Mesin Bandsaw - Pengertian, Fungsi dan Jenis Bandsaw Yang Sering Digunakan

July 27, 2021   |   In Sawing


Mesin Bandsaw adalah peralatan yang sangat umum digunakan dalam industri pertukangan. Namun sebelum memilih sebuah bandsaw, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu informasi penting tentang kegunaan dan jenis-jenisnya pada artikel ini. Dari sini, Anda akan mendapatkan konsep yang jelas mengenai bandsaw.

Simak artikel ini dan dapatkan informasi lengkap mengenai bandsaw.

Contoh Produk Mesin Bandsaw

1. Behringer Mitre Bandsaw HBP Series

 

Behringer mitre bandsaw adalah mesin bandsaw serbaguna yang sempurna untuk semua jenis operasi penggergajian yang memerlukan pemotongan pada profil baja, bahan yang terputus, miring dan bergelombang. Bandsaw ini dapat disesuaikan untuk pemotongan dua arah antara sudut 90° hingga 45°, dan bahkan untuk sudut lancip 30°. 

Model Behringer semi-otomatis bekerja dengan menempatkan tanda pada material secara manual dengan bantuan laser garis. Prosedur ini direkomendasikan untuk pemotongan dengan panjang objek yang sering berubah.

2. Rong Fu Light Bandsaw RF-812N

 

Rong Fu Band Saw RF-812N dirancang untuk pemotongan yang ringan seperti objek berukuran kecil. Bandsaw ini dirancang dengan total berat 200 kg dan sangat berguna untuk memotong bentuk logam yang tidak beraturan atau melengkung. Anda juga dapat membuat pemotongan lurus dan pemotongan sudut hingga 45° dengan mesin ini.

3. DoALL DS-600SA Dual-Miter Semi-Automatic Bandsaw

 

DoALL bandsaw dirancang untuk pemotongan objek secara lurus dan miring. Pemotongan yang dihasilkan mampu mencapai sudut 60°. Pembacaan sudut dilakukan secara digital sehingga mempermudah verifikasi sudut pemotongan dengan tepat. 

DoALL DS-600SA dikategorikan ke dalam jenis bandsaw horizontal sehingga sangat ideal untuk bengkel fabrikasi, fasilitas perbaikan dan pabrik manufaktur untuk pemotongan pipa dengan bentuk struktural dan padatan yang besar. 

4. Rong Fu Portable Band Saw RF-150

 

Rong Fu Band Saw RF-150 dirancang dengan berat total 37kg yang berfungsi untuk memotong bentuk objek yang tidak beraturan atau melengkung, namun juga dapat membuat potongan lurus.

Bandsaw ini sangat disukai oleh banyak pekerja di bidang pembuatan alat dan pengerjaan kayu. Anda dapat dengan mudah mengatur radius minimum kurva yang dapat dipotong dengan pemilihan pisau, lebar pita dan garisannya. 

5. MEP Shark 281 SXI EVO

 

SHARK 281 SXI EVO adalah mesin gergaji pita elektro-hidraulik semi-otomatis yang berfungsi untuk memotong dari 0° hingga 60° ke kiri. Mesin dengan mikroprosesor sumbu tunggal yang dikendalikan dengan pengontrol generasi terbaru untuk mesin gergaji semi-otomatis yang dirancang oleh MEP.

Beroperasi dalam siklus semi-otomatis, melalui tombol “Down” maka blade (pisau) akan otomatis berhenti setelah pemotongan selesai dengan posisi tertutup, dan dengan menekan tombol “Up” kepala mesin akan terangkat kembali ke titik awal dan terbuka.

 

Apa itu Mesin Bandsaw?

Bandsaw atau sering juga disebut dengan gergaji pita adalah alat pemotong dengan pisau panjang yang terdiri dari lembaran logam bergigi. Bandsaw memiliki dua atau tiga roda yang berputar secara terus menerus tanpa henti pada bidang yang sama.

Roda-roda ini kemudian menggerakkan pisau untuk memotong objek. Pisau pada bandsaw dapat memotong plastik, kayu dan bahkan logam, tergantung pada jenis pisau yang digunakan.

Gergaji pita dibuat dalam berbagai bentuk dengan menyesuaikan ukuran objek yang dipotong dan kecepatan mesin.

Hal ini memungkinkan Anda untuk memotong sudut objek berdasarkan fitur dan permukaan bandsaw.

Apa Fungsi Mesin Bandsaw?

Fungsi utama dari bandsaw adalah untuk memotong. Seperti fungsi gergaji pada umumnya, bandsaw digunakan oleh pekerja untuk memotong suatu objek dengan cepat dan efektif.

Gigi yang terdistribusi secara merata pada rodanya memungkinkan Anda mendapatkan potongan yang halus dan seragam, apapun objek potongannya.

