Pin Gauge - Alat Ukur Diameter Lubang Pada Benda Kerja

July 19, 2022   |   In Measurement

Contoh Pin Gauge Yang Dijual di Indonesia

1. Eisen Pin Gauge EP Series Set

Eisen Pin Gauge EP Series Set adalah pin gauge set dengan penambahan 0,01 mm dalam rentang ukuran 0,05 mm hingga 20 mm. Semua pin gauge Eisen seri EP adalah 58 HRC atau lebih keras.

2. Eisen Pin Gauge ES Series Set

Eisen Pin Gauge ES Series set adalah paket pengukur pin dalam ukuran dari 0,05 mm hingga 20,00 mm. Seri ES memiliki dua set tingkatan yang berbeda; Kelas-0 untuk aplikasi lab dan Kelas-1 untuk produksi.

3. Eisen Pin Gauge ET Series Set

Eisen Pin Gauge ET Series Set adalah paket pengukur pin presisi tinggi dalam toleransi ± 0,3 μm. Dalam satu set berisi 14 pin gauge dengan ukuran standar berkisar dari minus 3 μm hingga plus 10 μm yang meningkat dalam peningkatan 1 μm.

4. Eisen Pin Gauge EX Series Set

Pin gauge Eisen seri EX adalah paket pin gauge dalam berbagai ukuran mulai dari 0,201 mm dan meningkat dalam peningkatan 0,001 mm. Semua pin gauge seri EX adalah 58 HRC atau lebih keras.

Apa itu Pin Gauge?

Pin Gauge adalah alat ukur berbentuk pin yang dibuat dengan ukuran yang sangat presisi. Fungsi utama pin gauge adalah untuk inspeksi atau memeriksa diameter bagian dalam dari benda kerja.

Pin gauge umumnya dijual dalam satu set maupun satuan. Pin gauge dalam satu set tersedia dalam berbagai ukuran dengan perbedaan yang sangat kecil. Peningkatan ini bisa dalam 0,01 mm atau 0,001 mm, tergantung pada kebutuhan Anda.

Bagaimana Cara Menggunakan Pin Gauge?

Jika Anda memiliki satu set pin gauge yang lengkap, Anda dapat memulai dengan memasukkan pin gauge diameter terkecil ke dalam lubang benda kerja, kemudian dilanjutkan dengan pin gauge diameter yang lebih besar hingga Anda menemukan pin gauge yang pas dengan lubang benda kerja.

Untuk Mengukur Apa Saja Pin Gauge Digunakan?

Selain untuk memeriksa lubang kecil, pin gauge juga dapat digunakan untuk pengaplikasian lainnya, seperti:

 

Rangkuman:

1. Pin Gauge adalah alat ukur berbentuk pin yang dibuat dengan ukuran yang sangat presisi, berfungsi untuk mengukur dan memeriksa diameter lubang kecil, selain itu juga dapat digunakan sebagai alat uji pengukuran lainya.

2. Pin gauge biasanya dijual per set, dengan perbedaan yang sangat kecil pada setiap pinnya, menjadikan pin gauge alat ukur diameter lubang kecil dengan akurasi tinggi.

3. Pada setiap pin, terdapat tanda ukuran sesuai dengan pin tersebut, bahkan hingga pin yang berdiameter 0,01mm sekalipun. Sehingga pengguna dapat dengan gampang mengidentifikasi ukuran pin tersebut.

4. Cara penggunaan pin gauge :

 

Selain untuk mengukur lubang kecil, Anda dapat menggunakan Pin Gauge untuk hal-hal lain yang dapat Anda lihat pada artikel ini:

Penggunaan Pin Gauge, selain untuk mengukur lubang kecil

Untuk pilihan tepat Pin Gauge yang bisa Anda pilih, dapat Anda lihat pada artikel ini:

Pin Gauge dengan tingkat presisi yang tinggi dari Jepang

Distributor Pin Gauge di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi pin gauge di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan pin gauge di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.