Apa itu Thread Gauge? Dan Apa Fungsi Thread Gauges?

June 15, 2021   |   In Measurement

1. Ojiyas Master Plug Gauge

Master plug gauge digunakan untuk memeriksa, mengkalibrasi, atau mengatur alat pengukur atau standar lainnya dan memelihara jenis alat ukur pembanding, misalnya: cylinder gauge, bore gauge dan mikrometer udara yang menggunakan master gauge untuk pengaturan.

Ojiyas menyediakan master gauge dengan akurasi tinggi. 

Gauge ini menjalani perawatan di bawah nol untuk meningkatkan kekerasan, kekuatan, ketahanan aus, dan stabilitas dimensi.

2. Ojiyas NPT Thread Plug Gauge

NPT (national pipe taper) plug gauge adalah gauge standar Amerika untuk tapered thread gauge yang digunakan pada pipa. 

Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketahanan kepadatan bagian sistem berulir. Pengukur Ojiyas untuk ulir pipa lancip (NPT) digunakan untuk mengukur dimensi ulir tersebut.

3. Ojiyas NPTF Thread Plug Gauge

NPTF (national pipe fuel and oil) plug gauge yang ditentukan dalam standar Amerika (ANSI) digunakan untuk menyambung pipa fuel atau pipa minyak di kapal, mobil, pesawat terbang, dan lain-lain. 

Ulir ini dirancang untuk mencapai sambungan segel kering tanpa bahan penyegel. Dalam ulir NPTF, ketahanan kerapatan bagian ulir dapat diperoleh bahkan tanpa menggunakan bahan segel. Plug L1 dan ring L1 digunakan untuk memeriksa panjang pas kunci (L3 dan L2-L1) dari ulir eksternal dan internal. 

Ketika posisi notches kedua pengukur, plug L1 dan L3, atau ring L1 dan L2, dikencangkan, tidak lebih dari setengah putaran. Tingkat lancip produk juga terjamin.

4. Ojiyas Limit Plug Gauge (Plain Gauge)

Limit plug gauge adalah sepasang pengukur yang memiliki batasan dimensi maksimum dan minimum dari sebuah lubang untuk memastikan interchangeability (dapat dipertukarkan) dari keterbatasan lubang dan poros.

5. Ojiyas Master Ring Gauge



Ojiyas menyediakan master ring gauge dengan akurasi tinggi. Ring gauge ini melalui sub zero treatment untuk meningkatkan kekerasan, kekuatan, ketahanan masa pakai, dan stabilitas dimensi. 

6. Ojiyas Limit Ring Gauge

Ojiyas limit ring gauge untuk ulir sekrup tersedia pada kelas yang sama dengan sekrup standar. Limit gauge Go dan No-Go digunakan untuk memeriksa keakuratan ulir. Benda kerja diperiksa dengan limit ring gauge untuk memastikan bahwa benda tersebut berada dalam batas atas dan bawah dari deviasi dan toleransinya.

7. Ojiyas Thread Ring Gauge

Ojiyas standard thread gauge terdiri dari thread ring gauge dan thread plug gauge yang pas. Elemen dari bagian yang disekrup dibuat sangat mirip dengan profil dasar ulir sekrup. Pengukur ini cocok untuk memeriksa sejumlah kecil sekrup yang harus dipasang dengan sempurna. 

8. Ojiyas NPTF Thread Ring Gauge

NPTF yang menerapkan standar Amerika (ANSI) digunakan untuk menyambung pipa ful atau minyak di kapal, mobil, pesawat terbang, dan lain-lain. Dalam ulir NPTF, ketahanan kerapatan bagian ulir dapat diperoleh bahkan tanpa menggunakan gabungan segel.

 

 

Apa Itu Thread Gauge?

Thread gauge adalah alat inspeksi yang diproduksikan secara presisi dan memiliki toleransi yang sangat ketat khususnya pada ulir yang akan digunakan sebagai alat inspeksi sehingga sangat praktis digunakan yang biasanya dilengkapi dengan sisi GO dan NO-GO. Fungsi utama thread gauge yaitu untuk meninspeksi ulir pada produk yang berulir baik itu ulir dalam (Internal Thread) ataupun ulir luar (External Thread). Thread gauges ini disebut sebagai alat inspeksi karena tidak memberikan kita suatu nilai pengukuran namun memberikan kita informasi kecocokan suatu ulir yang diproduksikan seperti major diameter, pitch diameter dan TPI pada ulir. Mengapa demikian karena thread gauge ini diproduksi berdsarkan gambar atau pemintaan pelanggan dan diproduksi dengan toleransi yang ketat.

Jenis-Jenis Thread Gauge

Ulir atau thread, Tentu sudah tidak asing didengar apa lagi bagi para teknisi ataupun machinist, karena ulir yang biasanya ada pada baut dan mur bisa kita temukan hampir pada semua alat rumah tangga dan elekronik. Jika saudara pernah bongkar alat electronic kemudian hilang bautnya dan kepikiran untuk beli baut yang tepat untuk alat elekronik tersebut. Yang pertama terlintas dipikiran kita pasti ukuran dari baut tadi berapa, panjang berapa, kepala baut, jenis ulir dan TPI ( Thread Per Inch ), pada kesempatan ini kita akan membahas lebih detail pada Pemilihan ulir. Thread gauges ini dibagi menjadi dua yaitu thread Plug dan thread Ring, Berikut contoh gambar thread gauges.

