Mikroskop Metalurgi Untuk Industri

May 24, 2022   |   In Metallography

Mikroskop metalurgi merupakan mikroskop yang penting dalam berbagai industri. Salah satunya untuk pengamatan metalografi atau struktur mikroskopis logam. 

Mikroskop metalurgi saat ini juga sudah banyak digunakan di berbagai bidang industri. Selengkapnya telah kami rangkum berikut ini.

Apa itu Mikroskop Metalurgi?

Mikroskop metalurgi (metallurgical microscope) adalah mikroskop yang digunakan untuk mengamati mikrostruktur dari suatu objek seperti logam dengan perbesaran mikroskop sebesar 50x - 1000x dan resolusi 2592 x 1944.

Mikroskop metalurgi ini menggunakan lensa objektif resolusi tinggi dengan jarak kerja yang sangat pendek. Kejelasan dan sejauh detail yang dihasilkan tergantung pada sejauh mana simetri optik ini dibuat.

Bagian-Bagian Mikroskop Metalurgi

Mikroskop metalurgi terdiri dari beberapa bagian yang sangat penting seperti lensa objektif, lensa okuler, kondensor, filter cahaya dan daya resolusi. 

Lensa objektif terletak di bagian bawah berdekatan dengan benda yang akan diamati, sedangkan lensa okuler (eye piece) terletak di bagian atas yang berdekatan dengan mata. 

Karakteristik Mikroskop Metalurgi

Mikroskop metalurgi mungkin terlihat mirip seperti mikroskop majemuk, tetapi keduanya berbeda dalam beberapa hal. Mikroskop metalurgi menawarkan kemampuan perbesaran yang tinggi serta pilihan cahaya yang dipantulkan dan ditransmisikan. 

Selain itu, mikroskop metalurgi juga memberikan resolusi yang jauh lebih tinggi daripada yang disediakan oleh mikroskop stereo.

Bagaimana Mikroskop Metalurgi Bekerja?

Mikroskop metalurgi bekerja dengan reflektor kaca di dalam tabungnya, yang memantulkan cahaya dari sumber cahaya. Hal ini meningkatkan kualitas gambar melalui penggunaan frontal lighting dan memungkinkan manipulasi panjang fokus dan perbesaran yang lebih baik.

Kapan Mikroskop Metalurgi Digunakan?

Mikroskop metalurgi dapat digunakan di hampir semua industri atau bidang studi yang harus mengamati permukaan logam yang mengkilap, seperti di bidang metalurgi, mineralogi, dan gemologi. 

Produsen juga menggunakan mikroskop metalurgi dalam proses pengembangan bahan, inspeksi, produksi, manufaktur, dan untuk analisis kegagalan.

Distributor Mikroskop Metalurgi di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mikroskop di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mikroskop metalurgi di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.