Cara Kerja Torque Tester - Alat Pengukur Torsi

November 04, 2022   |   In Measurement

torque tester

Torsi (torque) merupakan gaya yang penting untuk diuji dalam proses quality control di berbagai manufaktur. Pengukuran dilakukan dengan alat bernama Torque tester atau torque meter. 

Pengukuran torsi tidak boleh diabaikan karena sangat berpengaruh pada kualitas produk yang dihasilkan. Lalu bagaimana cara kerja torque tester? 

Contoh Produk Torque Tester

  1. Shimpo TT Torque Tool Tester

Shimpo TT Torque Tool Tester

  1. Shimpo Torque Tester TNP Series

Shimpo Torque Tester TNP Series

  1. Shimpo Automation Torque Testing Unit MTP-NT Series

Shimpo Automation Torque Testing Unit MTP-NT Series

  1. Shimpo Motorized Torque Testing Unit CRXL SERIES

Shimpo Motorized Torque Testing Unit CRXL SERIES

 

Apa itu Torque Tester

Torque tester (atau torque meter) adalah suatu alat ukur dan inspeksi yang digunakan dalam pengujian dan kalibrasi alat yang dikontrol oleh torsi. 

Torsi sendiri merupakan ukuran gaya yang dapat menyebabkan suatu benda berputar pada porosnya. Dengan pengujian torsi (torque testing), Anda dapat mengetahui bagaimana suatu objek bereaksi ketika sedang diputar, baik secara normal maupun hingga gagal atau rusak.

Fungsi Torque Tester

Torque tester (torque gauge) merupakan alat pengukur torsi yang berfungsi untuk menguji torsi atau kekuatan yang diperlukan untuk membuka dan menutup sebuah penutup, sekrup dari berbagai wadah, seperti kosmetik, produk medis, dan minuman, serta kekuatan pengencangan katup seperti katup keran, tuas atau pegangan pintu, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa contoh kegunaan atau pengaplikasian torque meter:

Fungsi torque tester

Cara Kerja Torque Tester

Untuk mengukur torsi menggunakan torque tester, Anda perlu menentukan metode pengujian yang ingin dilakukan sesuai alat atau bagian yang ingin diukur. 

Ada 2 pendekatan untuk mengukur torsi, yaitu reaction dan in-line. Metode torque testing in-line mengukur torsi yang diperlukan untuk memutar bagian yang berputar. Sedangkan metode reaction mengukur jumlah gaya yang diperlukan untuk mencegah bagian berputar. 

Masing-masing dari 2 metode pengujian ini menggunakan sensor khusus yang berbeda. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mempertimbangkan metode pengujian torsi, sebelum membeli torque tester.

Jenis-Jenis Torque Tester

Jenis torque tester

Torque meter tersedia dalam 2 jenis yang berbeda, yaitu Handheld torque meter dan Tabletop torque meter. 

  1. Handheld torque meter

Handheld torque tester adalah perangkat genggam portable yang cocok digunakan pada aplikasi industri karena mudah untuk dibawa kemana saja.

  1. Tabletop torque meter

Tabletop torque meter (bench-mount torque tester) umumnya digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan posisi stabil untuk pengujian torsi. Cocok untuk digunakan di laboratorium atau pengujian yang menggunakan kunci torsi dan obeng.

Distributor Torque Tester di Indonesia

PT LFC Teknologi Indonesia adalah distributor resmi Shimpo torque tester di Indonesia. Untuk berdiskusi seputar kebutuhan alat ukur di perusahaan Anda, silakan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman facebook, instagram, youtube dan linkedin kami untuk mendapatkan update terbaru seputar peralatan industri lainnya.