Proses Pengukuran Thread Gauge dengan Menggunakan Instrumen Pengukuran Ulir

July 14, 2021   |   In Measurement

 

Pada artikel sebelumnya, Apa itu Thread Gauge? Dan apa fungsi Thread Gauge, kami telah membahas selengkapnya tentang thread gauge. Thread gauge adalah alat inspeksi yang diproduksikan secara presisi dan memiliki toleransi yang sangat ketat khususnya pada ulir yang akan digunakan sebagai alat inspeksi sehingga sangat praktis digunakan yang  biasanya dilengkapi dengan sisi GO dan NO-GO. Fungsi Utama thread gauge yaitu untuk meninspeksi ulir pada produk yang berulir baik itu ulir dalam (Internal Thread) ataupun ulir luar (External Thread). 

Jenis - Jenis Thread gauges
Thread gauges ini dibagi menjadi dua yaitu thread Plug Gauge dan Thread Ring Gauge, Berikut contoh gambar thread gauges.

 

Thread Ring digunakan untuk menginspeksi Ulir Luar suatu produk, Jika Thread Ring ini bisa masuk pada ulir luar suatu produk hingga ujung Ulir-nya. Maka bisa Asumsikan produk yang diproduksikan sesuai dengan standard yang diinginkan.

Sedangkan Thread Plug digunakan untuk menginspeksi Ulir dalam suatu produk, Jika Thread Plug ini bisa masuk pada ulir dalam suatu produk hingga ujung Ulir-nya. Maka bisa Asumsikan produk yang diproduksikan sesuai dengan standard yang diinginkan.

 

 

Penggunaan thread gauge ini sangat praktis untuk digunakan karena hanya perlu mempasangkan thread gauge yang  presisi ke produk yang sudah diproduksikan, jika thread gauge bisa terpasang pada produk maka ulir tersebut sesuai dengan standar yang kita inginkan. Tapi Thread gauge ini juga memiliki kelemahan dimana kita tidak bisa mengetahui ukuran sebenarnya pada produksi kita karena penggunaan thread gauge ini hanya bersifat  asumi. Contohnya, kita ingin mengukur ulir M24x3 dengan toleransi standar 6H, artinya Pitch diameter dari ulir ini harus diantara 22,051 dan 22,316 jadi range dari produk yang kamu hasilkan bisa memiliki perbedaan 0.265. Tanpa data pengukuran akan kesulitan untuk mengendalikan hasil produksi.

Selain itu biasanya penggunaan thread gauge pada lingkungan produksi terlambat untuk mengetahui jika hasil produksi sudah berada pada luar toleransi bahkan kita menggunakan thread gauge NO-GO sekali pun. Jadi biasanya sudah ada barang yang reject sebelum kita mengetahui produk sudah di luar toleransi. Bayangkan berapa banyak uang tenaga dan waktu yang sudah kamu habiskan diproduk tersebut dan ternyata itu reject. Agar bisa meminimalkan produk reject maka kami sarankan untuk pengukuran thread gauge sebelum digunakan pada lingkungan produksi.

 

Cara Pengukuran Thread Gauge

 

Seperti yang kita ketahui thread gauge ada dua jenis yaitu thread gauge yang digunakan untuk inspeksi internal thread dan thread gauge yang digunakan untuk inspeksi external thread, sehingga instrumen pengukuran nya juga berbeda. Kami akan bahas satu persatu.

 

 Cara Mengukur Thread Ring Gauge

Cara mengukur thread ring gauge bisa sangat praktis dengan menggunakan instrumen bore gauge yang menggunakan kepala special untuk thread. salah satu perusahaan yang memproduksi bore gauge yang mampu mengukur internal thread ialah Bowers dan Sylvac. Sylvac Bore Gauge Xtream bisa membantu anda  mengukur Major diameter, Minor Diameter dan Pitch Diameter.

Selain itu kelebihan dari Bore Gauge Xtream ini selain kemampuan pengukuran dalam digital, alat ini bisa membantu anda mentransfer data menggunakan teknologi Bluetooth, serta dengan satu head instrument saja anda bisa mengukur thread gauge yang ukurannya berbeda - beda.

 

Cara Mengukur Thread Plug Gauge

 Cara mengukur thread plug gauge hampir sama dengan mengukur thread ring gauge tapi menggunakan instrumen yang berbeda. Walaupun prinsip kerjanya sama. Instrumen yang bisa anda gunakan dalam Pengukuran External Thread ialah Cordatest, instrumen yang diproduksi oleh perusahaan Kordt. Sama seperti Bore Gauge Xtream tadi Cordatest juga bisa digunakan untuk mengukur Major Diameter, Minor Diameter dan Pitch Diameter. Berikut contoh beberapa produk Kordt.

Kordt adalah salah satu perusahaan yang specialist pada pengukuran ulir yang memiliki banyak pengalaman dalam industry pengukuran ulir, Cordatest merupakan alat pengukuran yang kelihatan sederhana namun bisa memenuhi kebutuhan anda dalam pengukuran Thread Plug Gauge. Cordatest ini sangat mudah digunakan dan memiliki repeatability yang tinggi.

 

 


PREVIOUS POST

What is a Pin Gauge?