Yamamoto - Brand Hardness Test Standard Block Material Logam

January 30, 2024   |   In Brand

yamamoto

Sejarah Singkat Perusahaan

Yamamoto Scientific Tool Laboratory (YSTL) adalah satu-satunya produsen yang mengkhususkan diri dalam pembuatan benda uji standar kekerasan (hardness standard) presisi tinggi sesuai dengan standar JIS/ISO. 

Spesialisasi ini dapat menghasilkan produk yang dirancang dan diproduksi dengan pengetahuan mendalam dan pemahaman khusus tentang kebutuhan pengukuran kekerasan.

Daerah Asal Yamamoto

Yamamoto merupakan produsen hardness standard yang berasal dari Negara Jepang. Berdiri sejak tahun 1952, Yamamoto telah memproduksi dan mendistribusikan pembuatan benda uji standar kekerasan (hardness standard) presisi tinggi sesuai dengan standar JIS/ISO ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia & Singapura, dimana PT LFC Teknologi Indonesia adalah salah satu distributornya. 

Kelebihan Yamamoto Dibandingkan Brand Lainnya

Yamamoto memiliki pengalaman yang signifikan sebagai produsen hardness standard, hal ini menjadikan Yamamoto sebagai brand yang mencerminkan pengetahuan dan keahliannya dalam memenuhi kebutuhan industri tersebut.

Yamamoto Scientific Tool Laboratory mengkhususkan diri dalam pembuatan hardness standard pieces sesuai dengan standar JIS/ISO. Produk Yamamoto dirancang dengan pemahaman terhadap standar internasional, dalam hal memastikan kesesuaian dengan regulasi dan standar industri yang berlaku. 

Yamamoto juga menggunakan bahan berkualitas tinggi untuk memastikan ketepatan dan konsistensi pengukuran kekerasan. Selain itu, Yamamoto juga menyediakan beragam pilihan tingkatan kekerasan, ukuran blok, dan jenis bahan yang diuji. 

Kategori Produk Yamamoto yang Dijual

Yamamoto mengembangkan berbagai produk yang menjamin akurasi tinggi dari hasil pengujian. Berikut adalah kategori produk Yamamoto:

1. Standard Hardness Block

Standard Hardness Block

Standard hardness block Yamamoto adalah standar kekerasan dengan presisi tinggi. Standard ini telah digunakan secara luas di seluruh dunia karena variasi kekerasannya yang beragam dan nilai standar yang diakui secara internasional (JIS/ISO).

Standard hardness block memiliki fungsi untuk verifikasi serta untuk memeriksa akurasi, stabilitas, dan reproduksibilitas dari alat hardness tester.

2. Hardnester

Alat pengukur kekerasan seperti Hardnester memungkinkan kita mengukur seberapa keras logam dengan mudah dan cepat, hanya dengan menyentuhkannya ke bahan uji.

Hardnester dapat digunakan jika Anda ingin mengukur rough hardness suatu part di lokasi di lokasi di mana Anda tidak dapat melakukan pengukuran kekerasan yang tepat dengan hardness tester. Ataupun jika Anda ingin mengetahui kekerasan part yang memiliki bentuk tidak teratur atau rumit sehingga sulit diukur dengan hardness tester.

3. Standard Microstructure

Set standar struktur mikro (standard microstructure) dari brand Yamamoto berisi sampel standar struktur mikro (dari sebanyak 170 bahan logam dan bahan yang telah diolah panas) yang diklasifikasikan ke dalam 7 kelompok.

Set ini dilengkapi dengan buku panduan mengenai properti, rincian perlakuan panas, dan struktur mikro dari setiap sampel. Set standard microstructure cocok untuk penggunaan edukasi, tidak hanya di lembaga pendidikan, tetapi juga di entitas bisnis dan lembaga penelitian.

Set ini telah diterapkan secara luas untuk mempelajari struktur mikro logam, memahami prosedur pengembangan struktur mikro, seperti polishing dan etching, cara mengoperasikan mikroskop, serta memperoleh keterampilan fotografi.

4. Standard Pieces untuk Spark Test

Standard Pieces untuk Spark Test

Standard pieces untuk spark test digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik percikan (sparks) yang dihasilkan ketika bahan atau produk diuji dengan spark tester. Spark dari material baja hasil penggosokan dapat bervariasi secara signifikan dan halus, tergantung pada kandungan karbon atau bahan paduan lainnya dalam material. 

Dalam set atau paket Standard Piece ini berisi sampel standar atau representatif dari 45 jenis baja JIS yang diklasifikasikan ke dalam 3 kelompok. Produk ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis baja dari benda uji yang tidak diketahui maupun untuk tujuan edukasi.

5. Charpy V-Notch Test Block

Charpy V-Notch Test Block adalah standard block dengan akurasi tinggi yang mematuhi standar JIS. Produk ini digunakan untuk memverifikasi mesin Charpy V-Notch impact-testing. Standard block ini tersedia dalam tiga tingkatan energi: 160 J, 100 J, dan 30 J, untuk verifikasi tidak langsung pengujian dampak (impact-testing).

Contoh Produk Yamamoto

1. Yamamoto Metal Hardness Test Block

Yamamoto metal hardness test block

2. Yamamoto Micro Structure Standard Kit

Yamamoto micro structure standard kit

3. Yamamoto Spark Tester Standard Kit

Yamamoto spark tester standard kit

Distributor Yamamoto di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi Yamamoto di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan standard hardness block perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.