Height Gauge - Jenis, dan Contoh Height Gauge Terbaik

August 30, 2021   |   In Measurement

 

Gauge dalam metrologi memiliki peran yang besar dalam tahap quality control (QC) di bidang manufaktur dan memastikan semua benda kerja yang dihasilkan dapat memenuhi persyaratan spesifikasinya. Salah satu instrumen yang sangat diperlukan dalam QC adalah height gauge.

Simak penjelasan lengkap tentang height gauge pada artikel ini.

Contoh Height Gauge

 1. Moore & Wright Digitronic Double Column Height Gauge 195 Series

 

Moore & Wright Double Column Height Gauge 195 Series memiliki fitur penghitung mekanis dua arah serta indikator dial untuk pengukuran yang cepat dengan tingkat akurasi yang tinggi. Penghitung digital mekanis juga dapat diatur ke “nol” pada posisi apapun untuk memenuhi kebutuhan Anda. 

Moore & Wright Double Column Height Gauge 195 Series memiliki roda yang memudahkan pengumpanan naik dan turun di sepanjang kolom ganda dan memberikan stabilitas tambahan. Height gauge ini akan membaca langkah 1 mm dengan resolusi 0,01 mm untuk kedua rentang pengukuran yang tersedia (300 mm dan 600 mm).

2. Sylvac Digital Height Gauge Hi_Gage ONE

 

Sylvac Digital Height Gauge Hi Gauge ONE menawarkan efisiensi karena layarnya yang besar yang secara bersamaan dapat menampilkan diameter dan garis tengah. 

Tersedia dalam kapasitas 400 mm dan 600 mm, Sylvac Hi Gauge ONE Height Gauge terbaru dapat dioptimalkan lebih lanjut dengan elektronik indikator dial Sylvac yang memberikan tingkat akurasi dan pengulangan yang lebih tinggi di lingkungan laboratorium QC Anda.

3. Sylvac Digital Height Gauge Z5

 

Dengan Sylvac digital Height Gauge Z5, kekuatan pengukuran dapat disesuaikan secara elektronik, tampilan display-nya juga mudah untuk digunakan. 

Multifungsi: dapat mengukur diameter dalam dan luar, pusat-ke-pusat, MIN/MAX/Delta, dan lain-lain, serta memiliki aksesori bluetooth opsional yang kompatibel dengan Sylcom.

Investasi Anda pada Sylvac digital height gauge Z5 akan memberi Anda tingkat presisi yang lebih tinggi untuk berbagai aplikasi. 

Dibandingkan dengan merek lain, rangkaian Sylvac digital height gauge ini, mudah untuk dikonfigurasikan dan dapat memastikan produktivitas yang lebih tinggi pada rentang pengukuran diameter yang lebih luas.

4. Trimos Digital Height Gauge V9 Series

 

Trimos Digital Height Gauge V9 Series menawarkan kemudahan penggunaan yang belum pernah disediakan pada alat ukur vertikal lainnya. 

Menu dan fungsi yang ditampilkan memberikan efisiensi yang besar untuk pengukuran yang kompleks seperti pemrograman, mode 2D, pengukuran sudut atau analisis  hasil statistik.

Pada Trimos Height Gauge V9, layar display dapat disesuaikan ke segala arah. V9 dilengkapi dengan sistem revolutionary displacement handwheel yang memungkinkan Anda untuk memilih mode perpindahan secara manual atau motorized.

5. Trimos V+ Series Digital Height Gauge

 

Trimos V+ Series Digital Height Gauge adalah height gauge buatan Swiss yang dioptimalkan untuk lokasi pengukuran dengan sistem shop-floor seperti area pabrik dan toko mesin dimana sangat memerlukan akurasi, pengulangan, dan kepraktisan. 

Trimos V+ Series Digital Height Gauge dapat mengukur secara otomatis dengan sistem motorised gauge yang ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang.

Trimos V+ Series Digital Height Gauge dilengkapi dengan bantalan udara internal yang akan mempermudah proses pergerakan dan kecepatan pengoperasian. 

Hasil pengukuran kemudian ditampilkan secara jelas oleh LCD dan dapat dikirimkan ke perangkat lunak spreadsheet.

 

Apa Itu Height Gauge? 

Height gauge atau alat pengukur ketinggian adalah alat yang digunakan untuk menandai objek pada ketinggian tertentu atau mengukur ketinggian spesifik dari sebuah benda kerja.

