Plastiform - Cara Mudah Mengukur Part Tanpa Dibelah

June 29, 2022   |   In Measurement

Saat akan melakukan pengukuran dimensi dari suatu part yang kompleks, part tersebut seringkali harus dibelah menjadi 2 bagian terlebih dahulu. Hal ini berimbas pada proses pengukuran yang panjang, rumit dan mahal bagi perusahaan.

Plastiform memungkinkan Anda untuk melewati masalah ini dengan melakukan pengujian non-destruktif tidak langsung, secara cepat dan efisien. Dengan alat ukur ini, Anda tidak perlu lagi membelah part yang akan diukur. 

Contoh Plastiform Yang Dijual di Indonesia

1. Sylvac Plastiform Liquid Products SRL

2. Sylvac Plastiform Cement Products SRC

3. Sylvac Plastiform Dough Product (SRD)

Apa itu Plastiform?

Plastiform adalah bahan replika berbahan dasar silikon yang digunakan untuk membuat cetakan dengan presisi tinggi untuk aplikasi industri, contohnya saat quality control.

Plastiform terdiri dari 2 komponen yaitu bahan dasar dan pengeras. Ketika bersentuhan satu sama lain, bahan ini akan berpolimerisasi dan mengeras, sehingga mereplikasi secara detail ukuran, geometri, dan tekstur permukaan tempat produk dituangkan dengan presisi ±1μm.

Jenis-Jenis Plastiform

Plastiform tersedia dalam 3 jenis konsistensi, yaitu:

1. Liquid (Fluid)

Plastiform bentuk liquid mampu dengan sendirinya menyesuaikan bentuk wadah pengaplikasian dan dapat dituangkan dengan mudah, bahkan dalam detail yang sangat kecil.

2. Cement (Pasty)

Jenis ini tidak mengalir dan digunakan untuk cetakan impression sektoral (internal maupun eksternal), dan dapat diaplikasikan pada permukaan vertikal atau permukaan bagian atas.

3. Dough (Manual)

Dengan konsistensi seperti tanah liat (clay), plastiform ini dicampur dan diaplikasikan dengan tangan untuk membuat impression internal maupun eksternal.

Keunggulan Plastiform

1. Volume Tidak Menyusut

Polimerisasi ini, yang berlangsung selama kurang lebih 6 menit, tidak menyebabkan hilangnya volume.

2. Akurasi Micron (μm)

Produk plastiform meniru semua detail permukaan (dimensi, bentuk, permukaan akhir, dll) hingga presisi yang lebih baik dari 1 µm.

3. Shape-Retention Memory

Saat padat, bentuk plastiform akan kembali ke bentuk semula, meskipun terdistorsi sementara.

4.Tidak Menempel dan Tidak Beresidu

Plastiform dapat diaplikasikan pada setiap jenis permukaan seperti logam, PVC, kayu, plester, dan lain sebaiknya, bahkan di dalam air.

5. Ramah Lingkungan

Tidak beracun dan tidak menimbulkan polusi. Produk plastiform dapat digunakan tanpa tindakan pencegahan khusus. 

6. Stabilitas Dimensi

Tidak akan berkurang seiring waktu dan dapat digunakan untuk referensi di masa mendatang.

7. Resistensi

Plastiform tahan terhadap sebagian besar perlakuan kimia, mekanis, dan panas (hingga suhu 200°C - 250°C).

Distributor Plastiform di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi plastiform di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan plastiform di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.