Sylvac - Alat Ukur dengan Teknologi Bluetooth untuk Industri 4.0

September 22, 2021   |   In Measurement

Perkembangan Teknologi Industri 4.0

Revolusi industri ke-4 atau disebut juga industri 4.0 adalah sebuah istilah yang digunakan saat ini sebagai tingkatan perkembangan industri teknologi yang fokus kepada transformasi digital dan mendorong sistem otomatisasi di semua prosesnya.

Dalam industri 4.0, dikembangkan cyber physical system (CPS) yang merupakan integrasi antara sistem fisik, komputasi dan jaringan/network. Pemanfaatan jaringan komunikasi pada industri 4.0 ini tentu sangat dibutuhkan dalam menjaga keberlangsungan sistem.

Pada revolusi industri 4.0, terdapat setidaknya 5 teknologi yang menjadi poin utama dalam mengembangkan sebuah industri digital, yaitu Internet of Things, Big Data, Artificial Intelligence, Cloud Computing dan Additive Manufacturing.

Perkembangan Teknologi pada Alat Ukur

Dalam dunia industri, perkembangan teknologi memberikan dampak positif yang signifikan pada kualitas kerja dan biaya produksi. Kehadiran revolusi industri 4.0 ini menjawab permasalahan dari efektivitas dan efisiensi dalam proses produksi.

Hal ini juga mempengaruhi adanya perkembangan teknologi pada alat ukur yang digunakan. 

Alat ukur yang sebelumnya hanya digunakan secara manual atau bergantung pada operator atau penggunanya, saat ini telah berkembang menjadi serba digital dan otomatis, mulai dari sistem nirkabel (wireless), teknologi sensor, dan sistem elektrik lainnya.

Hal ini menghasilkan tingkat presisi dan akurasi yang lebih tinggi dan dapat memberikan kepuasan bagi para konsumen.

Masa Depan Teknologi dalam Metrologi

Teknologi sejatinya akan terus berkembang seiring zaman,  termasuk di bidang metrologi. Memiliki peran yang penting pada sektor industri, metrologi harus bisa beradaptasi dan berinovasi sesuai perkembangan zaman.  

Lalu bagaimana masa depan teknologi dalam metrologi?

Untuk memenuhi kebutuhan industri saat ini, metrologi mulai beralih ke cara baru yang lebih efisien agar dapat mengoptimalkan fungsionalitas peralatan pengukuran dan inspeksi serta dapat mengurangi waktu dan biaya inspeksi.

Berikut ini adalah beberapa prediksi masa depan teknologi dalam metrologi:

a. Sistem metrologi akan lebih kompleks

Pengoperasian mesin yang akan disederhanakan dan memastikan produk memiliki kualitas setinggi mungkin.

b. Peralatan akan lebih mudah untuk digunakan

Peralatan metrologi akan beralih menjadi lebih intuitif dan komprehensif untuk kemudahan penggunaan yang optimal.

c. Teknologi multisensor

Setiap sistem pengukuran setidaknya memiliki satu sensor, baik kontak maupun non-kontak. Namun kedepannya, akan ada penggabungan dua atau lebih sensor dalam satu mesin yang akan menawarkan fleksibilitas, akurasi dan kecepatan yang lebih tinggi, serta kemampuan untuk mengukur bentuk dan fitur yang tidak dapat dilakukan dengan mesin bersensor tunggal.

d. Integrasi perangkat lunak dan perangkat keras

Di masa depan, ditargetkan adanya sinergi antara hardware dan software yang dioptimalkan untuk interaksi dan operasi pengukuran. Penggunaan sistem pemeriksaan computer tomography (CT), khususnya yang diterapkan pada komponen-komponen kecil juga sangat menarik dalam industri peralatan metrologi.

e. Teknologi otomatisasi

Teknologi otomatisasi ditargetkan akan menjadi bagian besar dalam metrologi di masa depan. Pemrograman mesin operator secara bertahap akan berubah menjadi pengukuran otomatis dimana sistem dapat mengukur, menentukan kesalahan dan memperbaikinya sendiri secara otomatis. 

Teknologi Alat Ukur dari Sylvac Untuk Industri 4.0

Sebagai perintis dan ahli dalam sektor metrologi, Sylvac berusaha memberikan solusi dalam akuisisi data dengan pilihan koneksi yang andal dan software pengolahan data yang disediakan di pasaran.

Salah satunya dengan menawarkan koneksi kabel (RS232, kemudian USB). 

Selanjutnya, sejak beberapa tahun terakhir, Sylvac meluncurkan instrumen nirkabel bluetooth yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan metrologi saat ini dengan harga yang bersaing.

