Metrology dan Transformasi Digital untuk Optimalkan Pengukuran

April 27, 2021   |   In Measurement

Secara umum, metrology (metrologi) didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran, akurasi, hingga kalibrasi di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang industri, teknologi, atau ilmu pengetahuan. Pada dasarnya, metrologi tergolong ilmu pengukuran yang eksis sejak ribuan tahun sebelumnya.

Berdasarkan artikel The Measure of All Things: A Brief History of Metrology, sistem pengukuran awalnya dimulai tahun 6000 SM, yakni ketika manusia mengalami transisi dari mengumpulkan makanan hingga menetap untuk melakukan aktivitas pertanian. Akan tetapi, standar pengukuran internasional baru ditetapkan tahun 1875.

 

Urgensi Pengumpulan Data Berbasis Metrology Digital

Tahukah kamu proses pengukuran konvensional umumnya memiliki berbagai kekurangan, khususnya terkait efektivitas waktu dan tenaga? Oleh karena itu, orang-orang  mengenal metrologi digital untuk proses pengumpulan data yang akurat, cepat, dan mampu mengukur dengan kuantitas yang besar.

Dengan demikian, pada dasarnya masyarakat mengenal istilah M4D (Metrology for Digital Transformation), yang mana berperan dalam manajemen data, sertifikasi proses digital, dan pengukuran terkait IoT (Internet of Things). Dalam hal ini, Sylvac merupakan perusahaan pengembang, pembuat, dan perakit produk-produk metrologi digital.

Digital Dial Indicator

     

Salah satu produk metrology yang paling populer adalah digital dial indicator. Sampai sekarang, Sylvac menawarkan berbagai model perihal digital indicator, mulai dari memiliki rentang pengukuran hingga 150 milimeter sampai mempunyai resolusi 0,1 mikrometer. Misalnya adalah produk S_Dial S234, S_Dial Mini, S_Dial Work, dan lain-lain.

Digital Caliper

   

Ternyata, Sylvac merilis digital caliper atau jangka lengkung pada tahun 1981. Jadi, tidak heran jika Sylvac menawarkan produk caliper secara high level sampai saat ini, seperti S_Cal EVO Basic, S_CAL EVO Smart, S_Cal EVO Carbide, dan sebagainya. Umumnya, caliper digital mampu mengukur benda dengan ukuran 150 sampai 3.000 milimeter.

Digital Micrometer

 

   

Tidak dipungkiri, digital micrometer umumnya mempermudah berbagai aktivitas pengukuran. Apalagi, Sylvac mendesain produk-produk mereka secara water resistant. Selain itu, orang-orang juga menemukan berbagai produk yang dilengkapi dengan perpindahan spindle secara cepat, yakni 10 milimeter per rotasi. Contohnya S_Mike PRO, S_Mike Pro Smart, S_Mike PRO Knife, dan masih banyak lagi.

Teknologi Tanpa Kabel

Sadar atau tidak, berbagai produk digital berperan optimal karena memiliki fitur-fitur tertentu, seperti tidak sensitif terhadap medan magnet atau cenderung tahan terhadap cairan. Selain itu, produk pengukuran juga dituntut memiliki konsumsi daya yang rendah, bahkan didesain tanpa kabel untuk meningkatkan efektivitas. Misalnya bluetooth dan software.

Dalam praktiknya, bluetooth mampu bekerja optimal hingga jarak 15 meter. Meski demikian, produk-produk pengukuran umumnya tetap hemat energi, sebab bluetooth hanya memiliki transmisi sekitar 1 mW. Selain itu, Sylvac juga mendesain bluetooth secara aman, yakni memiliki efek 1.000 kali lebih kecil dari perangkat ponsel yang dipasang di telinga.

Oleh karena itu, berbagai produk metrologi Sylvac umumnya dilengkapi dengan pemancar bluetooth, yang mana teknologi tanpa kabel semacam ini tidak membutuhkan aksesoris tambahan. Dalam praktiknya, bluetooth juga dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat, seperti komputer dan ponsel pintar.

 

Mengenal Sylcom, Software Populer untuk Metrology

Selain bluetooth, teknologi tanpa kabel lainnya pada dasarnya berkaitan dengan software atau aplikasi metrology.  Tujuannya untuk menemukan inovasi di bidang pengumpulan, pemantauan, pemrosesan, sampai penyimpanan data dalam sebuah alat ukur. Umumnya, metrologi digital juga menitikberatkan aktivitas pengukuran dengan perangkat atau server untuk menampilkan informasi digital.

