 tombol pemilihan tegangan (9-90 V) yang sesuai dengan sebagian besar standar dan spesifikasi.

Dalam penggunaannya, operator menggerakkan spons yang dibasahi, di atas permukaan yang dilapisi, dan saat menemui pinhole, arus mengalir dari spons ke substrat di bawahnya. Arus kembali ke detektor melalui kabel tanah, memicu alarm suara dan visual.

2. DeFelsko PosiTest HHD 

DeFelsko PosiTest HHD

DeFelsko PosiTest HHD High Voltage Holiday Detector beroperasi pada tegangan tinggi (hingga 35.000 V) menggunakan teknologi pulsa DC. Instrumen ini cocok untuk mendeteksi cacat pada lapisan coating dengan ketebalan 8 mils (200 μm) atau lebih. 

Prinsip kerja alat ini mirip dengan detektor tegangan rendah. Elektroda yang terisi listrik digerakkan di atas coating, dan ketika menemui holiday, arus mengalir ke substrat di bawahnya. Arus kembali ke detektor melalui kabel tanah, menyelesaikan sirkuit dan memicu alarm suara dan visual. Instrumen ini dapat digunakan dalam konfigurasi stick secara langsung atau dalam konfigurasi bahu (shoulder-carried).

3. DeFelsko PosiTest HHD C

DeFelsko PosiTest HHD C

PosiTest HHD C High Voltage Holiday Detector adalah alat detektor holiday bertegangan tinggi (hingga 30.000V) dengan teknologi DC berkelanjutan. Instrumen ini dirancang khusus untuk mendeteksi cacat pada pelapisan bawah lapisan pelapis (coating) konduktif seperti pelapisan cat inti atau dasar.

Kemampuannya untuk bekerja di bawah lapisan pelapis konduktif ini merupakan keunikan yang membedakan PosiTest HHD C dengan PosiTest HHD. 

Distributor DeFelsko di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi produk DeFelsko untuk memenuhi setiap aplikasi inspeksi coating. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan alat ukur dan alat inspeksi di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.