Dew Point Meter untuk Environmental Monitoring

April 08, 2021   |   In NDT

Apa itu dew point? Dew point adalah suhu di mana udara harus didinginkan agar uap air di dalamnya mengembun menjadi embun atau embun beku. Pada suhu berapa pun, ada jumlah maksimum uap air yang dapat ditampung udara. Jumlah maksimum ini disebut tekanan saturasi uap air. Penambahan lebih banyak hasil uap air dalam kondensasi.

Mengukur parameter iklim ketika ingin melakukan proses pengecatan adalah hal penting bagi industri manufaktur khususnya di bidang otomotif dan konstruksi. Dew Point Meter adalah sebuah alat instrumen yang dirancang untuk mengukur dan mencatat parameter iklim seperti kelembapan relatif, suhu udara, suhu permukaan, suhu titik embun, dan perbedaan antara permukaan dan suhu titik embun. Biasanya alat ukur ini digunakan untuk syarat aplikasi coating atau painting.

Apabila tingkat kelembapan terlalu tinggi, hasil pengecatan akan muncul titik-titik kecil yang nantinya akan membuat hasil pengecatan menjadi seperti kulit jeruk. Selain kelembapan, kabut dan pengembunan juga bisa mendatangkan bahaya korosi dari udara karena membasahi seluruh permukaan. Kebanyakan logam seperti besi, baja, nikel, tembaga dan seng akan mengalami korosi bila kelembaban relatif lebih dari 60 %. Jika kelembaban lebih dari 80 %, karat pada besi dan baja menjadi higrosopik (menyerap air) dan dengan demikian laju korosi meningkat lagi.

 

DeFelsko PosiTector Dew Point Meter (DPM) hadir untuk mengukur suhu udara agar proses pengecatan menghasilkan lapisan yang baik sehingga mencegah terjadinya korosi. Dengan Defelsko Positector DPM, setiap operator dapat mengukur parameter iklim sehingga dapat menentukan  sisa umur atau aplikasi lainnya. Sehingga dapat terhindar dari berbagai kerusakan akibat kelembapan atau suhu.

 

Fitur-fitur DeFelsko DPM:

  • Hasil bacaan terus diperbarui dan ditampilkan 
  • Weatherproof (solvent, acid, oil, water, and dust resistant)
  • Sensor presisi respon cepat dan akurat
  • Mode Auto-Log merekam parameter lingkungan pada interval waktu yang ditentukan
  • Dapat dihubungkan dengan USB, WIFI, dan bluetooth ke PC, Mac dan smartphone
  • Sesuai standar ISO 8502-4, BS 7079-B4, ASTM D3276, IMO PSPC, SSPC-PA7 and US Navy NSI 009-32.

 

Hasil pengukuran dan grafik yang disimpan oleh PosiSoft USB Drive dapat diakses menggunakan PC

 

Interchangeable probe