Laser Cutting - Fungsi dan Contoh Mesin Laser Cutting Terbaik

December 17, 2021   |   In Machinery

Laser cutting merupakan salah satu penggunaan teknologi laser pada industri yang banyak digunakan saat ini untuk memotong berbagai bahan industri. Teknologi laser ini mampu bekerja lebih cepat dan akurat daripada metode pemotongan biasa. 

Sangat banyak keuntungan menggunakan laser cutting, selengkapnya silahkan disimak penjelasan mengenai laser cutting berikut ini.

Mesin Laser Cutting yang Dijual di Indonesia

1. Laser Cutting Sisma Fiber Ytterbium Cutting Laser MCL Series

 

Mesin laser cutting Sisma MCL dirancang untuk pemotongan presisi benda kerja berbahan logam dengan fungsionalitas tinggi. Sisma cutting laser MCL bekerja dengan memanfaatkan sinar laser Fiber Ytterbium dan cocok untuk memproses gabungan laser cutting, laser marking atau milling.

2. Laser Cutting Sisma Fiber Ytterbium Cutting Laser BCL Series

 

Mesin laser cutting Sisma BCL dirancang untuk memotong material logam yang lebih keras dengan massa yang lebih padat secara presisi. Sisma BCL bekerja dengan memanfaatkan sinar laser Fiber Ytterbium (YAG) dan menghasilkan akurasi tertinggi dengan panjang gelombang 1070 nm

Apa Itu Laser Cutting?

Laser cutting adalah proses pemotongan bahan baku dengan ketebalan yang berbeda menggunakan sinar laser yang difokuskan pada suatu titik. 

Material yang dapat dipotong merupakan semua bahan yang umum digunakan dalam industri. Seperti baja, aluminium, dan stainless steel dapat dipotong dengan aman dengan laser cutting.

Bagaimana Cara Kerja Laser Cutting?

Laser cutting bekerja dengan proses pemisahan termal. Selama proses tersebut, geometri / desain yang telah ditentukan akan dipotong oleh sinar laser. Saat sinar laser memanaskan material dengan kuat maka material akan meleleh atau menguap sepenuhnya. 

Setelah sinar laser benar-benar menembus material, proses pemotongan pun terjadi. Kualitas potongan dapat diatur dengan menaikkan atau menurunkan titik fokus, di atas permukaan pelat, di permukaan, ataupun tepat di bawah permukaan.

Penggunaan Laser Cutting Dalam Industri

Laser cutting digunakan untuk berbagai aplikasi, salah satunya adalah untuk memotong pelat logam. Dengan mesin laser cutting, Anda dapat menghasilkan kualitas pemotongan yang sangat baik dan detail bahkan untuk desain yang rumit sekalipun. Berikut adalah contoh hasil laser cutting:

Teknologi laser cutting sudah banyak diterapkan di berbagai industri, seperti industri kerajinan tangan, sepatu, model pakaian, konstruksi, pemotongan logam, pembuatan saklar listrik, manufaktur lift, dan lain sebagainya.

Keuntungan Menggunakan Laser Cutting

  • Pengerjaannya cepat sehingga dapat menghemat biaya.
  • Dapat mengerjakan bentuk dan geometri yang rumit.
  • Lebih mudah diprogram.
  • Pemotongan dilakukan tanpa kontak.
  • Kepala dari laser cutting tidak menyentuh permukaan material dan tidak menggores permukaan benda kerja.

Distributor Mesin Laser Cutting di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mesin laser cutting di Indonesia. Mari berdiskusi tentang kebutuhan mesin laser cutting di perusahaan Anda, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.