Height gauge dilengkapi dengan scriber atau probe yang dipasang pada balok atau kolom sumbu vertikal yang berisi skala pengukuran yang dapat diatur sesuai objek yang diukur.

Height gauge umumnya digunakan bersamaan dengan bidang referensi yaitu pelat permukaan atau meja rata yang biasanya terbuat dari granit agar memberikan permukaan yang rata dan stabil saat inspeksi sehingga didapatkan hasil yang akurat. 

Kelebihan / Keunggulan Height Gauge

Di luar fungsi dasarnya, height gauge hadir dengan banyak keunggulan yang membedakannya dari alat pengukuran presisi lainnya.

Keunggulan utama dari height gauge adalah memiliki lower end gage yang menawarkan berbagai kemampuan dan akurasi, sangat fleksibel menyesuaikan kebutuhan Anda. 

Meskipun height gauge hadir dengan berbagai fitur dan tingkat presisi, di setiap tingkatannya height gauge merupakan alat yang dapat menyertakan indikator yang sederhana atau perangkat kalkulasi bawaan. 

Height gauge juga tersedia dalam bentuk manual atau digital, dan fitur spesifik lainnya.

Keunggulan lainnya dari height gauge adalah memiliki tinggi presisi dan akurasi yang ekstrim dalam setiap pengukuran. 

Dulu, height gauge umumnya terbuat dari bahan seperti solid cast iron yang mempengaruhi berat dan stabilitasnya, namun saat ini height gauge terbuat dari bahan yang ringan sehingga tidak mempengaruhi tingkat akurasinya. 

Height gauge modern telah dibuat dengan tingkat resolusi yang luar biasa. 

Anyway:  Lagi Ada Diskon Produk Height Gauge!

<< Lihat Produk >>

Hal ini berfungsi untuk mencegah adanya potensi kesalahan pada bagian mesin. 

Height gauge juga memiliki kemampuan elektronik dan nirkabel. Output pada alat ini lebih mudah dibaca dan lebih presisi dalam pengukurannya. 

Selain itu, beberapa height gauge bahkan dapat diprogram untuk menyesuaikan potensi kesalahan yang disebabkan oleh perbedaan kuadrat dan kelurusan pengukuran. 

Selama pelat permukaan dibersihkan dan digosok secara menyeluruh, height gauge elektronik juga dapat menetapkan titik nol yang seakurat mungkin (error free). 

Alat nirkabel yang luar biasa ini juga merekam dan mengirimkan informasi digital dari bermacam-macam pengukuran, yang memudahkan proses pencatatan dan pemrosesan statistiknya. 

Height gauge juga dilengkapi dengan motorized probes yang secara otomatis dapat menentukan penempatan pengukuran dengan benar.

Jenis-Jenis Height Gauge

Pada dasarnya, height gauge terdiri dari tiga jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan pengukuran Anda.

Jenis-jenis height gauge tersebut adalah sebagai berikut:

1. Vernier Height Gauge 

Vernier height gauge adalah jenis pengukur ketinggian yang paling dasar dan paling awal dibuat dibandingkan dengan 3 jenis lainnya. 

Jenis ini diadaptasi dari alat ukur jangka sorong. Pengukurannya dilakukan secara vertikal dengan rentang ukuran berkisar dari 6 inci hingga 6 kaki dalam satuan inci, milimeter atau keduanya.

Moore & Wright Vernier Height Gauge 190 Series

Keuntungan menggunakan vernier height gauge adalah dapat digunakan untuk pengukuran internal dan eksternal, sangat sederhana, penggunaannya cepat, harganya cukup murah, serta memiliki rentang ukuran yang dapat mengukur berbagai benda kerja secara akurat.

2. Dial Height Gauge

Dibandingkan dengan vernier, dial height gauge memiliki rentang pengukuran yang lebih kecil, yaitu kurang dari 12 inci atau 30 cm, namun pembacaan dial height gauge jauh lebih mudah daripada menggunakan vernier. 

Moore & Wright Double Column Height Gauge 195 Series

Dilengkapi dengan dial mekanis, penunjuk jarum memberikan kemudahan dan kejelasan bagi operator dalam membaca data pengukuran. Sesuai dengan kegunaannya, jenis ini cenderung lebih kecil dan lebih portabel.

