Cara Memilih Mesin Bandsaw Horizontal

September 08, 2022   |   In Sawing

mesin bandsaw horizontal

Mesin bandsaw (gergaji pita) terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu mesin bandsaw horizontal dan mesin bandsaw vertikal. Pada artikel ini, kita akan membahas horizontal bandsaw dan bagaimana cara memilih mesin bandsaw horizontal yang tepat.

Contoh Produk Horizontal Bandsaw

1. Behringer Semi-Automatic Horizontal Bandsaws HBE560

Behringer Semi-Automatic Horizontal Bandsaws HBE5602. Rong Fu 8″ Metal Bandsaw RF-812N

Rong Fu 8″ Metal Bandsaw RF-812N

3. DoALL C-8056NC Utility Line NC Bandsaw

DoALL C-8056NC Utility Line NC Bandsaw

4. MEP Shark 281 Manual Bandsaw

MEP Shark 281 Manual Bandsaw

 

Apa itu Horizontal Bandsaw

mesin bandsaw horizontal

Horizontal bandsaw machine adalah mesin gergaji dengan bentuk blade atau bilah yang panjang dan bergigi. Mesin bandsaw ini dapat digunakan untuk memotong logam besar dengan bentuk yang beragam.

Dengan horizontal bandsaw, Anda dapat melakukan pemotongan dengan cepat. Hal ini karena prinsip kerjanya yang menggerakkan blade secara terus menerus secara horizontal dan memotong material logam secara vertikal ke bawah dengan sudut yang tetap.

Apakah Anda Membutuhkan Horizontal Bandsaw?

Di pasaran, terdapat beberapa opsi alat yang dapat digunakan untuk memotong logam selain mesin gergaji pita, yaitu plasma atau gas cutter dan laser cutter. Namun, mesin horizontal band saw adalah pilihan yang lebih tepat karena memiliki beberapa keunggulan berikut ini:

1. Pemotongan presisi dan cepat

Gergaji pita horizontal dilengkapi dengan vise clamp yang berfungsi mempertahankan sudut pemotongan material logam. Dengan memilih jenis bandsaw blade yang tepat, Anda dapat menghasilkan chip yang seragam. Selain itu, Anda juga dapat mengatur tingkat kecepatan blade sehingga hasil lebih optimal.

2. Mudah untuk digunakan

Gergaji pita horizontal hadir dalam 3 jenis yaitu tipe manual, semi-otomatis dan otomatis sehingga dapat dipilih dengan memperhitungkan tujuan pemotongan dan tingkat potensi bahaya operasional atau resiko cedera bagi operator mesin.

Perbedaan Horizontal Bandsaw dan Vertikal Bandsaw

Perbedaan mesin bandsaw horizontal dan mesin bandsaw vertikal

Perbedaan antara mesin band saw horizontal dan mesin band saw vertikal terletak pada blade atau bilahnya. Blade pada mesin bandsaw vertikal dipasang secara vertikal pada posisi tetap. Sedangkan pada mesin bandsaw horizontal, blade dipasang pada lengan (arm) yang bergerak.

Mesin bandsaw horizontal adalah pilihan yang tepat untuk memotong logam keras dan padat seperti material pipe, metal rod, flat bar, dan bentuk logam lainnya. Sedangkan bandsaw vertikal adalah lebih cocok untuk pemotongan lembaran logam atau logam lunak, contohnya untuk tujuan curve cutting atau scroll cutting. 

Faktor-Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Horizontal Bandsaw

1. Ukuran mesin dan kapasitas pemotongannya

Ukuran mesin dan kapasitas potongan bandsaw

Saat memilih mesin bandsaw, penting untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan material yang dipotong. Misalnya, material yang ingin dipotong berdiameter 150 mm dan mesin Rong Fu RF-812 memiliki kapasitas pemotongan 200 mm pada sudut 0° dan 127 mm pada sudut 45°. 

Sebaiknya perkiraan ukuran material Anda dibuat sedikit lebih tinggi agar ketika memilih ukuran mesin, kapasitas potongannya tidak terlalu pas-pasan yang kemudian berpotensi menghambat proses pemotongan.

2. Sistem operasi mesin

Sistem operasi mesin bandsaw

Saat membeli mesin gergaji pita, penting untuk menentukan apakah Anda memerlukan mesin manual, mesin hydraulic lift, mesin semi-otomatis atau mesin yang sepenuhnya otomatis. 

Selain berpengaruh pada harga mesin, juga mempengaruhi lama proses pengerjaan. Mesin yang lebih mahal akan terangkat secara otomatis setelah pemotongan, sehingga menghemat waktu dan tenaga Anda jika workshop Anda memiliki produktivitas yang sangat tinggi.

3. Pemotongan Miter

Mitre cutting bandsaw

Untuk beberapa proyek fabrikasi, fitur pemotongan miter atau mitre cutting akan membantu memberi Anda hasil yang lebih profesional. Terdapat bermacam-macam gergaji miting horizontal. 

Mesin bandsaw dengan pemotongan miter tunggal (single mitre cutting) dapat memotong pada sudut  ke arah positif (+30°, +45°, dan lain-lain). Sedangkan pemotongan miter ganda (dual mitre cutting) adalah fitur yang tepat untuk pemotongan yang harus dilakukan pada bahan non-simetris. Dual mitre bandsaw dapat memotong ke arah positif dan negatif (+60°, +45°, +30°, -30°, -45°, dan lain-lain).

4. Kecepatan Bandsaw Blade

Kecepatan Bandsaw Blade

Kecepatan blade sangat penting dalam menentukan mesin bandsaw yang Anda butuhkan. Mesin yang lebih murah umumnya memiliki 2 jenis kecepatan yaitu kecepatan lambat (±35 m per menit) dan kecepatan cepat (±70 m per menit). Kecepatan ini dapat diterapkan untuk material stainless steel dan mild steel. 

Namun, jika Anda memotong berbagai macam material, Anda sebaiknya memilih mesin dengan variator sehingga kecepatan blade dapat disesuaikan dengan jenis material logam yang dipotong.

Video Review Mesin Bandsaw Horizontal Behringer HBE 321

Silahkan simak video review mesin bandsaw horizontal Behringer HBE 321 yang dilakukan oleh tim kami.

 

Distributor Mesin Bandsaw di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mesin bandsaw di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mesin band saw di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.