Adhesion Tester - Alat Uji Daya Rekat Material

January 20, 2022   |   In NDT

Adhesion testing adalah proses pengukuran menggunakan alat adhesion tester, guna mengetahui kualitas dari suatu material. Uji adhesi dapat dilakukan melalui berbagai sistem pengujian, bergantung pada kebutuhan aplikasi Anda.

Simak informasi seputar adhesion tester berikut ini.

Adhesion Tester Yang Dijual di Indonesia

1. DeFelsko PosiTest AT-M Manual Adhesion Tester

PosiTest AT-M Manual adalah pull-off adhesion tester yang dirancang dengan pompa hidrolik manual yang menerapkan tekanan yang halus dan terus menerus dalam 1 kali tekan. AT-M Manual juga dilengkapi dengan memori internal untuk menyimpan data pengukuran yang dapat dihubungkan ke software PosiSoft Desktop.

2. DeFelsko PosiTest AT-A Automatic Adhesion Tester

PosiTest AT-A adalah pull-off adhesion tester dirancang dengan pompa hidrolik otomatis. Tingkat tarikannya dapat Anda pilih sesuai metode pengujian, termasuk logam, kayu, dan beton, serta memiliki baterai isi ulang internal.

Apa Itu Adhesion Tester?

Adhesion tester adalah alat uji daya rekat lapisan terhadap substrat material. Proses adhesion testing ini dapat menentukan kekuatan adhesi dari gaya yang dibutuhkan untuk menarik perekat (adhesive) dari permukaan.

Ketika perekat direkatkan ke permukaan, banyak kekuatan fisik, mekanik, dan kimia yang saling memberi efek satu sama lain. Hal inilah yang perlu diuji sebelum suatu produk dapat digunakan.

Fungsi Adhesion Tester

Adhesion tester berfungsi untuk mengukur daya rekat atau kekuatan tarikan lapisan pada substrat secara akurat. Alat ini dapat digunakan untuk lapisan pada logam, kayu, plastik, beton dan substrat lainnya.

 

Mengapa Industri Membutuhkan Adhesion Tester?

Dengan adhesion tester, Anda dapat mengontrol kualitas produk, sesuai standar industri dan sesuai spesifikasi pelanggan melalui pengujian dan verifikasi kemampuan adhesi. 

Adhesion testing dapat diaplikasikan pada produk konsumen hingga proyek konstruksi skala besar. Contohnya di industri coating, alat ini dapat menentukan apakah cat melekat dengan baik pada substrat. Sedangkan pada proyek konstruksi, alat ini dapat mengetahui kemampuan adhesi melindungi baja agar dapat terhindar dari keausan dan korosi. 

Distributor Adhesion Tester di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi adhesion tester di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk berdiskusi seputar kebutuhan adhesion tester di perusahaan Anda.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.