Tachometer - Jenis, Cara Kerja dan Contoh Tachometer Terbaik

August 02, 2022   |   In Measurement

Contoh Produk Tachometer Terbaik

1. Shimpo Handheld Digital Tachometer DT-207LR

2. Shimpo Data-Logging Tachometer DT-2100

3. Shimpo Tachometer (PH-200L/PH-200LC)

4. Shimpo Tachometer DT-10x Series

Apa Itu Tachometer?

Tachometer adalah alat ukur genggam yang digunakan untuk mengukur kecepatan benda yang berputar seperti operasi mesin, dalam satuan putaran per menit (RPM). Tachometer hadir dalam bentuk analog dan digital yang memainkan peran penting dalam menentukan output daya mesin. 

Fungsi Tachometer

Tachometer dirancang untuk mengukur kecepatan putaran poros atau piringan saat mesin sedang bergerak. Alat ukur tachometer ideal untuk memantau turbin dan kesehatan alat berat.

Jenis Tachometer

Berdasarkan teknik pengukurannya, tachometer dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Contact Type Tachometer

Tachometer kontak adalah jenis tachometer yang dapat melakukan pengukuran melalui kontak langsung dengan permukaan yang bergerak. Jenis ini biasanya dipasang pada mesin atau motor listrik.

2. Non-Contact Type Tachometer

Tachometer non-kontak (laser photo tachometer) adalah jenis tachometer yang digunakan untuk mengukur dari jarak jauh menggunakan berkas cahaya inframerah atau laser. Jenis tachometer ini lebih efisien, tahan lama, akurat, dan ringkas.

3. Combination Contact & Non-Contact Tachometer

Tachometer kombinasi kontak dan non-kontak adalah jenis tachometer yang memiliki fitur gabungan sehingga mampu memberikan lebih banyak keserbagunaan saat pengukuran. 

Cara Kerja Tachometer

1. Cara Kerja Tachometer Kontak

Roda tachometer diletakkan pada poros berjalan. Roda akan berputar dengan kecepatan yang sama ketika bersentuhan dengan poros atau cakram yang berputar. 

Poros menggerakkan roda untuk menghasilkan pulsa. Pulsa ini kemudian dibaca oleh tachometer dan diukur dalam putaran per menit. Tachometer akan menghitung kecepatan linier pada layar berdasarkan tingkat rotasi dan diameter tetap roda. 

2. Cara Kerja Tachometer Non-Kontak

Bahan reflektif ditempelkan pada komponen yang berputar. Tachometer memancarkan seberkas cahaya inframerah yang diarahkan ke target reflektif. 

Ketika sinar cahaya mengenai target, sinar dipantulkan kembali ke sensor cahaya yang ditempatkan di dalam tachometer. Jika komponen berputar dengan baik, tachometer akan menghitung berapa kali alat ini menerima sinyal pantul yang memberikan pembacaan dalam RPM.

Kapan Tachometer digunakan?

Tachometer dapat digunakan pada berbagai aplikasi seperti:

  1. Untuk perawatan berbagai macam kendaraan seperti: mobil, traktor, truk, pesawat terbang, kereta api dan kendaraan lainnya.
  2. Untuk armada laut, untuk mengukur kecepatan putar mesin diesel laut di atas kapal. Alat ini menunjukkan ke  arah mana kapal berputar.
  3. Untuk perawatan peralatan / permesinan industri.
  4. Untuk sektor medis untuk mengukur kecepatan denyut jantung (cardiotachometer), aliran darah arteri (hemotachometer), aliran gas pernapasan (pneumotachometer).
  5. Banyak aplikasi lainnya.

Distributor Tachometer di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi tachometer di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan tachometer di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.