Misalnya adalah Sylcom. Secara sederhana, Sylcom dapat didefinisikan sebagai software untuk memproses berbagai informasi dari produk-produk pengukuran, yakni melalui bluetooth atau USB. Dalam prosesnya,  Sylcom mampu memvisualisasikan data secara cepat, mengumpulkan data secara bersamaan, sampai melakukan penyimpanan secara otomatis.

Jadi, Sylcom memiliki peran krusial untuk aktivitas pengukuran. Sampai sekarang, orang-orang juga menggunakan Sylcom dalam berbagai versi, mulai dari versi lite sampai versi advanced.  Selain Sylcom, orang-orang juga dapat menemukan software pengukuran lainnya, seperti Sylvac Anywhere dan Vmux.

 

Sylcom Kompatibel untuk Berbagai Peralatan

Metrology digital umumnya tidak dapat terlepas dari berbagai perangkat lunak, seperti Sylcom yang cenderung bersifat universal. Artinya, Sylcom mampu terhubung dengan berbagai peralatan, terutama dengan bore gauge, height gauge, dan probes gauge. Oleh karena itu, Sylcom mampu mendukung berbagai aktivitas pengukuran secara digital.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Sylcom didesain untuk menampilkan data dalam berbagai mode yang berbeda. Sylcom juga dapat mengunggah gambar di latar belakang, menunjukkan tolerence status, sampai menentukan urutan pengukuran secara otomatis. Dalam praktiknya, Sylcom semakin populer karena mampu mengekspor ke Excel atau pada perangkat lunak yang lain.

Bore Gauge

Jika membutuhkan produk pengukuran internal, maka gunakan berbagai tipe bore gauge, seperti Xtreme 3 Holematic Smart, Xtreme 3 Digital Smart, dan Ultima. Masing-masing pada dasarnya memiliki kepala pengukur mekanis. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi dan mampu mengukur secara presisi, yakni mulai dari 2 sampai 500 milimeter.

   

Meski demikian, Sylvac terus berinovasi untuk menciptakan produk-produk dengan teknologi terkini. Dengan demikian, bore gauge mampu menawarkan berbagai solusi, khususnya untuk deep bores, gooves, threading, dan lain-lain. Akhirnya, jika terdapat teknologi metrologi yang multifungsi, kenapa kamu harus repot-repot menggunakan perangkat yang lain?

Height Gauge

Metrology digital seperti height gauge pada dasarnya dikembangkan secara khusus agar mampu mengoptimalkan berbagai aktivitas pengukuran. Misalnya height gauge dengan tipe Hi_Cal umumnya populer karena memiliki layar yang besar. Tidak hanya itu, Hi_Cal juga mampu menampilkan diameter dan centerlines secara bersamaan.

 

Meski demikian,  Sylvac tetap merilis tipe-tipe height gauge yang lain, seperti Hi_Gauge ONE dan Z5. Pada prinsipnya, masing-masing menawarkan kemudahan dan kompatibel terhadap berbagai instrumen dari generasi sebelumnya. Alhasil, orang-orang dapat merasakan kenyamanan ketika mengukur benda-benda dengan diameter yang kecil.

Probes

Sampai sekarang, Sylvac menawarkan tiga jenis probes yang berbeda, yakni digital absolute probes, capacitive probes, dan inductive probes. Masing-masing memiliki ketelitian pengukuran yang berbeda dan umumnya membutuhkan software tertentu selain Sylcom. Dalam hal ini, digital absolute probes mampu mengukur secara ultra dan kompatibel untuk USB.

   

Sedangkan, capacitive probes memiliki area pengukuran hingga 25 milimeter dan  inductive probes memiliki repeatability yang baik. Dalam prosesnya, inductive probes cocok diolah dengan aplikasi multi dimensi. Contohnya adalah Digital Absolute Probes S_Probe P12D dan Multiplexer Unit D200S.

Demikian berbagai informasi perihal transformasi digital yang umumnya memengaruhi produk-produk metrologi. Selain mampu meningkatkan efisiensi, Sylvac juga mendesain berbagai produk dengan ketahanan secara optimal. Misalnya produk-produk yang bersifat water resistant hingga memiliki ketahanan terhadap debu.

Pada akhirnya, Sylvac memahami kebutuhan konsumen, khususnya melalui transformasi digital di bidang pengukuran. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Sylvac merupakan perusahaan pengembang, pembuat, dan perakit produk-produk metrology selama lebih dari 50 tahun. Dengan berbagai pengalamanan, Sylvac akhirnya mampu mengoptimalkan transforformasi digital