Keunggulan Laser Cleaning Jika Dibandingkan Dengan Sand Blasting

October 27, 2022   |   In Machinery

laser cleaning atau sand blasting

Proses pembersihan (cleaning) umum dilakukan oleh para engineer untuk tujuan aplikasi yang beragam, contohnya menghilangkan karat dan coating. Terdapat beberapa metode yang digunakan untuk tujuan pembersihan material, diantaranya Laser Cleaning dan Sand Blasting.

Namun, jika dibandingkan antara laser versus sandblasting, metode manakah yang lebih baik dan efisien untuk proses operasional Anda? Berikut perbedaan dari keduanya.

Apa itu Laser Cleaning?

Laser cleaning (laser rust removal) adalah metode untuk menghilangkan atau membersihkan kontaminan pada permukaan suatu benda kerja secara non-kontak dan non-destruktif (tidak merusak), serta tidak memerlukan media abrasif atau bahan kimia. 

Mesin laser cleaning

Fungsi Mesin Laser Cleaning

Dengan menggunakan mesin laser cleaning, Anda dapat membersihkan lapisan karat (rust) pada logam, kotoran minyak, lapisan cat (coating), debu, lapisan oksida, las (weld seam), dan kotoran pada karet ban. 

Selain untuk membersihkan kontaminan, mesin laser cleaning juga dapat digunakan pada saat coating preparation, welding / brazing preparation, dan proses persiapan material lainnya.

Berikut ini adalah contoh penggunaan mesin laser cleaning pada berbagai jenis material:

Contoh hasil laser cleaning

Apa itu Sandblasting?

Sandblasting (sand blasting) adalah metode untuk menghilangkan kontaminan dari permukaan suatu material dengan cara menembakkan butiran pasir dengan tekanan tinggi secara paksa ke bagian yang ditargetkan. 

Mesin sandblasting digunakan untuk pembersihan, deburring, coating preparation, dan paint removal. Karena menggunakan tekanan tinggi untuk menghilangkan kontaminan secara paksa, metode sandblasting efektif untuk membersihkan permukaan material yang tebal dengan area permukaan yang luas.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan sandblasting:

sand blasting

Laser Cleaning vs Sandblasting

Laser cleaning dapat digunakan untuk tujuan yang sama seperti sandblasting dalam hal menghilangkan kontaminan. Namun, laser cleaning memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sandblasting.

Sandblasting membutuhkan pasir sebagai media atau bahan utama. Selain itu, pengguna atau operator mesin sandblasting perlu menggunakan alat pelindung diri (APD) dan ruangan khusus serta pengerjaannya perlu dilakukan dengan sangat hati-hati agar debu pasir yang timbul tidak mengenai kulit, masuk ke mata, mulut, atau terhirup ke paru-paru. 

Sedangkan laser cleaning tidak membutuhkan bahan apapun untuk membersihkan material serta tidak menghasilkan limbah karena kontaminan yang dibersihkan akan menguap setelah mengenai sinar laser. Namun pengguna atau operator mesin laser cleaning tetap perlu menggunakan kacamata laser dan sarung tangan untuk menghindari radiasi dari sinar laser.

Kelebihan lainnya dari mesin laser cleaning adalah tidak menyebabkan keausan pada lapisan kerja Anda. Cahaya sinar laser tidak merusak lapisan kerja Anda, tetapi hanya pada lapisan terkontaminasi di atasnya. Sedangkan pada proses sandblasting, butiran pasir yang tajam bisa mempengaruhi kerusakan pada lapisan kerja Anda.

Contoh Produk Mesin Laser Cleaning

  1. MRJ-Laser 2000W Continuous Laser Cleaning Machine With Dual Optic Beam

MRJ-Laser 2000W Laser Cleaning Machine

  1. MRJ-Laser 500W Fiber Laser Cleaning Machine for Rust Removal

MRJ-Laser 500W Fiber Laser Cleaning Machine

  1. MRJ-Laser 200W Rust Removal Portable Laser Cleaning Machine

MRJ-Laser 200W Portable Laser Cleaning Machine

Distributor Mesin Laser Cleaning di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor mesin laser cleaning di Indonesia. Jika Anda ingin berdiskusi seputar kebutuhan mesin laser cleaning di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.