Inspeksi Ulir API Menggunakan Bahan Impresi Plastiform

May 29, 2023   |   In Measurement

Plastiform adalah bahan replika yang banyak digunakan oleh produsen OCTG (Oil Country Tubular Goods), yakni untuk melakukan kontrol dan pemeriksaan API thread, tubing, dan casing. OCTG sendiri terdiri dari pipa baja khusus yang digunakan dalam setiap kegiatan pengeboran, ekstraksi, dan transportasi minyak dan gas bumi.

Pendahuluan

1. Fungsi Ulir

Adanya ulir (thread) pada produk tabung sumur minyak umumnya berfungsi untuk 2 hal, yaitu:

  1. Untuk merakit pipa yang harus menahan tegangan tinggi, dan

  2. Untuk menghindari kebocoran atau masuknya cairan ke dalam kolom yang berbeda.

Saat proses pembentukan ulir, cutting tool yang digunakan bisa saja mengalami keausan. Dan apabila terjadi keausan yang berlebihan, ulir yang dihasilkan akan memiliki cacat permukaan dan di luar toleransi. Akibatnya, ketahanan ulir terhadap gaya mekanis akan berkurang.

Ulir eksternal pada mesin bubut

2. Inspeksi Ulir (Thread inspection)

Oleh sebab itu, ujung yang berulir harus diperiksa dimensinya. Pemeriksaan atau inspeksi ini dilakukan di pabrik tempat pembuatannya (di sinilah Plastiform digunakan) dan juga diperiksa secara visual di lapangan.

Inspeksi di pabrik biasanya dilakukan dengan sampling statistik untuk mengontrol proses. Sedangkan inspeksi lapangan biasanya dilakukan secara visual untuk memeriksa keausan dan kerusakan.

Ulir API dan Premium

Sambungan casing secara luas diberi nama sebagai API & Premium. Hal ini tidak serta merta menuntut karakteristik yang unggul tetapi juga fitur yang berbeda dan biasanya dikaitkan dengan harga premium.

Koneksi premium adalah jenis koneksi kelas tinggi yang digunakan untuk menghubungkan pipa casing atau tubing. Terdapat 2 jenis utama dari koneksi premium, yaitu:

1. Koneksi Coupling (Coupled Connection)

Jenis koneksi threaded and coupled (T&C) adalah alat kelengkapan pipa yang paling umum digunakan pada sumur minyak dan gas. Dalam hal ini, 2 pipa disambungkan oleh komponen ketiga yang disebut kopling (coupling).

2. Koneksi Integral (Integral Connection)

Jenis koneksi integral menghubungkan 2 pipa tanpa elemen atau sambungan ketiga. Dalam hal ini, tabung memiliki ulir eksternal (pin) di salah satu ujung dan ulir internal (kotak) di ujung lainnya.

Jenis premium connection

Inspeksi Menggunakan Bahan Impresi

1. Inspeksi Cetakan (Mold) dengan Plastiform

Impresi Plastiform adalah bahan cetakan presisi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi bentuk ulir premium secara tidak langsung. Impresi ini dapat dibuat dalam waktu kurang dari 6 menit dan menghasilkan dimensi dengan akurasi tingkat mikron. 

Plastiform dapat Anda digunakan untuk memeriksa ulir eksternal (pin) dan internal (kotak) pada pipa dan kopling, di pabrik dan juga di lapangan.

Plastiform dapat diaplikasikan dengan 2 cara, yaitu :

  • Dengan tangan, menggunakan malleable putty.

  • Dengan injeksi menggunakan sistem cartridge.

2. Prosedur Inspeksi dengan Plastiform di Pabrik

Berikut ini adalah step-step penggunaan Plastiform untuk inspeksi ulir di pabrik.

Prosedur Inspeksi dengan Plastiform

Pertama, bersihkan permukaan dengan sempurna, menggunakan bahan degreaser yang divalidasi untuk Plastiform. 

Kedua, buat cetakan dengan mengikuti petunjuk penggunaan dan lembar data teknis untuk menerapkan Plastiform. Tunggu waktu yang ditentukan sebelum menghapus impresi.

Ketiga, potong cetakan Plastiform menggunakan Double Blade Cutter untuk mendapatkan potongan yang mudah diperiksa pada alat ukur.

Keempat, profil yang diperoleh langsung diperiksa dan diukur dengan alat ukur optik (proyektor profil atau mikroskop optik).

Adapun bagian yang diukur atau diperiksa pada ulir API Premium, bagian seal, dan shoulder meliputi :

  • Sudut puncak

  • Pitch ulir

  • Tinggil ulir

  • Sudut ulir

  • Sudut thread root

  • Dimensi dari seal dan shoulder ulir

inspeksi ulir dengan plastiform

3. Inspeksi Visual dengan Plastiform di Lapangan 

Inspeksi visual ulir dilakukan untuk mengevaluasi kondisi ulir (pin dan kotak) pada tabung atau kopling. Hal ini bertujuan untuk menentukan apakah tabung perlu dilakukan perbaikan atau tidak dapat digunakan.

Cetakan plastiform memungkinkan Anda untuk membuat replika dan mengukur keausan ulir, serta mencegah beberapa resiko permukaan mengalami lecet, tergores, berkarat, dan kerusakan lainnya.

Manfaat Plastiform

Plastiform memberikan solusi yang cepat dan akurat untuk menguji pipa bor ladang minyak (tubing and casing) secara non-destruktif sesuai spesifikasi API:

  • EUE : External Upset Tubing

  • NUE : Non-Upset Tubing

  • BTC : Buttress Casing

  • LTC : Long Thread Casing

  • STC : Short Thread Casing

Profil ulir API

Distributor Plastiform di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi produk Plastiform di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan Plastiform di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.