Cara Transfer Data Hasil Pengukuran Dari Alat Ukur DeFelsko

November 15, 2023   |   In Measurement

Defelsko

DeFelsko merupakan brand rangkaian alat inspeksi dan pengukuran multifungsi dari Amerika Serikat. Saat ini, terdapat lebih dari 70 model alat inspeksi dan alat ukur yang ditawarkan oleh DeFelsko untuk berbagai aplikasi industri. Diantaranya untuk aplikasi coating thickness, salt contamination, surface profile, adhesion testing, concrete moisture, wall thickness, gloss, dew point, hardness testing, dan masih banyak lagi.

Cara Transfer Data Dari DeFelsko

Untuk mentransfer data hasil pengukuran dari alat DeFelsko ke komputer atau perangkat lain, Anda dapat menggunakan salah satu dari 3 opsi berikut ini. 

1. Software PosiSoft Desktop (PC Windows dan Mac)

PosiSoft Desktop

PosiSoft Desktop adalah software yang dirancang untuk mengimpor, menyimpan, dan memproses data pengukuran dari DeFelsko ke PC atau Mac (Windows 10/11 atau macOS 10.15 atau lebih baru) dengan mudah, serta menghasilkan laporan yang terperinci. 

Adapun fitur utama dan fungsi dari software PosiSoft Desktop yaitu untuk manajemen dan analisis data, membuat laporan, grafik dan visualisasi, ekspor data (CSV, Excel, atau PDF), keamanan data, dan banyak lagi.

Model PosiTector untuk PosiSoft Desktop

 

Software ini kompatibel untuk semua model PosiTector, PosiTest AT dan PosiTest PC. Software PosiSoft Desktop dapat didownload secara gratis di sini

Cara Mengimpor Data ke PosiSoft Desktop 

  1. Buka software PosiSoft Desktop pada PC/Mac Anda.

  2. Untuk PosiTector Advanced Body : nyalakan Wi-Fi dan hubungkan ke PC/Mac. 

  3. Setelah terhubung, PosiTector akan muncul di software.

  4. Klik “Sync” untuk menampilkan data secara otomatis.

  5. Atau klik “Import” untuk mengimpor data secara manual ke dalam software.

Maka visual laporan data pengujian akan ditampilkan dan bisa dianalisis lebih lanjut. Klik “Save” untuk mendownload file.

2. Aplikasi PosiTector (Smartphone IOS dan Android)

Aplikasi PosiSoft

Aplikasi PosiTector adalah aplikasi seluler pada iOS/ Android untuk mengimpor, menyimpan, dan memproses data pengukuran dari alat DeFelsko. Aplikasi ini dapat terhubung ke PosiTector Advanced, PosiTector Smartlink, dan PosiTest AT-A. 

Dengan aplikasi PosiTector, Anda dapat dengan mudah melakukan back-up data tanpa perlu akun, melakukan kompilasi laporan tunggal atau multi-batch dari beberapa probe dan jenis instrumen, menambahkan gambar, screen capture, dan catatan, serta membagikan laporan PDF secara instan via email, AirPrint, Dropbox, dan banyak fitur lainnya. 

Cara Mengimpor Data ke Aplikasi PosiTector

  1. Download aplikasi PosiTector di App Store/Google Play Store.

  2. Nyalakan Bluetooth pada smartphone.

  3. Buka aplikasi PosiTector, maka instrumen DeFelsko Anda akan langsung terdeteksi.

  4. Klik “Memory - Batch Import” untuk memilih dan membuka data sesuai batch pengukuran yang diinginkan.

3. PosiSoft USB (Tanpa Internet)

PosiSoft USB Drive

Semua instrumen PosiTector dilengkapi dengan PosiSoft USB Drive yang terintegrasi, untuk mengambil data dengan cara yang mirip dengan flash drive USB, kamera, atau pemutar audio digital. Pengiriman data melalui PosiSoft USB bisa Anda lakukan tanpa perlu menginstal perangkat lunak atau koneksi internet.

Setiap komputer dapat melihat dan mengunduh pengukuran (batch) yang disimpan dalam memori dengan mengeksplor drive virtual yang diberi label "PosiTector" menggunakan kabel USB.

Dengan PosiSoft USB, Anda dapat dengan mudah melihat dan mencetak data dan grafik, import data ke aplikasi pendukung seperti spreadsheet, manajemen data sederhana (copy & paste data pengukuran dari PosiTector ke folder lokal di komputer), dan lain-lain.

PosiSoft USB Drive terintegrasi dengan semua instrumen PosiTector SPG/DPM/6000/200/UTG/SST/SHD/RTR/PC dengan probe Standard maupun Advanced.

PosiSoft

Selain 3 opsi di atas, Defelsko juga menyediakan platform bernama PosiSoft.net. Platform ini PosiSoft.net adalah cara aman untuk menyimpan data pengukuran Anda termasuk pekerjaan, batch, pembacaan, dan template laporan ke cloud.

PosiSoft.net dapat terintegrasi ke PosiSoft Desktop dan aplikasi PosiTector, sehingga Anda dapat melakukan back-up data dan kolaborasi antar tim di banyak perangkat sekaligus untuk mengakses data dari alat yang sama.

Untuk menggunakannya, registrasi dan masukkan serial number alat PosiTector yang digunakan melalui laman PosiSoft.net. Login dari PosiSoft Desktop untuk menyinkronkan semua data pengukuran dan template laporan yang disimpan dari akun Anda.

Distributor DeFelsko di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi DeFelsko di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan alat ukur dan alat inspeksi di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.