Face Mill - Pengertian dan Jenis Operasi Face Milling

October 12, 2021   |   In Cutting Tools

1. Widia Face Mill M200

 

2. Widia Face Mill M68

 

3. Widia Face Mill SuperFeed

 

4. WIDIA Victory M1200

 

 

 

Operasi milling terbagi menjadi dua jenis utama, salah satunya adalah face milling. Jika Anda ingin mendapatkan permukaan yang rata atau hasil akhir yang baik, operasi face milling dapat membantu Anda mencapainya. Simak penjelasan tentang face mill berikut ini.

Pengertian Face Milling

Face mill merupakan bagian dari indexable milling. Face milling sendiri adalah sebuah proses pemotongan permukaan datar yang tegak lurus terhadap sumbu rotasi pemotong.

Dalam hal ini, proses pemotongan dilakukan dengan memotong tepi kedua sisi (bagian ujung dan luar) pinggiran pisau milling.

Proses face milling pada prinsipnya dapat menghasilkan permukaan yang sangat rata. Namun dalam praktiknya, hasil yang didapatkan selalu menunjukkan tanda trochoidal yang terlihat mengikuti gerakan titik-titik pada permukaan ujung pemotongnya.

Tanda ini memberikan hasil akhir yang khas dari permukaan benda kerja. 

Dalam operasi face mill yang tepat, tanda ini hanya akan berupa goresan mikroskopis karena ketidaksempurnaan pada ujung.

Jenis - Jenis Operasi Face Milling

Terdapat enam jenis operasi face milling berdasarkan geometri relatif benda kerja dan pemotong millingnya, yaitu:

1. Conventional Face Milling

Pada operasi conventional face milling, diameter pemotong milling lebih lebar daripada benda kerja sehingga pemotong milling menggantung di kedua sisi benda kerja.

2. Partial Face Milling

Pada operasi partial face milling, pemotong milling menggantung pada benda kerja di salah satu sisi.

3. End Milling

Pada operasi end milling, jenis pemotong yang digunakan berdiameter lebih kecil dibandingkan dengan lebar benda kerja. Operasi ini digunakan untuk membuat slot pada benda kerja.

4. Profile Milling

Profile milling dengan ball-end milling atau bull-nose end milling, digunakan untuk menghaluskan atau menyelesaikan face milling vertikal atau miring. Permukaan yang dipilih harus memungkinkan jalur pahat terus menerus yaitu pinggiran sisi luar dari bagian datar dikerjakan.

5. Pocket Milling

Dalam operasi pocket milling, pemotong milling memotong atau menghilangkan material saku (pocket) di tengah benda kerja. 

6. Surface Milling

Surface mill adalah operasi face milling dengan pendekatan 45° untuk hasil akhir permukaan yang superior. Dengan operasi surface milling, Anda dapat secara bersamaan mengontrol sumbu linier XYZ dari alat mesin.

Distributor Face Mill di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi face mill merek Widia di Indonesia. 

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang proses milling dan bagaimana face mill dapat digunakan untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.