Cara Memilih AC Panel Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Mesin Anda

September 29, 2022   |   In Machinery

cara memilih ac panel yang tepat

AC Panel (cooling panel) adalah alat pendingin yang dipasang pada panel elektrik (control panel) atau panel mesin. AC panel DINDAN tersedia dalam tipe yang beragam, yang perlu disesuaikan dengan dimensi dan kebutuhan panel mesin Anda. Kita akan membahas bagaimana cara menentukan pendingin panel yang tepat.

Alasan Mengapa Panel Mesin Membutuhkan Cooling Unit (AC Panel)

Selain menjaga suhu panel, terdapat beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan cooling unit pada panel Anda. Selengkapnya dapat Anda baca pada artikel Mengapa Panel Mesin dan Panel Listrik Membutuhkan Cooling Unit (AC Panel)?

Hal Yang Diperhatikan Sebelum Membeli Cooling Unit (AC Panel)

Sebelum membeli AC panel, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan agar pendingin panel yang Anda beli sesuai dengan kapasitas panel mesin Anda dan dapat bekerja optimal. Berikut ini faktor yang menjadi perhitungan saat akan membeli AC panel.

1. Suhu Lingkungan (Ambient Temperature)

Suhu lingkungan atau ambient temperature adalah istilah untuk suhu di dalam ruangan/pabrik, atau suhu di sekitar area panel mesin berada. Suhu ini dipengaruhi oleh faktor-faktor dalam ruangan/pabrik, termasuk cuaca di luar, kualitas di ruang isolasi, apa dan siapa yang ada di dalam ruangan/pabrik, dan penggunaan sistem pemanas/pendingin.

2. Suhu di Dalam Panel

Suhu di dalam panel menjadi hal penting untuk diukur agar Anda mengetahui perbedaan suhu sebelum pemasangan AC panel dan suhu ideal yang Anda inginkan setelah pemasangan AC panel. Biasanya suhu ideal yang ditargetkan saat pemasangan AC panel berkisar antara 27 – 30 °C.

3. Dimensi panel

Selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu dimensi panel Anda, meliputi panjang x lebar x tinggi. Tujuannya untuk dapat menentukan tipe AC panel yang cocok dengan kapasitasnya.

Tutorial Menentukan Cooling Panel DINDAN Yang Tepat

Untuk mempermudah perhitungan diatas, DINDAN menghadirkan Apps Dindan_HeatLoad. Berikut adalah langkah-langkah menentukan spek pendingin panel menggunakan aplikasi DINDAN_Heat Load (untuk pengguna Android):

  1. Instal aplikasi DINDAN_HeatLoad di Play Store

aplikasi dindan di playstore

  1. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi DINDAN lalu klik Heat Load Calculation. Pilih metode yang sesuai. Misalnya, pilih Operating Machine.

operating machine - dindan heat load

  1. Maka akan muncul tampilan berikut. Lalu isi dimensi panel Anda (lebar, kedalaman, dan tinggi) dalam centimeter.

isi dimensi panel mesin atau panel listrik

  1. Kemudian isi informasi suhu, meliputi suhu lingkungan sekitar panel (operating ambient), suhu dalam panel (suhu tertinggi dan suhu terendah), serta suhu panel yang Anda inginkan.

informasi suhu lingkungan di sekitar panel mesin

  1. Setelah itu, klik OK. Maka akan muncul total cooling requirement (watt). 

kebutuhan ac panel optimal

Angka ini menunjukkan besar kapasitas pendinginan yang dibutuhkan sebesar 1905 Watt. Maka, produk pendingin panel (Cooling panel) yang dapat Anda pilih  yaitu Dindan Cooling Console Linear 1500 WATT atau Dindan Cooling Console Linear 2400 WATT

cara memilih ac panel

Distributor Resmi Cooling Unit (AC Panel) di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi cooling panel DINDAN di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan cooling unit di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.