Kelebihan Alat Ukur dengan Teknologi Bluetooth Sylvac

Berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keunggulan dari alat ukur Sylvac:

1. Solusi yang benar-benar terintegrasi dalam instrumen

Sylvac memiliki teknologi bluetooth nirkabel yang dipasang pada sistem elektronik instrumen dan tidak memerlukan tambahan aksesoris atau elemen eksternal apapun. Sistem Sylvac juga memiliki keuntungan karena tidak sensitif terhadap cairan atau kotoran.

2. Jarak transmisi yang lebih besar

Jarak maksimum antara instrumen dan perangkat dapat mencapai 5-15 meter, tergantung pada konfigurasi tempat dan ada tidaknya faktor yang berpotensi mengganggu.

Umumnya, koneksi kabel USB dibatasi hingga 7 meter, namun dengan teknologi nirkabel bluetooth Sylvac, jangkauan transmisi instrumen yang dihasilkan dapat lebih besar daripada koneksi kabel.

3. Otonomi

Pencapaian teknologi Sylvac adalah menawarkan teknologi nirkabel bluetooth yang hemat energi. Instrumen ini didukung oleh standar baterai lithium yang dapat tetap terhubung dan digunakan selama beberapa minggu, bahkan beberapa bulan.

Hal ini dicapai berkat adanya sistem pengukuran yang dipatenkan oleh Sylvac (atau Sylvac System) yang hanya membutuhkan energi minimum. 

4. Transmisi Dupleks

Saat ini, instrumen Sylvac adalah satu-satunya instrumen yang dapat berkomunikasi dua arah dengan teknologi nirkabel bluetooth dengan periferal yang terhubung. Sehingga keduanya dapat mengirimkan, menerima serta menafsirkan nilai dan informasi. 

5. Harganya sama dengan instrumen kabel

Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih instrumen adalah faktor harga. Instrumen Sylvac dengan teknologi nirkabel bluetooth menawarkan manfaat yang tidak lebih mahal daripada instrumen kabel digital tradisional.

Oleh karena itu, instrumen tersebut dapat digunakan dimanapun sebagai pengganti instrumen kabel.

Bagaimana Cara Menggunakan Alat Ukur Dengan Teknologi Bluetooth

Secara konsep, bluetooth diciptakan tidak hanya untuk menggantikan atau menghilangkan penggunaan kabel dalam proses pertukaran informasi, namun juga mampu menawarkan fitur teknologi mobile wireless dengan biaya dan konsumsi daya yang lebih rendah, interoperabilitas yang menjanjikan, mudah dalam pengoperasian dan mampu menyediakan berbagai layanan.

Instrumen Sylvac dengan teknologi nirkabel bluetooth dapat dihubungkan ke komputer, ke unit tampilan D300S dan D400S, dan ke ponsel pintar atau tablet. Berikut adalah cara menghubungkannya:

1. Menghubungkan ke komputer

Proses menghubungkan alat ukur berteknologi nirkabel bluetooth ke komputer tergantung pada instrumen dan sistem operasi Windows pada komputer Anda.

Solusi yang paling terbaik adalah dengan memasang dongle bluetooth Sylvac ke komputer Anda yang dapat terhubung ke 8 instrumen sekaligus.

Instrumen Sylvac terbaru juga memilikI Human Interface Device (HID) dengan mode komunikasi langsung yang memungkinkan instrumen terhubung ke komputer sebagai keyboard peripheral dan dapat mengirimkan nilai/data dalam aplikasi perangkat lunak apapun. 

2. Menghubungkan ke unit tampilan multifungsi

Unit tampilan D300S Sylvac dapat dilengkapi dengan dongle bluetooth Sylvac untuk menghubungkan hingga 8 instrumen bluetooth Sylvac. Hal ini berlaku juga untuk unit D400S yang memiliki 1-12 modul M-Bus BT yang dapat dihubungkan dengan banyak instrumen bluetooth Sylvac.

3. Menghubungkan ke ponsel pintar atau tablet

Instrumen sylvac juga dapat dihubungkan langsung dengan ponsel pintar dan tablet Android maupun iOS. Aplikasi demonstrasi Sylvac tersedia pada Google Store dan Apple Store. Aplikasi ini menunjukkan koneksi salah satu dari instrumen Sylvac dengan teknologi bluetooth ke salah satu perangkat peripheral ini. 

Software untuk Alat Ukur Sylvac

1. Software Sylcom

Sylcom adalah produk perangkat lunak terbaru yang diluncurkan oleh Sylvac dan telah dirancang untuk memproses informasi dari instrumen yang terhubung melalui teknologi Nirkabel bluetooth atau melalui kabel USB. 

