Pilih Mikroskop Tradisional atau Mikroskop Digital?

February 25, 2021   |   In Microscopy

Mikroskop Tradisional & Mikroskop Digital

Sebelum kita berbicara lebih jauh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu mikroskop tradisional dan mikroskop digital, sehingga pembaca yang belum mengerti dapat memperoleh wawasan lebih baik.

1. Mikroskop Tradisional.

Mikroskop tradisional atau bisa disebut mikroskop (microscope) adalah alat optik yang digunakan oleh pengamat untuk dapat melihat struktur suatu objek kecil melalui lensa dengan ukuran pembesaran tertentu. Mikroskop perlu memiliki daya resolusi dan kontras sehingga dapat menampilkan detail gambar yang terlihat bagus. 

Informasi selengkapnya dapat anda baca pada artikel mikroskop berikut.

2. Mikroskop Digital.

Mikroskop digital (digital microscope) adalah mikroskop yang berisi kamera digital kecil untuk mengambil gambar. Gambar yang dilihat melalui mikroskop digital dapat diproyeksikan ke monitor komputer dan disimpan pada file komputer untuk digunakan di masa mendatang. Gambar tersebut juga dapat dicetak jika komputer dilengkapi dengan printer digital.

Informasi selengkapnya dapat anda baca pada artikel mikroskop digital berikut.

Pilih Mikroskop Tradisional atau Mikroskop Digital?

Jika Anda sudah paham perbedaan akan keduanya maka saatnya menentukan pilihan yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah Anda masih bingung menentukan, sebaiknya menggunakan mikroskop tradisional atau mikroskop digital? Untuk membantu Anda, berikut perbandingan antara kedua jenis mikroskop tersebut.

Mikroskop yang selama ini kita kenal, umumnya memiliki bentuk yang besar, sehingga Anda perlu menyiapkan tempat khusus untuk menggunakan dan juga untuk menyimpanya.

Untuk menggunakan mikroskop traditional, dibutuhkan training utuk dapat mengaplikasinya dengan baik dan benar, tidak mudah digunakan oleh pemula.

Euromex Microscopes

Untuk mengganti tingkat magnifikasi (pembesaran) kita harus mengganti lensa mikroskop sesuai dengan magnifikasi yang kita butuhkan. Pengguna juga harus menyiapkan sample yang ingin diteliti terleebih dahulu, sebelum dapat dilihat menggunakan mikroskop biasa, hal ini akan sangat menyulitkan untuk meneliti Non Destructive Testing.

Umumnya mikroskop tradisional tidak terdapat built-in camera sehingga memerlukan kamera ekstra untuk mengambil gambar dan video. Dan yang terakhir biasanya harganya tidak affordable.

Jika Anda memilih menggunakan mikroskop digital, Anda tidak perlu repot menyiapkan space khusus untuk menggunakan dan menyimpanya, karena cukup kecil dan ringan. Penggunaanya juga sangat gampang, pemula bisa langsung menggunakan mikroskop digital.

Dino-Lite Digital Microscope

Terdapat pula beragam rangkaian magnifikasi pada satu device, sehingga tidak perlu repot mengganti lensa. Dan karena bentuknya yang bisa digenggam dengan tangan, dapat digunakan langsung di atas permukaan sample yang ingin dimiliki, tanpa harus merusak sample tersebut. Anda juga dapat secara langsung menyimpan gambar dan video pada komputer Anda. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan mikroskop tradisional.

Distributor Mikroskop di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi mikroskop di Indonesia.

Untuk berdiskusi seputar kebutuhan mikroskop di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.