Mengapa Anda Sebaiknya Menggunakan Enclosure Cooling Unit (AC Panel)?

May 14, 2020   |   In Machinery

Lokasi kerja tanpa ventilasi yang baik, dapat menimbulkan berbagai macam resiko serius. Mulai dari mesin pengemas, forklift, krat, mesin cat, atau mesin press seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Debu, asap, panas serta bahan kimia dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan kesehatan pekerja.
Sebelum memilih pendingin mana yang akan Anda gunakan, ada beberapa faktoryang dapat dipertimbangkan terlebih dahulu, yaitu : suhu lingkungan dan lingkungan kabinet kontrol, ukuran kabinet kontrol, kekuatan perangkat listrik di kabinet kontrol, daerah sekitarnya, konsumsi energi masing-masing variasi termal dan banyak lagi.

Ada 4 cara berbeda untuk mendinginkan mesin Anda; tipe kipas(fan), tipe penukar panas (heat exchanger), tipe AC, dan tipe unit pendingin enklosur(cooling unit/ac panel).
Fan

Berfungsi dengan sedikit kompleksitas dengan memasang kipas di samping unit kontrol untuk menarik udara dari luar untuk mengurangi panas di dalam unit untuk mencegah akumulasi panas. Jumlah panas yang berkurang dalam unit kontrol terutama tergantung pada suhu yang berdekatan. Metode ini menggunakan sistem terbuka yang dapat memasukkan kontaminan dan kelembaban ke dalam unit kontrol Anda yang pasti tidak akan membawa manfaat.
 
Heat Exchanger

Metode ini lumayan populer di gunakan karena biaya yang lebih rendah daripada AC. Namun metode ini tidak efektif ketika digunakan di negara-negara dengan iklim panas karena mekanismenya mengharuskan suhu luar lebih rendah dari suhu unit kontrol untuk menyerap panas dan mengurangi suhu unit.
 
AC (Air-Condition)

Metode ini cukup menguras biaya dan memerlukan banyak ruang. Panas yang terakumulasi di dalam unit kontrol tidak akan memiliki outlet. Memperbaiki masalah ini dengan memasang kipas ke unit kontrol untuk menarik udara dingin menyebabkan biaya lebih tinggi dan kemungkinan kontaminan dimasukkan ke unit kontrol yang mengarah pada peningkatan pemeliharaan dan perbaikan dalam jangka panjang.
 
Cooling Unit/AC Panel

Metode ini adalah solusi untuk memecahkan masalah retensi panas dalam unit kontrol dan juga dapat mencegah kelembaban dan kontaminan (yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen dan peralatan di dalam unit) lebih baik daripada metode lain.

Berfungsi sebagai sistem tertutup yang menghasilkan kesejukan di dalam komponen yang memasok udara dingin di dalam unit kontrol untuk menyebarkan panas. Panas dialirkan ke saluran udara untuk didistribusikan ke luar.

Anda  hanya perlu menginstal komponen ke celah pembukaan ke kabinet kontrol dan segel kabinet kontrol untuk menciptakan batas untuk menjaga kesejukan di dalam.
view more