Beberapa mode tampilan tersedia sehingga status variabel yang diukur (GO/NG) dapat divisualisasikan secara instan. Sylcom juga dapat digunakan untuk mengukur komponen secara berurutan, untuk mengumpulkan semua nilai secara bersamaan dan untuk menentukan interval waktu untuk menyimpan nilai secara otomatis. Datanya bisa disimpan di Sylcom dan kemudian diekspor ke file Excel.

Software Sylcom Lite (terbatas pada 1 koneksi) dapat diunduh secara gratis melalui Website Sylvac

Software Sylcom Standard versi lengkap dengan kapasitas hingga 16 instrumen, Sylcom Advanced (paket tambahan) dengan kapasitas 128 instrumen (maksimal 40 instrumen dengan teknologi bluetooth nirkabel dengan fungsi dan koneksi canggih modul M-Bus) dan Sylcom Pro (paket tambahan, berisi Sylcom Advanced, atau versi lengkap) dapat dipesan melalui PT LFC Teknologi Indonesia distributor Sylvac di Indonesia.

2. Software Vmux

Vmux adalah fitur perangkat lunak transfer data yang dapat dianggap sebagai virtual interface.

Vmux menetapkan port COM ke instrumen yang terhubung melalui transmisi bluetooth nirkabel atau dengan kabel USB, selanjutnya mengalihkan nilai/data dari instrumen ke perangkat lunak Windows apapun (seperti SPC).

Vmux kompatibel dengan semua software SPC yang menggunakan transmisi dan data query melalui port COM. 

Untuk aplikasi paling sederhana, Vmux cukup mengekspor nilai ke dalam file excel dan sangat ramah bagi pengguna. Vmux adalah pengganti yang sangat baik untuk kotak multiplekser yang digunakan di masa lalu.

Software versi Vmux Lite (terbatas pada 1 koneksi) dapat diunduh secara gratis melalui Website Sylvac

Software Vmux versi lengkap dengan kapasitas hingga 32 instrumen (maksimal 16 instrumen dengan transmisi bluetooth nirkabel) dapat dipesan melalui PT LFC Teknologi Indonesia distributor Sylvac di Indonesia.

3. Software Sylvac Anywhere

 

Software Sylvac Anywhere memungkinkan untuk menampilkan nilai instrumen dengan teknologi bluetooth nirkabel pada tablet dan smartphone Android, mulai dari versi 5.0 dan Apple dari versi iOS9, dilengkapi dengan teknologi bluetooth nirkabel 4.0.

Software ini memiliki kemampuan untuk menyimpan data pada touchpad atau smartphone ke PDF atau Excel dan mengekspor data di Google Drive atau iCloud. Sylvac Anywhere tersedia secara gratis pada Google Play Store dan App Store.

Transmisi Nirkabel Pada Alat Ukur Sylvac

1. Sylvac Bluetooth USB Dongle

 

Sylvac Bluetooth USB Dongle dirancang untuk mentransmisikan hasil instrumen yang diukur ke perangkat multiplekser, tampilan monitor, atau pengaturan yang dapat diprogram pada komputer.

2. Sylvac Footpedal S_Footswitch BT

 

Sylvac Footpedal S_Footswitch BT dirancang untuk mengirimkan hasil pada instrumen yang diukur ke berbagai perangkat seperti perangkat multiplekser, tampilan monitor, atau pengaturan yang dapat diprogram pada komputer. Perangkat ini memudahkan operator saat melakukan pengukuran, perakitan, atau pengujian suku cadang untuk perekaman data secara langsung ke spreadsheet. 

Contoh Alat Ukur Yang Sudah Dengan Teknologi Wireless

1. Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO SMART

 

Sylvac Digital Caliper S_Cal EVO SMART dirancang untuk memberikan kekokohan pengukuran jarak dengan presisi tinggi bersertifikat IP67, aman digunakan di lingkungan kerja yang keras dengan kontak langsung ke cairan pendingin, oli, aplikasi air dan bahan kimia pada setiap lantai fabrikasi. Kaliper juga dilengkapi dengan layar ekstra besar dan tombol yang dapat diprogram untuk menyesuaikan fungsinya.

2. Sylvac Micrometer S_Mike PRO Point BT

 

Sylvac Micrometer S_Mike PRO Point BT ditawarkan dengan anvil tipe knife 0,5 mm - Cone 30° / Ø 0,5 mm. Mikrometer ini terbuat dari rangka baja tahan karat dengan lapisan enamel abu-abu halus untuk perlindungan terhadap korosi, goresan dan perbedaan suhu. Alat ini juga memiliki teknologi Bluetooth terintegrasi dan bekerja dengan menggunakan mekanisme ratchet yang presisi.