Gergaji pita juga bagus untuk memotong bentuk yang tidak beraturan, yang tidak dapat dilakukan dengan gergaji lain.

Posisinya yang tetap (statis), membuatnya mudah untuk mengarahkan kembali kayu ke segala arah dan mencapai potongan yang Anda inginkan.

Fleksibilitas ini juga membuat alat ini dapat memanfaatkan kembali limbah kayu yang tersisa.

Jenis-Jenis Mesin Bandsaw

Bandsaw hadir dengan berbagai bentuk dan jenis. Masing-masing dari jenis ini memiliki ciri khas dan tujuannya masing-masing.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis gergaji pita yang sesuai dengan jenis pemotongan yang Anda inginkan agar dapat mengoperasikannya dengan lancar.

Jenis Mesin Bandsaw Berdasarkan Bentuk dan Ukuran

Berdasarkan bentuk dan ukurannya, bandsaw terbagi menjadi tiga jenis berikut.

1. Vertical Bandsaw 

Bandsaw vertikal adalah jenis bandsaw yang paling umum digunakan memotong objek berbahan keras seperti logam.

Sebagian besar bandsaw vertikal adalah jenis pemotong yang sangat handal dengan hasil transmisi yang presisi dan mulus.

Dengan penggunaan yang tepat dari bandsaw ini, Anda dapat menyelesaikan pemotongan rumit yang tidak dapat dilakukan dengan bandsaw jenis lain.

2. Horizontal Bandsaw 

Bandsaw horisontal umumnya digunakan untuk memotong logam berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. Mesin ini memiliki fungsi serbaguna dengan daya potong yang lebih besar.

Sesuai namanya, prinsip kerja dari horizontal bandsaw adalah pemotongan secara horizontal. Posisi pisau akan memotong objek secara horizontal dan menghasilkan akurasi pemotongan yang baik sehingga cocok digunakan oleh para profesional maupun amatir.

Namun, bandsaw jenis ini kurang direkomendasikan untuk pemotongan yang rumit dan garis lengkung.

3. Portable Bandsaw

Portable bandsaw adalah jenis gergaji pita yang terkenal dengan daya angkut dan bobotnya yang ringan.

Bandsaw jenis ini sangat disukai oleh para pekerja kayu saat bepergian karena prinsipnya yang mudah dibawa.

Seperti saat ingin menebang kayu yang besar, Anda hanya perlu membawa bandsaw ke arah kayu, tanpa harus memindahkan kayu besar tersebut ke mesin bandsaw.

Hal ini membuat pekerjaan berjalan lebih efektif. 

Portabilitasnya bukan satu-satunya fitur yang membuatnya begitu disukai semua pekerja.

Gergaji ini juga cukup mampu untuk memotong bagian tepi, membuat garis melengkung serta mengerjakan jenis potongan yang lebih rumit dan tidak beraturan.

Jenis Mesin Bandsaw Berdasarkan Penggunaannya

Selain berdasarkan bentuk dan ukurannya, gergaji pita juga dibagi berdasarkan pengaplikasiannya. Beberapa diantaranya adalah.

1. Metal Bandsaw

 

 

Metal Bandsaw adalah bandsaw yang dirancang khusus untuk memotong logam yang kuat, namun bentuknya sangat mirip dengan bandsaw kayu biasa. Pisau bandsaw ini diatur pada kecepatan yang lebih rendah agar dapat memotong logam secara efektif. Selain itu, pisau ini juga terdiri dari serangkaian gigi di setiap inci-nya yang membuat pemotongan lebih efisien. 

2. Meat Bandsaw

Pernahkah Anda mengunjungi toko daging dan melihat tukang daging menggunakan alat baja mengkilap untuk memotong daging? Mesin tersebut adalah meat bandsaw (gergaji pita daging).

Biasanya, meat bandsaw dibuat menggunakan baja tahan karat sehingga dapat dipelihara dan dibersihkan dengan mudah. Alat ini digunakan untuk pemotongan daging dan tulang yang tebal.

3. Wood Bandsaw

Wood bandsaw (gergaji pita kayu) adalah pilihan populer di kalangan pekerja kayu amatir dan profesional. Tiga jenis wood bandsaw yang paling umum adalah sebagai berikut.

a. Head saw

Head saw digunakan untuk membuat potongan pertama pada batang kayu. Dengan ruang gigi 2–3 inci, bandsaw ini mampu membuat dampak yang dalam pada kayu. 

b. Resaws

Tugas utama resaw adalah memotong stok menjadi bagian yang lebih kecil.

c. Double cut saw

Sesuai dengan namanya, double cut saw memiliki gigi pemotong di kedua sisi mata pisau bandsaw. Pengaplikasiannya juga efektif terhadap logam dan plastik.

