Magnifying Lamp - Contoh dan Cara Memilih Illuminated Magnifier

June 22, 2022   |   In Microscopy

Contoh Product Magnifying Lamp di Indonesia

1. Otsuka Illuminated G-Clamp Magnifier SKK-CF Series

2. Otsuka Magnifier LED Illuminated SKKL-B Series

3. Otsuka Square Magnifier WIDE Series

Apa Itu Magnifying Lamp

Magnifying lamp (illuminated magnifier) merupakan salah satu alat inspeksi visual dalam bentuk kaca pembesar, digunakan untuk inspeksi jarak dekat atau pekerjaan perakitan komponen kecil dengan penerangan tambahan untuk visibilitas yang optimal. 

Illuminated magnifier memungkinkan Anda untuk dengan mudah melihat detail objek berkat kombinasi antara perbesaran dan cahaya, sehingga mengurangi risiko kelelahan dan ketegangan pada mata.

Fitur - Fitur Pada Magnifying Lamp

Sebelum memilih kaca pembesar magnifying lamp, ketahui dahulu fitur-fitur yang tersedia pada illuminated magnifier.

1. Pilihan Stand yang Beragam

Stand magnifying lamp terbagi ke dalam beberapa tipe, seperti tipe table stand, tipe free arm and clamp, tipe magnet stand, dan tipe free arm with casters stand. 

Jenis stand ini dapat disesuaikan dengan kondisi kerja untuk menunjang kenyamanan dan mempercepat proses inspeksi Anda. 

2. Jenis Lampu

Jenis lampu juga mempengaruhi hasil inspeksi dengan illuminated magnifier. Terdapat 2 jenis lampu yang dapat Anda pilih, yaitu lampu LED dan lampu Fluorescent.

Dari keduanya, lampu LED adalah pilihan terbaik karena menghasilkan cahaya yang lebih terang, memiliki lifetime yang lebih panjang dan konsumsi daya yang lebih rendah daripada jenis lampu lainnya.

3. Perbesaran

Berbeda tujuan pengamatan memungkinkan adanya beda perbesaran yang dibutuhkan. Nilai pembesaran berbeda dengan nilai diopter. 

Sebaiknya pastikan perbesaran pada magnifying lamp, bukan nilai Diopter, karena banyak magnifying lamp di pasaran menyebutkan nilai diopter sebagai pembesaran. Sehingga, harga jauh lebih murah namun perbesaran tidak sesuai atau bukan perbesaran yang sesungguhnya.

4. Lensa 

Apapun jenis lensanya, sebaiknya memiliki kualitas tinggi sesuai pengamatan yang akan dilakukan. Anda juga harus memilih diameter lensa yang paling sesuai untuk pengamatan Anda. 

Bentuk dari lensa magnifying lamp juga beragam, yaitu round series, wide series, hingga rectangle series. Lensa ini dapat dengan mudah ditukar atau diganti dengan ukuran lainnya sehingga pengamatan menjadi efisien.

5. Lapisan Coating Pada Lensa

Lapisan coating pada lensa dapat mengurangi mata lelah pada saat penggunaan magnifying lamp dalam waktu yang lama sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja. Banyak jenis magnifying lamp murah yang beredar di pasaran tidak memiliki lapisan coating sehingga kurang cocok untuk digunakan di industri.

Distributor Magnifying Lamp di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi magnifying lamp di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan magnifying lamp di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.