Sylvac Plastiform - Cara Memilih Produk Putty Yang Tepat

February 26, 2024   |   In Measurement

Memilih Produk Putty Yang Tepat

Apa itu Putty?

Putty adalah jenis bahan elastis yang umum digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk dalam industri manufaktur, oil & gas, kedokteran, dan lain sebagainya. Sifat utama dari putty adalah kemampuannya untuk diubah bentuk, kemudian mempertahankan bentuk baru tersebut setelah mengeras. 

Putty Sylvac Plastiform

Dengan putty, Anda dapat menghasilkan cetakan yang detail, akurat, aman, dan non-destruktif (tanpa merusak objek). Berikut ini beberapa contoh penggunaan Sylvac Plastiform dalam industri: 

  1. Internal complex forms control

  2. Internal simple forms control

  3. External complex forms control

  4. External simple forms control

  5. Roughness control Ra

  6. Visual surface finish control

  7. Protection, masking, seal

  8. Fix, clamp, add strength to parts

Keunggulan Putty Dari Sylvac Plastiform

Salah satu produk putty terbaik yang umum digunakan dalam industri adalah produk putty dari Sylvac Plastiform. Berikut ini 7 keunggulannya:

1. Tidak Menyusut.

Polimerisasi ini, yang berlangsung selama kurang lebih 6 menit, tidak menyebabkan penyusutan atau hilangnya volume.

2. Akurasi Mikron (μm).

Produk Sylvac Plastiform meniru semua detail dari part benda kerja (dimensi, bentuk, surface finish, dll) dengan tingkat presisi ±1μm.

3. Memori Retensi Bentuk.

Saat dalam keadaan padat, bentuk Sylvac Plastiform akan kembali ke bentuk aslinya, bahkan jika sementara mengalami distorsi.

4. Tidak Menempel & Tidak Ada Residu.

Sylvac Plastiform dapat diaplikasikan pada setiap jenis permukaan (logam, paduan / alloy, PVC, kayu, plaster, dll), bahkan di bawah air.

5. Ramah Lingkungan.

Tidak beracun dan tidak mencemari lingkungan. Produk Sylvac Plastiform dapat ditangani tanpa tindakan pencegahan khusus (kecuali produk resin). 

6. Stabilitas Dimensi.

Cetakannya tidak akan merosot seiring waktu, dan dapat digunakan sebagai referensi di masa mendatang.

7. Tahan terhadap lingkungan.

Produk Sylvac Plastiform tahan terhadap sebagian besar perlakuan kimia, mekanis, dan panas (hingga 250°C).

Cara Memilih Produk Sylvac Plastiform Yang Tepat

Berikut ini hal - hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli produk Sylvac Plastiform: 

1. Pilih Konsistensi Awal Yang Diinginkan.

Sylvac Plastiform menawarkan 3 kategori produk dengan konsistensi awal yang berbeda, yaitu liquid, cement, dan dough. Berikut ini perbedaan dari ketiganya:

a. Liquid products (SRL).

Sylvac Plastiform Liquid

Memiliki konsistensi awal yang cair dan dapat dituangkan dengan mudah, bahkan pada detail yang sangat kecil seperti thread, lubang kecil, dan lain-lain. 

b. Cement products (SRC).

Sylvac Plastiform Cement

Jenis ini tidak mengalir dan digunakan untuk cetakan sektoral (internal maupun eksternal), dan dapat diaplikasikan pada permukaan vertikal atau di bagian atas permukaan.

c. Dough products (SRD)

Sylvac Plastiform Dough

Dengan konsistensi seperti tanah liat, produk ini dicampur dan diaplikasikan dengan tangan untuk membuat cetakan sektoral eksternal maupun internal.

2. Pilih Tingkat Kekerasan Akhir Yang Diinginkan.

a. Fleksibel (20-40 Shore A).

Sylvac Plastiform Flexible

Tingkat kekerasan akhir fleksibel atau lunak & masuk dalam kategori Strong Removal Constraint (hingga 40%). Artinya, proses untuk mengeluarkan cetakan dari objek setelah kering; mungkin memerlukan perhatian khusus untuk menghindari kerusakan hasil cetakan.

Cara mengukur hasil akhir dari produk ini yaitu dengan pengukuran non-contact (optical control, profile projector, laser scan, dll); tidak disarankan dengan pengukuran kontak.

b. Semi-Fleksibel (50-70 Shore A)

Sylvac Plastiform Semi-Flexible

Tingkat kekerasan akhir semi-fleksibel & masuk dalam kategori Low Removal Constraint (hingga 20%). Artinya, proses untuk mengeluarkan cetakan dari objek lebih mudah dan tidak beresiko kerusakan yang signifikan.

Untuk mengukur hasil akhir dari jenis ini (dengan optical control, profile projector, laser scan, dll) dapat dilakukan dengan membelahnya menggunakan Double Blade Cutter. 

c. Semi-rigid dan Rigid (80-100 Shore A)

Sylvac Plastiform Rigid

Jenis ini tidak menerima Removal Constraint apapun karena kaku / keras (rigid). Cara mengukur hasil cetakan ini yaitu dengan pengukuran kontak maupun non-kontak, seperti dengan kaliper, optical control, profile projector, laser scan, dll).

3. Pilih Spesifikasi Produk Sylvac Plastiform Sesuai Kebutuhan

Produk Sylvac Plastiform

Distributor Putty di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi produk putty dari brand Sylvac Plastiform di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan putty di perusahaan Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman Facebook, Instagram, Youtube, Linkedin dan TikTok kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.