Jenis - Jenis Cutting Tool Yang Digunakan Pada Industri

October 26, 2021   |   In Cutting Tools

Proses pemesinan (machining) adalah suatu proses menghasilkan chip oleh alat potong (cutting tool) pada sebuah mesin. Proses ini dilakukan oleh sebuah cutting tool yang berputar dengan berbagai bentuk dan ukuran sesuai dengan tujuan pemotongannya.

Cutting tool terdiri dari bermacam-macam jenis yaitu indexable milling, solid end milling, holemaking, turning, dan tapping.

1. Indexable Milling

Indexable milling adalah alat yang dapat diindeks dan sebagian besar merupakan insert yang dapat diganti dan dijepit ke badan alat, seperti shoulder mill, slotting mill, copy mill, face mill, dan lain sebagainya.

WIDIA Victory M1200 • HD • Shell Mills

Victory M1200 menawarkan banyak cutting edge di setiap insertnya, yang bekerja pada kecepatan dan feed yang lebih tinggi dan memberikan hasil yang unggul untuk aplikasi pada mesin milling dengan spindle lancip 50 dengan material cast iron, steel, stainless steel, dan bahkan non-besi. 

2. Solid End Milling

Solid end mill adalah jenis pemotong pada mesin milling yang digunakan untuk membuat bentuk dan lubang pada benda kerja selama operasi milling dan terbuat dari material padat seperti carbide dan high speed steel (HSS).

Widia Solid Carbide End Mill

Widia solid carbide end mill terbuat dari micro grain carbide yang menghasilkan kekerasan dan kekuatan yang lebih tinggi. Solid end mill ini dapat digunakan untuk aplikasi pemesinan slotting, ramping, pluging, dan  peripheral.

3. Holemaking

Holemaking adalah operasi pembuatan lubang dengan pemotong yang berbentuk silinder dengan gigi tajam di dalam sebuah collet dan diletakkan pada spindle yang memutar dengan kecepatan tinggi. Hole-making dapat dilakukan pada berbagai mesin, termasuk mesin milling CNC ataupun mesin turning CNC. 

Widia Drill Top Cut 4™ Shanks With Indexable ISO Insert

Widia drill top cut 4 shanks dirancang untuk mengerjakan berbagai macam produk dengan satu drill untuk berbagai aplikasi pada range diameter 12-68 mm (0,473-2,5 inci). 

4. Turning

Turning atau pembubutan adalah proses pemesinan dimana benda kerja diputar dan pemotong memotong lapisan material saat pahat bergerak ke kiri dengan kecepatan tertentu. Gerakan pahat ini menghasilkan chip, yang bergerak ke atas permukaan pahat. Turning menghasilkan benda kerja yang lurus, kerucut, melengkung, atau beralur, seperti shaft, spindle, dan pin.

Widia TopGroove Tool Holders

Topgroove cocok untuk berbagai aplikasi shallow grooving, seperti face grooving dan OD & ID grooving. Alat ini menggunakan kontrol chip yang unik serta efisien dalam mengeluarkan chip serta menghasilkan bagian yang berkualitas dengan pemilihan insert yang tepat.

Widia Victory Carbide Turning Inserts for Universal Roughing (UR)

5. Tapping

Tapping adalah alat ulir yang menghasilkan chip dengan beberapa gigi pemotong. Sebuah tap akan memasuki benda kerja secara aksial dan memotong thread internal ke dalam lubang yang ada. Thread dapat dipotong hingga kedalaman tertentu ataupun menembus/kedalaman penuh. 

WIDIA Victory™ GT Series Tapping Bit

Widia Victory GT series tapping bit dirancang untuk sistem tooling berperforma tinggi untuk tapping yang kuat pada benda kerja yang terbuat dari cast iron, solid steel dan stainless steel.

Distributor Cutting Tools di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi cutting tools di Indonesia.

Jika Anda ingin berdiskusi seputar cutting tools untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.