Stroboskop - Fungsi dan Contoh Stroboscope Terbaik

February 18, 2022   |   In Measurement

Stroboscope adalah perangkat operasi manual portabel sederhana yang digunakan untuk pengecekan kecepatan (speed checking) benda berputar atau frekuensi benda yang bergetar. 

Apakah Anda pernah mencoba mengukur kecepatan part Anda dengan alat ini? Jika belum, Anda perlu tahu kegunaan dan contoh stroboskop yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Contoh Stroboscope yang Dijual di Indonesia

1. Shimpo Portable Stroboscope DT-315N

 

DT-315N battery powered stroboscope dirancang portabel, sangat stabil dan akurat, berkualitas industri untuk pengukuran RPM non-kontak, inspeksi dan pengamatan bagian yang bergerak dengan tindakan freezing atau slowing down.

2. Shimpo Stroboscope ST-320BL Black Light LED

 

ST-320BL Black Light LED Stroboscope (UV Strobe) memberikan cahaya dalam spektrum Ultraviolet yang digunakan untuk penandaan keamanan, watermark, label, dan lain-lain. ST-320BL dapat digunakan sebagai strobo portabel genggam dan memiliki LED tahan lama yang memberikan distribusi cahaya yang merata.

3. Shimpo Portable Stroboscope DT-725

 

DT-725 Stroboscope adalah seri yang memiliki bobotnya lebih ringan dengan kisaran flash 4-12.500 RPM/FPM, berkualitas industri yang sangat stabil untuk pengukuran RPM non-kontak serta untuk inspeksi bagian yang bergerak dengan tindakan freezing atau slowing

4. Shimpo LED Stroboscope Series

 

Shimpo LED Stroboscope series dirancang untuk mengukur putaran, kecepatan dan frekuensi komponen yang berputar / bergerak. Stroboscope LED Shimpo yang terang mampu mengalahkan pencahayaan di sekitarnya dan memberikan efek stop-motion tanpa memerlukan kondisi pengoperasian yang gelap.

Apa Itu Stroboscope?

 

Stroboskop (stroboscope) adalah instrumen atau perangkat fisik optik yang terdiri dari pancaran cahaya yang berkedip dalam frekuensi tertentu untuk memvisualisasikan detail gerakan yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Sumber cahaya yang berkedip ini disebut juga strobotron.

Stroboscope dapat memancarkan cahaya pada frekuensi yang berbeda. Ketika frekuensi gerakan objek sama dengan frekuensi kedipan cahaya dari lampu stroboscope, maka akan tampak gerakan objek tersebut bergerak lambat atau diam.

Fungsi Stroboscope

Stroboscope digunakan untuk mengukur putaran, kecepatan dan frekuensi komponen yang berputar atau bagian yang bergerak. Beberapa stroboskop dapat digunakan tanpa adaptor listrik karena memiliki baterai yang dapat diisi ulang dan setiap modelnya ringan dan mudah digunakan.

Cara Kerja Lampu Stroboscope

Cara kerja stroboskop didasarkan pada efek stroboskopik, yaitu sebuah fenomena visual yang terjadi ketika sumber cahaya yang berkedip menyinari objek yang sedang bergerak, menghasilkan urutan sampel. 

Bergantung pada frekuensi lampu kedip, prosesnya bisa tampak maju atau mundur, sehingga penting untuk menyamakan frekuensi untuk melihat gambar stasioner, yang memungkinkan studi dan pemeliharaan bagian yang bergerak dengan frekuensi tinggi. Kecepatan dapat diukur dengan mengatur frekuensi sehingga objek bergerak hanya terlihat pada interval waktu tertentu. 

Jenis Stroboscope

1. Mechanical Stroboscope

Stroboskop mekanik adalah jenis stroboskop pertama yang dibuat. Stroboskop mekanis menampilkan disk yang digerakkan oleh motor kronometer, dengan kecepatan yang dikontrol secara akurat oleh pengatur pegas.

Saat disk berputar, pengamat melihat melalui slot, sehingga jalur penglihatan antara objek dan mata terganggu dan menghasilkan strobo efek mikroskopis. Jika benda berotasi dan kecepatan disk sinkron dengan gerak benda maka benda akan tampak tidak bergerak. Ketika disk berputar dengan kecepatan yang lebih kecil dari benda maka benda akan tampak bergerak ke depan dan jika disk berputar dengan kecepatan yang sedikit lebih cepat maka benda yang berputar akan tampak bergerak mundur.

2. Electronic Stroboscope

Stroboskop elektronik adalah jenis stroboskop yang memiliki sumber LED untuk menerangi objek bergerak dan mengontrol frekuensi kilatan cahaya. Frekuensi dapat disesuaikan oleh pengguna hingga objek tampak berhenti. Saat ini juga banyak stroboskop elektronik yang menyertakan layar display yang menampilkan informasi pengukuran, seperti kecepatan sudut dalam RPM.

Stroboskop elektronik memiliki keunggulan dibandingkan stroboskop mekanik, yaitu:

  • Penerangan pada objek yang dapat ditingkatkan.
  • Durasi flash dapat dipersingkat menjadi beberapa mikrodetik.
  • Tingkat kedipan dapat dengan mudah dan tepat disesuaikan dan dikalibrasi secara akurat.
  • Beberapa pengamat bisa melihat objek secara bersamaan.

Pengaplikasian Stroboscope di Bidang Industri

Stroboskop dapat diaplikan ke banyak bidang, salah satunya pada bidang industri. Dalam industri, stroboscope umumnya digunakan sebagai alat ukur, pemantauan operasi, penentuan kecepatan dan frekuensi putaran mesin tanpa kontak fisik, serta inspeksi dan penilaian kualitas, seperti pada baling-baling, motor, roda gigi, katrol, rantai, proses tekstil, dan lain-lain. 

Selain membantu mengidentifikasi dan memecahkan masalah mesin berkecepatan tinggi, stroboskop juga dapat diterapkan dalam pengukuran kecepatan peluru, pengukuran torsi, inspeksi manufaktur atau proses fabrikasi, pengukuran frekuensi pada televisi, tabung neon, dan bola lampu.

Distributor Stroboscope di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi stroboscope di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan stroboscope, silahkan hubungi tim kami.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.