Penggunaan Mesin Marking Dalam Industri Oil & Gas

March 27, 2024   |   In Machinery

mesin marking

Seperti yang kita ketahui, industri Oil & Gas adalah salah satu industri yang banyak menerapkan aplikasi penandaan (marking) di berbagai peralatan dan komponennya. 

Pembuatan marking di industri Oil & Gas ditujukan untuk berbagai aplikasi. Contohnya untuk pembuatan label atau kode pada barang agar tidak tertukar, memungkinkan pelacakan berbagai komponen seperti katup, pipa, tangki, tabung, dan lain-lain, serta untuk keperluan pemasaran sebagai identitas merek seperti logo, nama perusahaan, dan lain-lain. 

Hasil marking yang baik juga sangat mempengaruhi kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan. Oleh karena itu, pastikan mesin marking yang Anda gunakan sudah sesuai dengan tujuan pengaplikasian yang diinginkan.

Mesin Dot Peen Marking

Standar Penandaan (Marking) untuk Industri Oil & Gas

Semua komponen yang digunakan di industri Oil & Gas umumnya harus di-marking sesuai dengan standar yang dikeluarkan. Tujuannya adalah untuk memastikan keselamatan, efisiensi operasi, dan memenuhi regulasi. Salah satu standar yang umumnya digunakan di industri Oil & Gas adalah Standard American Petroleum Institute (API). 

Standard API diterapkan baik dalam sistem perpipaan, sistem klasifikasi, labeling produk, rigging equipment, dan lain sebagainya. Contoh hasil marking yaitu meliputi:

  • Warna dan simbol untuk mengidentifikasi jenis produk.

  • Label yang berisi informasi tentang produk, seperti nama, komposisi, dan bahaya.

  • Kapasitas beban dan informasi keselamatan.

  • Dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat pula persyaratan marking yang harus dipenuhi. Contohnya seperti:

  • Marking harus mudah dibaca dan dipahami.

  • Marking harus tahan lama dan tidak mudah pudar.

  • Marking harus akurat dan terkini.

  • Dan lain sebagainya. 

Penting untuk dicatat bahwa ini hanya beberapa contoh standar dan persyaratan API untuk marking di industri Oil & Gas. Ada banyak standar dan persyaratan lain yang mungkin berlaku tergantung pada aplikasi dan lokasi spesifik.

Hasil marking di material logam

Memilih Mesin Marking Yang Tepat

Dengan menggunakan mesin marking yang tepat, maka kelancaran operasional dan keamanan di industri Oil & Gas akan terjamin. 

Mesin marking tersedia dalam beberapa jenis, di antaranya mesin dot peen marking, mesin laser marking, mesin scribe marking, dan lain sebagainya. Pilihlah jenis mesin marking yang sesuai dengan material yang akan ditandai. Baca selengkapnya pada artikel Cara Memilih Mesin Marking Berdasarkan Material Anda

SIC Marking menyediakan mesin marking yang kompatibel dan tahan lama untuk berbagai lingkungan industri yang berat. Mesin marking dari brand SIC Marking juga dilengkapi dengan sistem pelacakan produk (product traceability) yang menjamin pelacakan lengkap produksi Anda.

Berikut ini beberapa kategori produk mesin dot peen marking dari brand SIC Marking yang cocok untuk industri Oil & Gas:

1. Mesin Dot Peen Marking Portabel

SIC Marking Portable

SIC Marking menawarkan berbagai mesin marking portable yang ringan, mudah dipindahkan, dan memiliki konstruksi kokoh. Mesin marking ini ideal untuk penandaan pada komponen yang berat dan sulit dijangkau. Didesain khusus untuk menandai berbagai ukuran komponen, kecil, besar, atau bentuk tidak beraturan.

Beberapa contoh mesin marking portable yang kami rekomendasikan yaitu seri E-Mark, seri E-Mark XL, dan seri e10 p63.

2. Mesin Dot Peen Marking Terintegrasi

SIC Marking Integrated

Mesin marking ini dirancang khusus untuk diintegrasikan dengan mudah ke dalam jalur produksi otomatis, dan dirancang untuk penggunaan industri berat. Kecepatan dan kemudahan integrasi serta catatan performa tinggi menjadikan sistem ini dikenal sebagai solusi penandaan industri yang dapat diandalkan dan presisi. Sistem ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda, dan mengintegrasikan kamera yang terpasang permanen untuk pembacaan otomatis.

Mesin marking ini dibuat khusus untuk dipasang atau diintegrasikan di jalur produksi otomatis. Dirancang untuk penggunaan di industri berat dan memiliki kinerja tinggi dengan integrasi yang cepat, mudah, dan tahan lama. Dilengkapi kamera permanen untuk pembacaan otomatis. 

3. Mesin Dot Peen Marking Column-Mounted

SIC Marking Column-Mounted

SIC Marking menawarkan mesin marking jenis column-mounted yang bekerja dengan cepat, akurat, andal untuk berbagai lingkungan kerja industri. 

Mesin marking ini dapat memberikan penandaan yang presisi pada material apapun, termasuk plastik dan baja keras hingga 62 HRC. Selain itu juga didesain kokoh sehingga ideal untuk semua jenis aplikasi dot peen marking. Beberapa contoh mesin marking  column-mounted yaitu seri EC1 dan seri C153.

Distributor Resmi Mesin Marking di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mesin marking di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan marking di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.