3. Digital Height Gauge

Digital height gauge mirip dengan dial height gauge, tetapi memiliki fitur penghitung tambahan untuk pengukuran yang lebih presisi. 

Fitur penghitung dua digit ini akan meningkatkan akurasi pembacaan hingga 1/10 inci dan pembacaan dial hingga 1/1000 inci. 

Moore & Wright Digital Height Gauge 193 Series

Saat ini, pengukur ketinggian digital (digital height gauge) dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan tingkat akurasinya, yaitu:

Kelompok pertama, memiliki tingkat akurasi yang mirip dengan pengukur ketinggian mekanis. Kelompok ini biasanya akan menggunakan skala inci/metrik, nol absolut (absolute zero) dan floating zero, serta data output.

Kelompok kedua, mencakup semua fitur pada kelompok pertama, namun memiliki akurasi alat yang lebih baik. Kelompok kedua juga memiliki beberapa pengaturan tambahan seperti pengaturan toleransi, pengukuran diameter internal dan diameter eksternal, total indicator readings (TIR), serta kompensasi probe.

Kelompok terakhir, memiliki semua fitur seperti pada kelompok kedua dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi serta sejumlah fitur tambahan. Digital height gauge pada kelompok ini umumnya memiliki bantalan udara, motorized touch probe, kemampuan untuk menghasilkan dan menyimpan program serta computer interface. Kelompok ini juga dapat mengukur fitur bagian dalam dua dimensi dengan memutar benda kerja. 

Cara Membaca Height Gauge

1. Vernier Height Gauge

  • Menyiapkan bahan yang nilainya ingin Anda ukur.
  • Memeriksa vernier dan skala utama, harus bertepatan pada 0.
  • Setelah memeriksa tanda 0, letakkan sampel.
  • Mengencangkan sekrup dan ukur skala utama dan pembacaan skala vernier.
  • Mencatat angka pada poros vertikal yang jatuh berlawanan atau tepat di bawah tanda nol pada skala vernier. Angka ini adalah bagian pertama dari pengukuran Anda.
  • Menentukan garis bernomor mana pada skala vernier yang paling dekat sejajar dengan garis pada poros vertikal. Garis bernomor ini adalah bagian akhir dari pengukuran Anda.
  • Menggabungkan angka di seberang garis nol dan angka skala vernier yang paling tepat untuk mendapatkan pengukuran ketinggian akhir objek. Jika garis nol mendarat tepat melewati tanda 2,35 inci pada poros vertikal, dan angka yang paling tepat pada skala vernier adalah “4”, maka tinggi pengukuran akhir adalah 2,354 inci.

2. Dial Height Gauge

  • Menyiapkan bahan yang nilainya ingin Anda ukur.
  • Mencatat angka terakhir yang terlihat di bawah peralatan pengukur pada poros vertikal. Angka-angka pada poros umumnya berada pada peningkatan 0,1 inci.
  • Mencatat tanda pengukuran yang ditunjuk oleh jarum pada permukaan dial. Indikator dial pada height gauge biasanya menggunakan skala 0 hingga 100 yang mirip dengan permukaan dial pada caliper, dengan setiap baris mewakili 0,001 inci berturut-turut dan setiap kenaikan 0,010 inci diberi nomor.
  • Menambahkan pengukuran dari poros vertikal dan dial bersama-sama untuk mendapatkan pengukuran ketinggian total objek. Misalnya, jika poros membaca 1,2 inci dan jarum pada muka dial menunjuk ke "53", pengukuran ketinggian akhir adalah 1,253 inci.

3. Digital Height Gauges

  • Menyiapkan bahan yang nilainya ingin Anda ukur.
  • Menentukan tampilan digital pada unit pengukuran.
  • Membaca nomor pada tampilan digital, nomor tersebut adalah hasil pengukuran ketinggian objek Anda.

Video Review Digital Height Gauge Trimos VT-600

Silahkan simak video review dan demo pengukuran dasar menggunakan digital height gauge Trimos VT-600 dibawah ini:

 

Distributor Resmi Heigh Gauge di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi produk height gauge merek Sylvac, Moore & Wright, dan Trimos di Indonesia. 

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang height gauge dan bagaimana alat tersebut dapat digunakan untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak.

Kunjungi juga halaman facebookinstagramyoutube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.