4. Benchtop Bandsaw

 

Sebagian besar pekerja rumahan lebih suka menggunakan bandsaw jenis ini karena proses pemotongannya yang cepat dan mampu mengerjakan ukiran yang rumit. Potongan kayu yang dihasilkan dari bandsaw ini juga berukuran kecil dan ringkas sehingga mengurangi jumlah limbah kayu yang dihasilkan.

Tipe Gigi Pada Bandsaw Blade

Ada beberapa tipe gigi pada bandsaw yang umum di pasaran dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

a. Regular Tooth Bandsaw

Regular-tooth bandsaw blades adalah jenis yang paling umum di pasaran, memiliki gigi lurus dengan jarak yang sama dan gullet yang dalam. Sebagian besar bilah gergaji pita reguler memiliki sudut potong lurus atau 0°. Bilah gergaji pita bergigi biasa digunakan untuk pemotongan tujuan umum pada material tipis. 

b. Hook-tooth bandsaw blades

Hook-tooth bandsaw blades memiliki gullet yang dalam dengan gigi yang lebih besar dengan jarak yang lebar. Seringkali bandsaw ini menampilkan undercut dengan sudut rake 10° positif. Biasanya digunakan untuk membuat potongan yang lebih cepat dan lebih kasar terutama pada plastik, logam, potongan kayu yang lebih tebal, atau kayu keras. 

c. Skip-tooth bandsaw blades

Skip-tooth bandsaw blades memiliki gullet yang dangkal dan jarak gigi yang lebar. Umumnya memiliki gigi 90° dan sudut potong 0°. Sudut tajam pada gullet gigi memungkinkan chip keluar dengan bersih. 

Cara Memilih Bandsaw Blade Yang Tepat

Di pasaran pisau bandsaw (bandsaw blade) datang dalam berbagai ukuran lebar, desain gigi, material dan konfigurasi.

Untuk mendapatkan pisau bandsaw yang tepat untuk Anda, dapat dimulai dengan menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini:

1. Seberapa panjang pisau bandsaw yang Anda butuhkan?

Tergantung dari mesin bandsaw yang Anda gunakan, Anda dapat melihatnya di User's Manual mesin Anda.

2. Seberapa lebar pisau bandsaw yang Anda butuhkan?

Kata lebar disini sebenarnya diturunkan lagi ke dua hal:
Kapasitas maksimal yang dapat ditampung oleh bandsaw machine Anda
Radius minimum yang ingin Anda potong
Jika Anda melakukan re-sawing, cant atau cut-off sawing, gunakan pisau dengan lebar maksimum untuk mesin Anda. Hal ini menjaga potongan tetap bagus dan tidak merusak mata pisau.
Sedangkan jika Anda menggergaji kontur, gunakan pisau yang cukup kecil untuk memotong radius yang diinginkan.

3. Berapa jumlah Teeth Per Inch (TPI) yang Anda butuhkan?

Untuk menentukan TPI, cobalah untuk menemukan balance finish dan feed rate. Pisau dengan gigi lebih banyak memotong lebih lambat namu nhasilnya lebih halus, sebaliknya pisau dengan gigi lebih sedikit memotong dengan lebih cepat namun hasilnya lebih kasar. Untuk keperluan re-sawing dan memotong material yang tebal gunakan pisau bandsaw dengan 2-3TPI. Untuk pemotongan material kayu dengan hasil yang agak kasar, atau lgam dan plastic tipis gunakan pisau bandsaw 4TPI, namun untuk hasil yan ghalus gunakan pisau 14TPI untuk kayu dan 18-32 TPI untuk besi dan plastik.

4. Tipe Gigi pisau manakah yang paling tepat untuk Anda?

Ada 3 model dasar pada pisau bandsaw: regular, skip dan hook

Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel Cara Memilih Bandsaw Yang Tepat

Atau dapat juga melihat video dibawah ini:

 

Review Mesin Bandsaw

Tim kami telah melakukan riview pada salah satu produk mesin bandsaw Behringer HBE 321. Silahkan simak videonya dibawah ini:

 

Distributor Mesin Bandsaw di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah perusahaan distributor produk bandsaw kualitas terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai tipe bandsaw dari brand Behringer, Rong Fu, DoALL dan MEP. 

Selain bandsaw machine, kami juga menyediakan bandsaw blade (pisau gergaji pita) yang dapat di-custom sesuai kebutuhan perusahaan Anda. 

Kami memiliki mesin dan peralatan yang lengkap untuk menyambung gergaji pita yang dioperasikan oleh engineer yang berpengalaman. Sehingga bandsaw blade yang kami hasilkan berkualitas dan tahan lama.

Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai harga produk mesin bandsaw dan bandsaw blade,  jangan ragu untuk menghubungi kami melalui halaman kontak

Kunjungi juga halaman facebook, instagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri.