Mikroskop - Jenis dan Contoh Microscope Terbaik

December 20, 2021   |   In Microscopy

 mikroskop

Mikroskop adalah instrumen yang digunakan untuk memvisualisasikan objek yang sangat kecil atau untuk memberikan gambaran yang kontras dan diperbesar. Sangat dibutuhkan di berbagai bidang, seperti pendidikan, manufakturing, kesehatan dan lainnya.

Microscope juga tersedia dalam berbagai jenis yang dibedakan berdasarkan bentuk dan tujuan penggunaan, dan telah kami rangkum dalam artikel ini. 

Contoh Mikroskop Yang Dijual di Indonesia

1. Euromex Industrial Microscope DZ series 

Euromex Industrial Microscope DZ series

Euromex microscope DZ series adalah mikroskop stereo modular yang menggabungkan ergonomi dengan optik resolusi sangat tinggi. Dirancang untuk mengamati benda kerja dengan perbesaran total 8 - 80x, kemiringan sudut pandang 0° - 35° dan fitur operasi putar yang dapat dikonfigurasi dengan mudah.

2. Dino-Lite Digital Microscope Series

Dino-Lite Digital Microscope Series

Dino-lite digital microscope adalah mikroskop digital portabel yang dirancang untuk memberikan kualitas gambar yang superior dengan perbesaran optik hingga 200x. Mikroskop digital ini juga dilengkapi dengan design yang dapat terhubung dengan HP dan Laptop, baik dengan USB maupun nirkabel (wireless).

3. Vision Engineering Hawk Elite

Vision Engineering Hawk Elite

Hawk Duo microscope dirancang dengan sistem pengukuran non-kontak yang memberikan pengukuran optik akurasi tinggi, praktis, dan video yang otomatis. Mikroskop ini juga dapat melakukan pengukuran yang cepat dan dapat diprogram dengan kontrol 3-axis CNC.

4. Vision Engineering Mantis Elite-Cam HD

Vision Engineering Mantis Elite-Cam HD

Mantis Elite-Cam HD adalah mikroskop stereo dengan teknologi eyepiece-less yang memiliki fitur kamera HD terintegrasi. Mantis memiliki tampilan stereo 3D yang unik dengan perangkat lunak pengambilan gambar dan video ViCapture yang serbaguna, serta kemampuan untuk menambahkan anotasi ke gambar yang diambil. 

5. Euromex Novex Microscope B and B+ Series

Euromex Novex Microscope B and B+ Series

Euromex Novex B & B+ series dioptimalkan untuk pengamatan sampel yang berhubungan dengan ilmu sains. Novex memiliki kepala dengan sudut pandang ergonomis 360° dan dilengkapi dengan tabung miring 30°. Novex B & B+ juga memiliki bentuk yang ringkas dan sederhana sehingga menjadi perangkat yang sangat memadai di laboratorium manapun.

 

Apa Itu Mikroskop?

Mikroskop (microscope) adalah alat optik yang digunakan oleh pengamat untuk dapat melihat struktur suatu objek kecil melalui lensa dengan ukuran pembesaran tertentu. Mikroskop perlu memiliki daya resolusi dan kontras sehingga dapat menampilkan detail gambar yang terlihat bagus. 

Fungsi Mikroskop

Microscope berfungsi untuk melihat, memperbesar, dan menghasilkan gambar dari sebuah objek yang sangat kecil dan halus yang tidak dapat dilihat langsung oleh mata manusia. Contohnya, jaringan dan sel hewan dan tumbuhan, bakteri, retakan atau goresan halus, dan lain sebagainya.

Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk mempermudah pemahaman Anda tentang mikroskop, berikut ini kami rangkum bagian-bagian pada Mikroskop Stereo.

Bagian-bagian mikroskop

Gambar bagian-bagian mikroskop

Sebuah mikroskop terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kepala, lengan, dan dasar. Pada ketiga bagian utama tersebut terdapat bagian-bagian optik dengan fungsinya sendiri-sendiri. Bagian-bagian tersebut adalah:

1. Lensa okuler (eyepiece)

 Lensa okuler atau lensa mata berfungsi untuk melihat sampel. Biasanya, memiliki kekuatan perbesar 10x, namun tersedia pula berbagai opsional mulai dari 5x hingga 30x.

2. Diopter

Diopter berfungsi untuk mengkompensasi perbedaan fokus antara mata kiri dan kanan.

3. Interpupillary distance adjustment

Penyesuaian jarak antara dua eyepiece mikroskop binokuler dengan jarak antar pupil Anda dapat dilakukan dengan interpupillary adjustment.

4. Lensa objektif

Lensa objektif berfungsi sebagai optik utama pada mikroskop yang memiliki kekuatan perbesaran 40x-100X. Dalam satu mikroskop, biasanya terdapat 1 - 4 lensa objektif dengan kekuatan pembesaran yang berbeda.

5. Tombol Fokus

Tombol fokus berfungsi untuk memfokuskan pengamatan sampel. 

6. Tombol Zoom

Tombol zoom berfungsi untuk mengatur perbesaran sampel mikroskop dalam rentang yang besar (misalnya 0,7x - 4,5x).

7. Penjepit 

Penjepit (stage clips) berfungsi untuk menahan slide di tempatnya. 

8. Meja Kerja

Meja kerja digunakan untuk tempat sampel yang akan diamati.

9. Lighting

Lighting atau lampu incident illumination digunakan untuk menerangi sampel. Beberapa mikroskop stereo juga menyertakan lampu incident illumination di bawah meja kerja. 

Bagaimana Sejarah Ditemukannya Mikroskop?

Sejarah Mikroskop

Jenis-Jenis Mikroskop 

Saat kita berbicara tentang Microscope, mungkin Anda langsung berpikir tentang mikroskop cahaya, namun mikroskop tersedia dalam berbagai jenis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu:

1. Stereo Microscope

Mikroskop stereo

Mikroskop stereo (disebut juga dissecting microscope) adalah mikroskop optik yang memberikan gambar 3D atau gambar "stereo" pada perbesaran 10x - 40x. Jenis ini juga dikenal dengan mikroskop stereo zoom.

Mikroskop stereo digunakan dalam manufaktur, quality control, sains, proyek sekolah, dan botani. Sampel yang sering dilihat di bawah mikroskop stereo adalah komponen elektronik seperti sirkuit, penyolderan permukaan, perbaikan perhiasan, pemeriksaan fosil, pembedahan serangga atau tumbuhan.

2. Metallurgical Microscope

Mikroskop Metalurgi

Mikroskop metalurgi adalah mikroskop binokuler yang berdaya tinggi yang dirancang untuk melihat sampel yang tidak memungkinkan dilewati cahaya. Cahaya yang dipantulkan bersinar melalui lensa objektif yang memberikan perbesaran 50x, 100x, 200x, dan terkadang 500x. Mikroskop metalurgi digunakan untuk memeriksa retakan tingkat mikron pada logam, coating atau lapisan yang sangat tipis.

3. Compound Microscope

Compound microscope (mikroskop majemuk atau mikroskop biologis) adalah mikroskop yang menggunakan sistem lensa majemuk untuk melihat sampel di bawah perbesaran 40x - 1000x atau lebih. Contoh sampelnya seperti sel hewan atau tumbuhan, darah, kromosom, dan bakteri.

Compound microscope digunakan di laboratorium, sekolah, pabrik pengolahan air limbah, kantor veteriner, serta untuk histologi dan patologi. Sampel yang dilihat di bawah mikroskop ini harus disiapkan pada slide mikroskop menggunakan kaca penutup untuk meratakan sampel. 

4. Inverted Microscope

Mikroskop Inverted

Inverted microscope (mikroskop terbalik) memiliki sumber cahaya dan kondensor yang dipasang tinggi di atas meja kerja dan mengarah ke bawah. Inverted microscope sering digunakan dalam penelitian untuk menganalisis dan mempelajari jaringan dan sel hidup.

Inverted microscope tersedia dalam 2 tipe yaitu tipe biologis dan tipe metalurgi. Jenis biologis digunakan untuk melihat sampel hidup yang ada di cawan petri. Sedangkan jenis metalurgi untuk memeriksa sampel pada perbesaran tinggi untuk fraktur atau patahan.

5. Digital Microscope / Mikroskop Digital

Mikroskop Digital

Mikroskop digital adalah penggabungan antara mikroskop optik dengan kamera digital. Mikroskop ini dapat merekam gambar bergerak maupun gambar tunggal. Di antara berbagai jenis mikroskop, jenis ini dapat ditemukan dengan atau tanpa eyepiece. 

Mikroskop digital juga terhubung ke monitor komputer melalui kabel USB. Dengan menggunakan mikroskop ini, perangkat lunak komputer memungkinkan monitor untuk menampilkan sampel yang diperbesar. 

Penggunaan Mikroskop Dalam Berbagai Bidang

Di era modern saat ini, Microscope telah memberikan kontribusi luar biasa yang mengarah pada terobosan revolusioner dalam sains dan teknologi. Mikroskop digunakan pada berbagai bidang, beberapa diantaranya adalah:

1. Medis

Mikroskop dapat digunakan untuk penelitian patologi, forensik, bedah, analisis urin, pembuatan obat, dan lain-lain.

2. Industri Mesin dan Material

Selain aplikasi klinis dan patologis, mikroskop dapat digunakan untuk berbagai keperluan industri seperti pada proses inspeksi, quality control, pengukuran (measurement), penyolderan (soldering), dan proses manufaktur.

3. Pendidikan

Mikroskop digunakan untuk mengajar siswa tentang struktur benda yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata manusia seperti sel tumbuhan, hewan, bakteri, jamur, dan lain-lain.

Video Cara Memilih Mikroskop Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Microscope hadir dalam beragam jenis dan tujuan penggunaan. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui cara memilih mikroskop yang tepat, yang telah kami rangkum berikut ini.

Selengkapnya silahkan baca pada artikel Cara Memilih Mikroskop Yang Tepat

 

Distributor Mikroskop di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mikroskop di Indonesia.

Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mikroskop di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.