Kelebihan Mikroskop Digital Dibanding Mikroskop Konvensional

October 20, 2022   |   In Microscopy

Apa itu Mikroskop Konvensional?

Mikroskop optik konvensional

Mikroskop optik konvensional (conventional optical microscopes) adalah mikroskop yang bekerja dengan menggunakan cahaya tampak dan sistem lensa yang terletak di antara sampel dan mata pengamat untuk membantu memperbesar objek. Cahaya kemudian ditransmisikan dan melewati satu set lensa objektif dan lensa okuler ke mata pengamat.

Apa itu Mikroskop Digital?

Dino-Lite Digital Microscope Series

Mikroskop digital (digital microscopes) adalah mikroskop yang bekerja dengan menggunakan kamera digital sebagai pengganti lensa mata. Mikroskop digital umumnya berupa alat genggam portable yang dapat terhubung ke monitor komputer dan hasilnya dapat diperoleh secara real-time.

Dalam mikroskop digital, optik dan kamera digital digunakan untuk menangkap gambar ke monitor komputer. Beberapa fitur lanjutan yang tersedia yaitu seperti pengeditan gambar, analisis sampel 3D, pengukuran, dan transfer data.

Perbedaan Mikroskop Optik Konvensional dan Mikroskop Digital

Mikroskop digital vs mikroskop konvensional

Mikroskop digital melakukan tugas yang sama seperti mikroskop optik namun dengan banyak fitur tambahan. Beberapa perbedaan antara mikroskop digital dan mikroskop optik konvensional yaitu:

Fitur

Mikroskop Optik Konvensional

Mikroskop Digital

Depth-of-field

Dengan perbesaran yang lebih tinggi, kedalaman bidang menjadi lebih dangkal

Kedalaman bidang 20 kali lebih besar dibandingkan mikroskop konvensional

Kemampuan observasi sudut variabel

Sampel harus diamati langsung dari atas

Sampel dapat diamati dalam sudut 360 derajat

Pencitraan 3D

Hasil gambar 2D dengan karakteristik permukaan yang sulit ditentukan

Hasil gambar 3D dan dapat sepenuhnya fokus

Data kuantitatif

Tidak tersedia fitur pengukuran dan data kuantitatif lainnya

Tersedia fitur pengukuran secara real time

Sharing data

Tidak bisa

Gambar dapat direkam dan disimpan secara langsung

 

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Mikroskop Digital?

  1. Ergonomis

Jika Anda bekerja di laboratorium dengan hasil sampel yang tinggi, atau jika Anda perlu menggunakan mikroskop selama berjam-jam, maka mikroskop digital adalah pilihan yang tepat. 

Dengan menggunakan mikroskop digital, gambar dapat langsung ditampilkan di layar komputer, sehingga Anda dapat menganalisisnya dengan nyaman.

  1. Pengamatan hingga 360 derajat

Mikroskop digital memiliki kemampuan sudut variabel yang memungkinkan pengamatan hingga 360 derajat, sehingga Anda tidak perlu memiringkan sampel Anda. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk menginspeksi menjadi lebih singkat dari sebelumnya.

  1. Fitur multi-lighting

Beberapa mikroskop digital dilengkapi dengan fitur multi-pencahayaan sehingga dapat menghindari masalah silau ketika mengambil gambar saat pengamatan. 

  1. Rentang perbesaran yang luas

Anda dapat menganalisis sampel secara mendalam dan detail karena rentang perbesaran yang tersedia di mikroskop digital yang luas dan beragam, bahkan hingga 900x. 

  1. Sistem pengarsipan terintegrasi

Setelah Anda mengamati dan memilih gambar, Anda dapat menyimpannya dalam format file yang berbeda. Beberapa mikroskop digital dapat digunakan untuk analisis gambar digital dengan diintegrasikan ke dalam perangkat lunak. 

Distribusi Mikroskop Digital di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mikroskop digital di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mikroskop di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.