Mesin Laser Cutting Untuk Pemotongan Logam

November 17, 2022   |   In Machinery

laser cuttingLaser cutting atau cutting laser merupakan teknologi laser yang saat ini telah banyak digunakan dalam industri, termasuk dalam pengerjaan logam. Hal ini didorong oleh kemampuan teknologi laser cutting yang mampu bekerja lebih cepat dan akurat daripada metode pemotongan logam biasa. 

Untuk mengenal lebih dalam mengenai cara kerja dan contoh produk mesin laser marking, simak rangkuman berikut ini.

Mesin Laser Cutting yang Dijual di Indonesia

  1. Sisma Fiber Ytterbium Cutting Laser MCL Series

Sisma Fiber Ytterbium Cutting Laser MCL Series

 

  1. Sisma Fiber Ytterbium Cutting Laser BCL Series

Sisma Fiber Ytterbium Cutting Laser BCL Series

Apa Itu Mesin Laser Cutting?

Mesin laser cutting (cutting laser machine) adalah mesin yang berfungsi untuk melakukan proses pemotongan bahan baku dengan ketebalan yang berbeda menggunakan teknologi sinar laser yang difokuskan pada suatu titik. 

Mesin laser cutting memiliki pengaturan yang dikenal sebagai kontrol numerik komputer (CNC), serta laser optik, yang mengontrol dan mengarahkan intensitas sinar laser sesuai desain yang diinginkan, atau pemotongan khusus yang diperlukan dalam proyek manufaktur.

Bagian - Bagian Pada Mesin Laser Cuting

Mesin laser cutting terdiri dari beberapa komponen utama, meliputi:

  1. Cutting Head

Bagian yang terdiri dari lensa fokus, laser, dan nozzle gas yang bergerak sepanjang sumbu Z sesuai dengan program pemotongan mesin laser cutting.

  1. Meja operasi pada bed mesin

Yaitu meja operasi yang digunakan tempat proses pemotongan (laser cut) berlangsung.

  1. Laser Generator

Perangkat yang menghasilkan sumber cahaya laser.

  1. Sistem Kontrol Numerik

Yaitu yang mengendalikan bed mesin untuk menghasilkan pergerakan sumbu X, Y dan Z, dan daya keluaran laser.

Mesin laser cuting

Material Yang Dapat Dipotong Mesin Laser Cutting

Semua bahan atau material dalam industri dapat dipotong dengan aman menggunakan mesin laser cuting (cutting laser), namun perlu disesuaikan lagi dengan jenis mesin cutting laser yang digunakan. 

Material yang dapat diproses dengan cutting laser machine meliputi: steel (baja), aluminium, stainless steel, tembaga (copper), carbon steel (baja karbon), plat nickel, plat magnesium, galvanis hingga titanium.

Jenis Laser Pada Mesin Laser Cutting

Laser cutting membutuhkan kualitas sinar yang tinggi, sehingga tidak semua laser dapat digunakan untuk memotong material. Untuk aplikasi laser cutting machine, ada beberapa jenis laser yang tersedia, seperti:

  1. Laser CO2

Laser CO2 menghasilkan cahaya melalui tabung berisi campuran gas dan memiliki daya yang tinggi (25-100 Watt). Laser CO2 umumnya digunakan untuk bahan non-logam (kayu, kertas, kulit, kain, dan plastik akrilik), meskipun ada beberapa logam tertentu yang juga dapat diproses. 

  1. Fiber Laser

Laser Fiber menghasilkan diameter fokus yang sangat kecil menggunakan serat kaca. Fiber laser merupakan laser paling mahal dari berbagai perangkat laser cutting dan umumnya memiliki masa pakai yang lama. Fiber laser paling cocok digunakan untuk material logam.

  1. Laser Nd:YAG

Pemotongan laser cutting machine juga dapat dilakukan dengan laser Nd:YAG (neodymium-doped yttrium aluminium garnet). Laser ini memungkinkan daya pemotongan yang sangat tinggi dengan panjang gelombang 1,064 mikrometer. Laser Nd:YAG dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, mulai dari medis, kedokteran gigi, militer dan manufaktur. 

Bagaimana Cara Kerja Laser Cutting?

Laser cutting merupakan proses pemisahan termal. Selama proses tersebut, geometri / desain yang telah ditentukan akan dipotong oleh sinar laser. Saat sinar laser memanaskan material dengan kuat, material akan meleleh atau menguap sepenuhnya. 

Setelah sinar laser benar-benar menembus material, proses pemotongan pun terjadi. Kualitas potongan dapat diatur dengan menaikkan atau menurunkan titik fokus, misalnya di atas permukaan pelat, di permukaan, ataupun tepat di bawah permukaan.

Penggunaan Laser Cutting Dalam Industri

Teknologi laser cutting sudah banyak diterapkan di berbagai industri, seperti industri kerajinan tangan, sepatu, model pakaian, konstruksi, pemotongan logam, pembuatan saklar listrik, manufaktur lift, dan lain sebagainya.

Dengan mesin laser cutting, Anda dapat menghasilkan kualitas pemotongan yang sangat baik dan detail bahkan untuk desain yang rumit sekalipun. Untuk aplikasi industri, mesin laser cuting sering digunakan untuk memotong material struktur, pipa, serta lembaran material datar seperti logam. Berikut adalah contoh hasil laser cutting.

Contoh Hasil Laser Cutting

Keuntungan Menggunakan Laser Cutting

Terdapat beberapa keuntungan atau kelebihan dari mesin laser cuting, antara lain:

  1. Pengerjaannya cepat dan efisien sehingga dapat menghemat biaya.

  2. Dapat mengerjakan bentuk desain dan geometri yang rumit.

  3. Lebih mudah diprogram.

  4. Pemotongan dilakukan tanpa kontak langsung.

  5. Kepala dari laser cutting tidak menyentuh permukaan material dan tidak menggores permukaan benda kerja.

Distributor Mesin Laser Cutting di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi Mesin Laser Cutting di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mesin laser cuting di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.