3. Sylvac Digital Indicator S_Dial Work Bluetooth SMART

 

Sylvac S_Dial Work BT Smart adalah indikator digital dengan transmisi bluetooth bawaan. Alat ini memiliki kesalahan maksimal hingga 3 μm dengan poros penjepit yang diperkuat. Perangkat ini juga dapat digunakan untuk peralatan pengukur improvisasi dengan software Vmux Sylvac. Kombinasikan dengan tampilan digital D300S untuk deteksi pengukur otomatis dan pengalaman pengumpulan data yang lebih mudah.

4. Sylvac Bore Gauges Xtreme 3 Digital BT

 

Sylvac Bore Gauge Xtreme 3 Digital BT terdiri dari 2 atau 3 titik kepala mekanis yang dapat dipertukarkan. Alat ini terintegrasi dalam badan mikrometer atau dalam pegangan pistol yang menjamin pengukuran yang pasti dan cepat. Rentang pengukuran berkisar dari 2- 500 mm pada tipe Xtreme.

5. Sylvac Depth Gauge S_Depth EVO BT TJ

 

Sylvac Depth Gauge S_Depth EVO BT TJ adalah satu-satunya pengukur kedalaman dengan aplikasi serbaguna untuk meningkatkan akurasi dengan atau tanpa dudukan. Perangkat dapat secara otomatis beralih arah saat mengukur. Perangkat ini menggunakan baterai dengan daya tahan baterai 5000 jam. 

6. Sylvac Digital Height Gauge Hi_Cal V2 SMART

 

Sylvac Height Gauge Hi_Cal V2 SMART menawarkan akurasi dan efisiensi tinggi, dengan layar yang besar dapat secara bersamaan menampilkan diameter dan garis tengah. Anda dapat menggunakan probe bermotornya untuk menginterpolasi dan mengirim data pengukuran dengan mudah melalui koneksi RS232-USB untuk rekaman yang dapat dilacak atau analisis statistik lebih lanjut pada spreadsheet.

7. Sylvac Digital Protractor V2 BT

 

Sylvac Digital Protractor V2 BT telah dirancang dalam format yang mudah digunakan dengan fungsi pencatatan data melalui koneksi bluetooth. Tampilan instrumen yang mudah dibaca, output digital, dan berbagai aksesoris, instrumen ini dapat melakukan sebagian besar tugas pengukuran sudut dengan sangat mudah. Operator sekarang dapat menggunakan Sylvac Digital Protractor V2 BT ini di bengkel permesinan atau laboratorium desktop juga.

8. Sylvac Digital Feeler Gage

 

Sylvac Digital Feeler Gauge yang canggih dan unik (kelas toleransi TC1 menurut DIN2275) mengukur jarak dan celah pada objek secara tepat. Tidak seperti feeler gauge lainnya, Sylvac Digital Feeler Gauge bekerja secara digital, dilengkapi dengan layar digital untuk memudahkan pembacaan skala pengukuran. Feeler gauge ini juga dilengkapi dengan teknologi nirkabel bluetooth terintegrasi, sehingga data yang didapat bisa langsung ditransfer ke komputer atau gadget Anda. 

9. Sylvac Bench Table Measurement PS16 V2

 

Sylvac Bench Table Measurement PS16 V2 dirancang sebagai mikrometer serbaguna dalam mengukur diameter eksternal internal, konsentrisitas, pitch gearing, micro thread, dan banyak lagi. Berkat desainnya yang ramah pengguna dan konektivitas Bluetooth, data dapat ditransfer ke smartphone atau spreadsheet di PC untuk memungkinkan tingkat pemeriksaan yang lebih cepat. Sylvac Bench Table PS16 V2 juga dapat dilengkapi dengan tahap x,y,z untuk memasang spesimen secara akurat. Peralatan multi-pengukur improvisasi juga dapat diatur dengan tampilan digital.

10. Sylvac S_Dial Mini Digital Indicator

 

Sylvac S_Dial Mini adalah komparator digital terkecil yang tersedia di pasaran, dengan housing non-rotating 45 mm yang ringkas. Sylvac S_Dial Mini sangat ideal untuk diintegrasikan ke dalam mesin atau berbagai perlengkapan pengukuran. Versi Protected hadir dengan spindel yang dilindungi bellow tanpa tutup lifting, sedangkan versi Standard hadir tanpa bellow, dengan atau tanpa tutup lifting.

Distributor Alat Ukur Sylvac di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi alat ukur Sylvac di Indonesia. 

Jika Anda ingin berdiskusi seputar alat ukur untuk mendukung bisnis Anda dan industri 4.0, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.