Alat Polishing dan Buffing Untuk Industri

September 14, 2022   |   In Abrasive

alat buffing dan polishing

Mengapa Alat Polishing dan Buffing Dibutuhkan dalam Industri? 

Buffing dan Polishing merupakan 2 proses yang dibutuhkan dalam industri. Tujuan dari buffing dan polishing adalah untuk membuat permukaan benda kerja yang kasar menjadi halus. 

Setiap benda kerja memiliki kondisi permukaan yang berbeda, sehingga diperlukan prosedur yang berbeda pula menggunakan bahan abrasif yang tepat agar permukaan tersebut tidak mengalami kerusakan.

Apa itu Buffing?

Buffing

Buffing adalah proses finishing untuk menghaluskan atau menghilangkan goresan atau garis di permukaan material dan memberikan tampilan mengkilap dengan menggunakan roda buffing (buffing wheel). Roda buffing juga terbagi ke beberapa jenis dan perlu disesuaikan dengan material yang di buffing.

buffing wheel

Apa itu Polishing?

Polishing adalah proses finishing yang lebih kasar / agresif daripada buffing menggunakan roda polishing (polishing wheel). Tujuan polishing adalah untuk meratakan permukaan yang tidak rata / kasar agar tampak lebih halus. Polishing dapat dilakukan pada berbagai material seperti batu, plastik, logam, kaca, marmer, dan lain-lain. 

Polishing abrasive cloth

Perbedaan Polishing dan Buffing

Polishing dan buffing memiliki perbedaan walaupun keduanya dapat diaplikasikan pada bahan yang sama. Anda dapat menggunakan teknik polishing terlebih dahulu, diikuti dengan proses buffing untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Polishing melibatkan lebih banyak bahan abrasif daripada buffing. Proses ini mampu menghilangkan lebih banyak material, dengan kecepatan permukaan roda berada di kisaran 2300 m/s. Polishing lebih efektif menghilangkan goresan yang dalam. 

Sedangkan pada proses buffing, butiran abrasifnya sangat halus. Abrasif digunakan dengan senyawa buffing dan kemudian diaplikasikan ke permukaan material. Proses ini menghilangkan material lebih sedikit dengan kecepatan roda yang lebih tinggi daripada Polishing, serta hasil permukaan jauh lebih halus. 

Senyawa Buffing dan Polishing

buffing and polishing compound

Untuk membuat hasil permukaan lebih baik, Anda tidak hanya membutuhkan roda (wheel), namun Anda juga perlu menggunakan buffing and polishing compound (atau disebut rouge bar).

Untuk menggunakan compound, Anda cukup mengaturnya ke roda buffing saat bergerak. Senyawa (compound) akan terkelupas pada roda, dan akan masuk ke material yang Anda gosok.

Senyawa buffing dan polishing (Buffing and Polishing Compound) dapat digunakan untuk berbagai material, seperti: 

  • Baja atau baja tahan karat

  • Aluminium atau zinc

  • Tembaga atau kuningan

  • Plastik atau permukaan yang dilapisi

  • Titanium

  • Logam mulia

  • Logam keras atau keramik

  • Pelumas atau senyawa delustering

  • Pembersih logam

Pengaplikasian Polishing dan Buffing

Pengaplikasian Polishing dan Buffing

Proses polishing dan buffing dapat diaplikasikan untuk beberapa tujuan penggunaan. Beberapa diantaranya seperti untuk meratakan lapisan cat pada langit-langit rumah, semen, keramik, perhiasan, cat mobil, gagang kayu pada pisau, patung, part mesin berbahan logam, dan banyak aplikasi lainnya.

Contoh produk yang digunakan pada proses polishing

1. Koyo-Sha Endless Belt R/R Series

Koyo-Sha Endless Belt R/R Series

2. Koyo-Sha Off-Set Sisal Polisher

Koyo-Sha Off-Set Sisal Polisher

3. Koyo-Sha Abrasive Cloth KF Wheel

Koyo-Sha Abrasive Cloth KF Wheel

 

Contoh produk yang digunakan pada proses buffing

1. Koyo-Sha Wide Finger Sisal Buff Disc

Koyo-Sha Wide Finger Sisal Buff Disc

2. Koyo-Sha Bias Cloth Buff Disc

Koyo-Sha Bias Cloth Buff Disc

3. Koyo-Sha Cord Sisal Buff Disc

Koyo-Sha Cord Sisal Buff Disc

Distributor Alat Polishing dan Buffing di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi alat polishing dan buffing di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan polishing dan buffing di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.