1. Thread Ring Gauge

Thread Ring Gauge

Thread Ring Gauge

Thread Ring digunakan untuk menginspeksi Ulir Luar suatu produk, Jika Thread Ring ini bisa masuk pada ulir luar suatu produk hingga ujung Ulir-nya. Maka bisa Asumsikan produk yang diproduksikan sesuai dengan standard yang diinginkan.

2. Thread Plug Gauge

Thread Plug Gauge

Thread Plug Gauge

Sedangkan Thread Plug digunakan untuk menginspeksi Ulir dalam suatu produk, Jika Thread Plug ini bisa masuk pada ulir dalam suatu produk hingga ujung Ulir-nya. Maka bisa Asumsikan produk yang diproduksikan sesuai dengan standard yang diinginkan.

Cara Menentukan Ukuran Ulir Pada Thread Gauges

Bagi anda yang masih baru pada thread gauge kami akan menjelaskan beberapa hal penting dalam menentukan ulir, variable dalam ulir itu bisa bermacam-macam mulai dari jenis Ulir Metric (M) atau UNC (Unified Croase), Major Diameter, Pitch, Toleransi, Left hand (LH) atau Right Hand (RH) Thread. Kesempatan ini saya akan membataskan pembahasan kita pada metric thread major, pitch diameter, Pitch dan minor diameter.

 

Major Diameter

Pada gambar di atas kita bisa lihat ukuran major diameter pada suatu ulir merupakan diameter terluar dari suatu ulir, untuk mengukur major diameter kita bisa mengunakan Kaliper atau micrometer, penting untuk diperhatikan saat pengukuran major diameter perlu untuk mengukur beberapa posisi pada ulir untuk memastikan ulir yang diukur parallel atau taper.

Pitch Diameter

Pitch Diameter terletak di tengah antara minor dan major diameter dari suatu ulir, pitch diameter berperan penting sebagai penentu apa suatu ulir akan cocok dengan pasangan ulir nya yaitu ulir external dan internal, karena di pitch diameter ini ulir akan bertemu (bersingungan). Cara pengukuran pitch diameter ini agak susah biasanya orang mengunakan metode 3 wire. Selain metode 3 wire, kita bisa juga mengukur pitch diameter dengan bore gauge custom.

Minor Diameter

Minor diameter biasanya jarang disebutkan dalam menentukan suatu thread karena jika pitch dan major yang diinginkan sudah sesuai minor akan menyesuaikan karena sebenarnya thread memiliki standard yang harus diikuti, tapi untuk pengukuran itu harus dilakukan untuk memastikan diameter minor sudah sesuai standard atau tidak cara nya bisa mengukur dengan micrometer biasa nya mengunakan spindle yang pointed agar bisa mencapai diameter terdalam pada ulir.

Measuring Pitch, Major and Minor Diameter

Pitch

Cara pengukuran Pitch pada suatu ulir bisa bermacam bagi para machinist tentu akan mencari pitch gauge karena merupakan cara tercepat dalam mendapatkan ukuran pitch. Pitch ini juga adalah hal penting dalam pemilihan ulir karena penamaan suatu ulir selalu ada dicantumkan pitch.

Dari penjelasan diatas kami yakin bisa memberikan suatu gambaran dalam pemilihan ulir, tapi dari semua yang saya jelaskan diatas apa mungkin suatu perusahaan besar yang produksi berribu-ribu unit dalam sehari akan mengukur dengan cara manual seperti yang saya jelaskan di atas. Apa lagi jika ulir yang di buat suatu perusahaan itu memiliki toleransi yang sangat ketat. Tentunya akan sangat memakan waktu dan tenaga dalam pegukuran diatas, lantas apa cara yang paling efektif dan efisien untuk mengidentifikasikan suatu ulir itu sudah memenuhi standar yang diinginkan.

Salah satu Solusi terbaik untuk menidentifikasi ulir memenuhi suatu standard tanpa harus menghabiskan banyak tenaga, waktu dan resources, adalah mengunakan thread gauge. Pengunaan thread gauge sangat dikenal pada perusahaan yang ada memproduksikan ulir pada kompenen mereka karena kemudahan nya dalam menidentifikasikan suatu ulir. Thread gauge akan diproduksi sesuai kebutuhan perusahaan dan mengikuti toleransi yang diberikan oleh perusahaan, thread gauge juga bisa direquest dengan ulir Go dan No Go, arti nya jika suatu ulir masuk dalam ulir Go artinya ulir tersebut memenuhi standard dan toleransi yang diinginkan perusahaan.

Sebaliknya jika ulir tersebut masuk pada ulir No Go artinya ulir tersebut sudah melewati toleransi yang diberikan oleh perusahaan.

Distributor Thread Gauge di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia menawarkan berbagai pilihan thread gauge dari merek terkemuka yaitu Ojiyas. Kami menawarkan berbagai ukuran dan tipe gauge. Sales staff kami akan membantu Anda menemukan gauge terbaik untuk aplikasi Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk yang kami tawarkan, kontak kami untuk mendiskusikan kebutuhan Anda.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri.